Jenis Bahan Jaket, Sweter, Hoodie, dan Varsity

Jenis Bahan Jaket, Sweter, Hoodie, dan Varsity

posted by Custom on November 10, 2015

Bahan dalam pembuatan pakaian menjadi sangan penting agar dapat memaksimalkan fungsinya, terutama untuk pembuatan jaket. Model jaket seperti jaket baseball, sweater, hoodie, dan varsity adalah pakaian yang dapat menghangatkan tubuh dengan jenis bahannya masing-masing. Model-model ini dapat dijumpai di toko jual jaket. Bahan jaket yang dipakai hampir sama dengan bahan kaos.


Inilah 3 Jenis Bahan Jaket, Sweater, Hoodie, dan Varsity

Model jaket seperti jaket baseball, sweater, hoodie, dan varsity memiliki bahan yang hampir sama dengan hampir kaos. Hanya saja jacket memiliki ketebalan yang lebih karena fungsinya untuk menghangatkan tubuh. Perbedaan lain ada pada fleece yang terdapat pada bahan jacket. Fleece ialah bahan yang berbulu menyerupai benang wol. Bahan pembuatan fleece pun bermacam-macam, misalnya natural fleece yang terbuat dari 100%  kapas atau wol. Selain itu juga ada jenis fleece yang terbuat dari campuran kapas atau wol dengan bahan lain. Hal ini juga dapat mempengaruhi tingkat kualitas jacket. Berikut adalah jenis bahan jacket:

  1. Cotton fleece. Bahan ini memiliki sisi luar dan sisi dalam yang berbeda. Pada sisi dalam cotton fleece memiliki sifat yang hampir sama dengan bahan kaos katun. Hanya saja seratnya lebih kasar dan besar. Sedangkan untuk sisi dalamnya, terdapat fleece atau bulu halus yang dapat menghangatkan tubuh saat dikenakan. Bahan ini sangat cocok bila digunakan untuk membuat model jaket tebal. Kehangatan akan diperoleh dari serat tekstil yang lebih tebal daripada jaket yang lain.
  2. Polyester fleece. Bahan jaket satu ini mempunyai kesamaan dengan bahan kaos PE. PE fleece memiliki serat tampilan yang lebih mengkilap dibandingkan cotton fleece. Hal ini dikarenakan PE fleece terbuat dari polyester atau plastik sehingga membuat bahan ini lebih kaku saat dikenakan. Bahan ini kurang baik dalam menyerap keringat. Model yang cocok dengan bahan seperti ini adalah jaket baseball. Jacket ini sangat digemari para pecinta olahraga karena dapat membuat pemakainya lebih mudah untuk mengeluarkan keringat. Anda dapat menemuinya di toko yang jual jaket, baik online maupun offline.
  3. Baby terry. Salah satu bahan yang juga sering digunakan adalah baby terry. Baby terrry memiliki bahan yang hampir sama dengan cotton bahan kaos. Perbedaannya terletak pada serat yang lebih halus. Sehingga membuat jacket terasa nyaman saat dikenakan. Bahan jenis ini dapat digunakan untuk model jaket yang ringan. Banyak toko yang jual jaket dengan bahan seperti ini.

Demikianlah beberapa jenis bahan jaket baseball, sweater, hoodie, dan varsity yang dapat ditemui di toko yang jual jaket. Sebenarnya masih banyak bahan yang tersebar di pasaran, hanya saja ketiga bahan tersebut merupakan bahan jaket yang paling sering digunakan.