Maaf, browser anda tidak support javascript

Tips Mendesain Kartu Nama Ideal

posted by Custom on March 13, 2014

Dibalik bentuknya yang sederhana, tapi pernahkan Anda kecewa karena desain kartu nama kita tak sesuai dengan harapan? Entah itu dari motif, atau warnanya yang kurang sesuai, kesalahan detil sedikit saja bisa berpengaruh banyak. Dan seperti fungsinya, hal ini bisa saja menjadi awal petaka bagi bisnis atau kesan pertama pribadi Anda. Diasadari atau tidak, ujung tombak bisnis sering berawal dari kartu nama. Dan untuk mendapatkan desain dan karakter kartu nama yang sesuai, ada baiknya Anda perhatikan beberapa hal, berikut diantaranya?

  1. Tentukan Isi Informasi yang ingin kita sampaikan. Sepertihalnya menggambar atau menulis di kertas kosong, kadang kita lupa informasi apa yang perlu di sampaikan melalui kartu nama tersebut. Seperti nama, alamat, nomer telepon, website atau email dan nama perusahaan. Informasi ini biasanya bersifat tidak mengikat, tergantung apa tujuan kita membuat kartu nama ini.
  2. Desain yang eye catching dan pilih font yang sesuai. Beberapa orang suka dengan desain yang menarik dan unik, sayangnya mereka kadang lupa mendesain kartu nama bak buku gambar. Sehingga esensi informasi jadi tenggelam. Selalu perhatikan informasi dan latar belakang adalah cara tepat mendesain kartu nama ideal. Sehingga background kartu tidak mengganggu tulisan. Selain itu, gunakan besar kecilnya font sering digunakan dalam menentukan seberapa penting informasi tersebut diketahui lebih dulu, dalam hal ini biasanya tulisan nama atau perusahaan memiliki ukuran font lebih besar dari yang lain.
  3. Jangan ragu cari refrensi sebanyak-banyaknya. Untuk mendapatkan desain dan bentuk kartu nama yang ideal, sebaiknya Anda jangan beracu pada beberapa desain. Carilah contoh desaian kartu nama, sesuai kebutuhan dari banyak sumber. Paling mudahnya, kita Googling mengetik kata kunci “business card” atau “kartu nama” di box pencarian.
  4. Sortir beberapa diantaranya yang menurut Anda sesuai. Setelah mendapat refrensi, ambil sebagian contoh desain yang menurut Anda sesuai. Ketentuan desain kartu nama ideal adalah, tulisan mudah dibaca, menarik dan menggunakan ornamen latar belakang yang eye catching.
  5. Setelah menemukan yang oke, mulailah mendesain. Setelah menentukan desain yang sesuai, mulai dari latar belakang dan font, langkah selanjutnya adalah mendesain. Anda buat sendiri atau pesan, hasil akhir pembuatan biasanya tak akan jauh meleset dari harapan.
  6. Gunakan media yang tepat untuk mendesain, jika Anda membuat sendiri desain kartu nama Anda. Banyak cara yang biasa digunakan dalam hal ini. Salah satunya dan paling mudah adalah dengan menggunakan komputer dan perangkat lunaknya.
  7. Jangan ragu minta masukan. Setelah desain jadi, biasanya kita sering ragu sejauh mana estetika kartu nama yang telah dibuat. Dalam hal ini minta saran orang sekitar, tak harus mereka yang tahu desain, tapi minta penilaian mereka soal tampilan kartu nama secara keseluruhan. Setelah memastikan desain oke, tentukan ukuran cetakan yang sesuai dan kertas yang digunakan. Banyak kertas yang biasa digunakan untuk membuat kartu nama. Mulai dari yang biasa sampai kertas dengan laminating khusus. Tentukan kebutuhan penggunaan kartu nama, dan jangan ragu menggunakan kertas berbahan dasar lebih baik. Karena citra pertama perusahaan dan kartu nama Anda bisa jadi berawal dari kartu nama.