Tahukah Anda? Ternyata Apron Cantik Mengalami Perkembangan P

Tahukah Anda? Ternyata Apron Cantik Mengalami Perkembangan Pesat

posted by Custom on August 8, 2016

Setiap pecinta memasak pasti kenal dengan atribut wajib di dapur yaitu apron cantik atau celemek. Apron merupakan kain yang berfungsi untuk melindungi pakaian dari noda minyak atau masakan saat memasak. Bagaimana sejarah perkembangan desain apron unik?


Sejarah berkembangnya apron cantik

Awalnya apron cantik dibuat hanya untuk melindungi pakaian saat bekerja seperti memasak, berkebun, dan saat menggendong bayi agar tidak terlindung dari ompol si kecil. Bentuk desain apron unik pertama hanya berupa kain segi empat yang dililitkan pada pinggang sehingga hanya bagian bawah pakaian saja yang terlindungi. Perkembangan model dan motif celemek masak cantik semakin berkembang dari tahun ketahun, selain itu fungsi apron juga telah mengalami perkembangan yang cukup besar.

Pada tahun 1950-an telah muncul model apron Hostess yaitu apron yang terbuat dari sutra, satin, dan katun yang digunakan bukan sekedar untuk atribut saat bekerja saja tetapi digunakan utnuk pertunjukan show. Model desain apron unik ini juga digunakan untuk menghadiri jamuan makan malam mewah.

Model apron masak lucu semakin berkembang bukan hanya sekedar kain segi empat saja tetapi telah berkembang terdapat tambahan pada bagian atas sehingga dapat melindungi pakaian bagian atas saat bekerja. Model apron juga semakin bervariasi dengan tambahan aksesoris lucu dan unik sehingga sangat menarik. Beberapa aksesoris yang sering digunakan untuk mempercantik celemek masak cantik seperti pita, aksen bunga, renda, dan lainnya. Bahkan ada beberapa apron cantik yang telah dilengkapi dengan kantong berukuran sedang hingga besar untuk menyimpan beberapa benda yang dibutuhkan saat bekerja.

Tidak hanya terdapat tambahan aksesoris saja, model apron semakin bervariasi seperti celemek masak cantik model bertumpuk, model panjang, model aksen pita pinggang, dan lainnya. Tetapi fungsinya tetap yaitu untuk melindungi pakaian saat bekerja.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan apron cantik pun juga semakin berkembang tidak hanya kain katun saja tetapi juga dapat dibuat dari kain perca, kain jeans sisa, bahkan ada model apron masak lucu yang mengombinasikannya dengan kain brokat sehingga terlihat semakin menarik dan lucu.

Saat ini fungsi celemek masak cantik tidak hanya digunakan sebagai atribut wajib saat bekerja di dapur atau di kebun saja tetapi juga telah menjadi trend fashion untuk tampil cantik dan keren saat memasak dan berkebun. Maka tak heran jika perkembangan apron masak lucu semakin berkembang cukup besar dan kini semakin banyak diminati sebagai seragam pelayan café, resto, dan rumah makan. Model desain apron unik yang semakin kece semakin menarik perhatian  masyarakat untuk memburunya.

Namun pada dasarnya, apron atau celemek merupakan atribut yang digunakan untuk melindungi kita dari kotoran atau noda saat bekerja sehingga pekerjaan semakin ringan dan terlihat lebih bersih serta rapi.

Demikian informasi seputar sejarah perkembangan apron masak lucu mulai dari bahan, model, hingga fungsi apron yang telah semakin berkembang pesat.