Mengenal Jenis-Jenis Bantal yang Ada di Pasaran

Mengenal Jenis-Jenis Bantal yang Ada di Pasaran

posted by Custom on October 20, 2015

Bantal merupakan benda yang penting untuk memengaruhi kenyamanan kita saat tidur. Terdapat berbagai jenis yang biasanya dibagi sesuai dengan bahan pengisi, misalnya bantal hias dan bantal sofa. Setiap jenis mempunyai karakteristiknya masing-masing dan fungsi bagi kesehatan. Sarung bantal juga dapat mempengaruhi fungsi tersebut, baik itu sablon sarung bantal atau print sarung bantal.


Berikut 6 Jenis Bantal

  1. Kapuk. Jenis ini telah digunakan sejak lama, namun untuk sekarang sudah jarang ditemui. Bahan ini berasal dari pohon kapuk. Warnanya putih dan terasa licin saat dipegang. Bantal dengan isi kapuk menjadi tempat favorit bagi tungau. Inilah yang menjadi kekurangannya. Selain itu, bahan kapuk merupakan bahan yang mudah ditempeli oleh debu. Jadi perlu perawatan yang tepat untuk menjaga kebersihan pada bantal hias. Salah satu caranya adalah dengan sering-sering menjemur. Bagi yang menggunakan sarung bantal, cushion cover juga harus sering diganti agar debu yang menempel hilang, baik itu sablon sarung bantal maupun print sarung bantal. Bagi penderita asma, tidak disarankan untuk menggunakan jenis karena bisa memicu penyakit ini muncul.
  2. Busa. Bahan pengisi ini juga sering digunakan setelah kapuk. Busa berbentuk seperti spons dimana merupakan bahan sintetis untuk pengisi bantal. Bahan ini memiliki kelemahan dibanding bahan lain, diantaranya adalah terasa panas saat digunakan. Hal ini dapat dikurangi dengan menggunakan cushion cover yang dingin. Oleh karena itu, pemilihan sarung bantal juga harus dilakukan dengan tepat. Bahan ini bisa digunakan pada bantal hias.
  3. Memory foam. Bahan ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan busa. Terbuat dari polyurethane yang dapat menyerap keringat sehingga sangat nyaman saat digunakan. Terlebih sarung bantal juga terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat. Memory foam memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengembalikan bentuknya ke semula. Sehingga kurang cocok bila digunakan untuk bantal hias ataupun bantal sofa.
  4. Dakron. Dakron memiliki serat yang sangat halus karena terbuat dari serat plastik. Sehingga cukup nyaman saat digunakan. Dakron memiliki 2 cara dalam pengisiannya, cara yang pertama adalah dengan dilipat. Cara ini memiliki keunggulan, yaitu bantal akan terasa rata dan halus di permukaannya. Biasanya dakron yang digunakan untuk cara ini mempunyai kualitas bagus. Sedangkan cara yang kedua adalah dengan digumpal, cara ini menjadikan dakron tidak rata saat diberi sarung bantal sehingga kualitasnya kurang baik. Semakin banyak dakron yang dimasukkan, maka semakin baik kualitasnya. Karena bahan dakron semakin lama akan semakin menipis. Cushion coverĀ  juga diperlukan untuk melindungi bagian luarnya agar tidak mudah kotor, bisa sablon sarung bantal atau print sarung bantal.
  5. Bulu angsa. Jenis ini sudah digunakan oleh masyarakat Eropa sejak dulu. Namun, bahan ini memiliki kelemahan yaitu sering dijadikan sarang debu dan tungau sehingga dapat menyebabkan alergi dan asma. Selain itu, jenis ini juga memiliki kelebihan dalam hal kelembutannya. Sangat bagus jika digunakan untuk bantal hias ataupun bantal sofa. Makin banyak bulu halus yang digunakan, maka kualitasnya semakin baik. Tapi, jika kebanyakan bulu yang digunakan bagian luarnya, akan menurunkan kualitas karena akan terasa kasar di permukaan. Jenis ini memiliki harga jual yang cukup mahal.
  6. Lateks. Lateks merupakan bahan yang terbuat dari getah karet. Terdapat 2 jenis lateks, yaitu lateks sintetis dan lateks alami. Lateks sintetis mengandung lebih bahan sintetis lebih dari 80% sedangkan lateks alami terbuat dari getah karet lebih dari 80%. Bantal jenis ini memiliki permukaan yang lebih keras dan rata dibanding dakron. Sehingga cocok digunakan orang yang sedang mengalami masalah di tulang belakang dan lehernya. Tapi kurang cocok bila digunakan sebagai bantal hias dan bantal sofa, selain itu bantal ini bebas dari debu dan tungau sehingga aman bagi penderita alergi. Terlebih jika diberi tambahan cushion cover, seperti sablon sarung bantal dan print sarung bantal untuk menjaga kebersihan.

Demikian jenis-jenis dari bantal sesuai dengan bahan pengisinya. Setiap jenisnya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing ditambah dengan peran sarung bantal yang ada.