9 Tips Mendesain Kartu Nama Pribadi Anda

9 Tips Mendesain Kartu Nama Pribadi Anda

posted by Custom on October 12, 2015

Kartu nama menjadi sangat penting saat kita terjun ke dalam dunia bisnis. Dengan bikin kartu nama akan menambah banyak relasi sehingga kita akan dengan mudah bekerja sama. Salah satu hal yang penting saat buat kartu nama adalah desain kartu nama. Desain yang bagus seperti contoh kartu nama yang ada akan membuat cetak kartu nama menjadi lebih menarik setelah melalui proses print kartu nama.

9 Tips untuk Mendesain Kartu Nama Pribadi

  1. Ukuran font

Ukuran font adalah salah satu faktor yang menentukan keefektifan kartu nama. Jangan menyamakan semua tulisan dengan font yang sama. Bermain ukuran font akan mempermudah pembaca dalam memprioritaskan tulisan mana yang terpenting. Karena namanya kartu nama, jadi buatlah tulisan nama dengan font yang paling besar dan dengan tambahan bold untuk memperjelas dalam cetak kartu nama. Kemudian barulah tulisan, alamat, nomer telepon, dan email dengan font yang lebih kecil saat print kartu nama. Ukuran minimal font untuk dapat dibaca dengan baik tanpa melotot dan mendekat adalah 6 pt. Terkadang ukuran 5 pt masih bisa dibaca pada contoh kartu nama jika diberikan efek bold dan dengan penggunaan huruf kapital setelah itu barulah print kartu nama.

  1. Jumlah font

Jumlah font yang berlebih akan buat kartu nama terlihat seperti berantakan. 2 font dirasa cukup untuk mempercantik kartu ini. Font yang digunakan pun hendaknya memiliki bentuk tulisan yang cukup berbeda. Karena jika kedua font memiliki gaya tulisan yang hampir sama, maka hal itu akan terlihat seperti suatu kesalahan dalam pembuatan cetak kartu nama.

  1. Ukuran kartu

Faktor ini juga menjadi penting untuk bikin kartu nama pribadi. Untuk kartu yang bersifat formal, biasanya memakai ukuran 85 x 55 mm, tetapi ada juga yang menggunakan ukuran 90 x 55 mm. Jika untuk kartu bersifat nonformal, kadang memakai ukuran yang sama. Tapi tak jarang yang menggunakan ukuran lebih kecil.

  1. To the point

Dalam desain kartu nama pribadi, lebih baik langsung pada pokok pembahasan. Meskipun kartu nama berfungsi untuk promosi, cetak kartu nama memiliki ukuran yang terbatas. Sehingga apabila di desain dengan banyak kata-kata atau gambar akan membuat kartu nama menjadi kurang fokus, bahkan bisa membuat pembaca kebingungan.

  1. Layout

Layout yang tertut membuat desain kartu nama semakin rapi. Sehingga akan menarik perhatian orang untuk membacanya dengan nyaman.

  1. Ruang kosong

Dalam desain kartu nama, istilah ruang kosong lebih dikenal dengan white space. Ruang kosong ini membuat pembaca semakin fokus dengan isi konten yang ada pada contoh kartu nama. Semakin penuh desain kartu nama, maka akan membuat orang semakin tidak ingin membacanya.

  1. Keunikan

Perkembangan teknologi membuat dunia periklanan menjadi berkembang pesat. Persaingan ekonomi semakin ketat, sehingga keunikan menjadi salah satu poin tambah untuk bikin kartu nama. Dengan keunikan bahan, desain, atau font buat kartu nama kita mudah diingat.

  1. Bleed

Bleed atau biasa disebut garis batas dibutuhkan untuk mencegah terjadinya pemotongan pada isi konten. Pada umumnya dalam bikin kartu nama, garis batas dibuat dengan ukuran 3-5 mm. Garis tersebut dibuat di sekeliling cetak kartu nama untuk menjaga isi konten tetap utuh.

  1. Testing

Testing yang dimaksud adalah tes untuk print yang akan digunakan. Test print kartu nama menjadi sangat penting untuk melihat kondisi cetak kartu nama print yang bagus. Setelah contoh kartu nama terlihat sempurna, barulah kartu di print seluruhnya.

Demikian tips dalam desain kartu nama pribadi. Semoga dengan artikel ini mampu menambah pengetahuan kita dan membantu kita dalam buat kartu nama yang baik dan benar.