Kriteria Desain Kartu Nama Yang Hebat

Kriteria Desain Kartu Nama Yang Hebat

posted by Custom on March 19, 2013

7 Kriteria Desain Kartu Nama yang Hebat Seperti apakah desain kartu nama yang hebat? Desain kartu nama yang hebat tentu saja adalah desain yang membuat orang menoleh, memegang lebih lama, tercengang, berdecak kagum, membaca dengan seksama dan meneliti setiap detilnya, dan mungkin yang paling jelas, ketika mereka meminta satu kartu nama lagi untuk dikoleksi. Tapi membuat desain kartu nama yang hebat tidak semudah meletakkan keterangan nama dan alamat pada secarik kertas berukuran 9x5,5 cm dan mecetaknya. Ada lebih banyak hal yang harus Anda lakukan untuk menarik perhatian orang. Tepatnya, ada 7 kriteria sebuah kartu nama yang hebat. Anda dapat menerapkan beberapa atau keseluruhan dari kriteria-kriteria ini sesuai dengan konsep dan selera desain Anda.

  • Menaruh gambar pada sebuah background yang berwarna cerah Warna background yang cerah selalu menangkap perhatian mata seketika. Jika Anda adalah seorang fotografer, jenis kartu nama yang mencantumkan gambar pada background warna cerah dapat menjual bisnis Anda dengan tepat sasaran, karena kartu nama Anda merepresentasi kemampuan profesional Anda.
  • Pemilihan skema warna Apapun polanya, baik garis-garis, kotak-kotak, atau dots, yang terpenting di sini adalah pemilihan skema warna yang menarik dan harmonis, sehingga desain enak dilihat. Pilihlah skema warna yang kontras dengan background.
  • Desain yang minimalis Di jaman sekarang ini, tidak ada minimalis yang membosankan, malah semua minimalis menyenangkan, dan tidak menyakitkan mata jika dilihat lebih lama. Kadang-kadang hanya menempatkan logo dengan detil singkat tentang Anda dapat membuat kartu nama tersebut menarik dan mempesona.
  • Finishing yang unik Dalam dunia cetak ada banyak finishing menarik yang dapat Anda tambahkan pada kartu nama untuk membuat desainnya semakin menarik, seperi emboss (gambar atau huruf menjadi timbul), uv spot (membuat bagian tertentu menjadi kilap), dan lain-lain.
  • Bentuk kartu nama Bentuk kartu nama tidak harus kotak kaku, bisa saja Anda menambahkan ujung yang tumpul (rounded) agar kartu nama terkesan lebih luwes. Bisa juga Anda membuat desain menjadi lingkaran atau bentuk-bentuk lainnya. Walau ada baiknya tetap mengikuti bentuk standar kotak agar kartu nama Anda tidak menjadi terlalu ‘aneh’ bagi orang-orang awam yang tak terlalu paham tentang desain.
  • Penggunaan font yang tepat Font yang menarik, tidak biasa, dapat menjadi nilai tambah tersendiri bagi desai kartu nama Anda.
  • Bahan-bahan yang unik Beberapa orang mulai menggunakan bahan plastik sebagai kartu nama. Sehingga kartu nama mereka nampak tembus pandang (see-through). Ini termasuk terobosan yang unik dan dapat membuat kartu nama Anda mengundang decak kagum orang yang menerimanya, sekaligus membuat mereka mudah mengingat brand/ perusahaan Anda.