Inilah Sejarah Perkembangan Hoodie Jaket

Inilah Sejarah Perkembangan Hoodie Jaket

posted by Custom on November 12, 2015

Jaket merupakan salah satu pakain tambahan yang banyak digunakan untuk menghangatkan tubuh juga untuk gaya fashion karena banyak sekali model jacket yang sekarang ini semakin menarik. Selain jaket ternyata ada lagi pakaian tambahan yang sering digunakan oleh masyarakat yaitu sweater, hoodie, varsity atau jaket baseball yang berfungsi sama yaitu menghangatkan tubuh..


Sejarah Perkembangan Hoodie yang Banyak Dianggap Jaket Hip Hop

Awalnya model dari jaket, sweater, hoodie, varsity atau jaket baseball tidak seperti sekarang ini yang memiliki berbagai macam model dan juga menggunakan bahan yang sangat bervariasi. Keempat pakaian itu mengalami perubahan yang sangat signifikan. Salah satu dari keempat pakaian itu yang banyak digandrungi oleh para remaja adalah hoodie. Bagaimana sejarah perkembangannya? Berikut adalah penjelasan singkatnya:

  1. Awal ditemukannya pakaian jacket ini yaitu sekitar tahun 1930-an atau kurang dari itu, ternyata pada masa itu pakaian ini digunakan sebagai seragam pastor dan digunakan dalam keseharian mereka.
  2. Kemudian pakaian ini mulai populer ketika sebuah pabrik makanan beku di New York menggunakan jenis pakaian jacket ini sebagai seragam para buruh mereka. Memang sangat aneh tetapi karena keanehan inilah maka tercetuskan pemikiran akan menggunakan jenis pakaian model jaket ini sebagai baju olahraga yang dapat mempercepat peningkatan suhu badan sehingga banyak mengeluarkan keringat.
  3. Seorang desainer ternama yaitu Claire Mc Cardell merancang koleksi baju olahraga yang mengusung tema full model jaket jenis ini sehingga pakaian ini semakin populer seperti jacket dan banyak orang yang berbisnis jual jaket jenis ini.
  4. Pada tahun 1970-an pakaian jaket ini mengalami puncak kejayaannya, hal ini dikarenakan pada masa itu di Amerika sedang populer musik hip hop dan penyanyinya identik menggunakan model jaket ini bukan sweater dan varsity atau jaket baseball karena pakaian ini dapat menyembunyikan wajah penyanyi dengan menggunakan tutup kepala yang menempel pada pakaian ini. Selain itu pada masa itu masalah ras di negara itu sangat sensitif sehingga pakaian ini dapat digunakan sebagai pelindung ras kulit hitam, namun sebagain dari mereka berpendapat bahwa pakaian ini dapat memicu adanya tindak kriminal dimana-mana karena pakaian ini dapat menyembunyikan wajah para penjahat. Sehingga pada masa itu banyak orang yang jual jaket jenis ini.
  5. Norma Kamali merancang jenis pakaian jacket ini dengan lebih mewah dan glamour sehingga dapat menghilangkan pemikiran bahwa pakaian ini dapat memicu adanya tindak kriminalitas tidak seperti halnya dengan sweater dan varsity atau jaket baseball.
  6. Tahun 1990-an pakaian ini mulai di pakai oleh para skater dan hingga sekarang telah menjadi ikon pakaian seorang skater yang berusia sekitar 14 hingga 28 tahun dan banyak yang jual jaket jenis ini.

Perkembangan jenis pakaian ini sekarang berkembang dengan pesat seperti jacket dengan berbagai model jaket yang sangat bervariatif, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya para remaja baik dari kalangan sekolah menengah hingga perguruan tinggi menggunakan jenis pakaian ini sebagai pakaian tahun angkatan mereka.

Itulah seputar sejarah singkat perkembangan hoodie yang sekarang ini sudah berkembang dengan pesat sama halnya dengan perkembangan jaket sehingga banyak orang yang memulai bisnis untuk jual jaket jenis ini.