Apa Saja Sih yang Harus Ada di Dalam Kartu Nama?

Apa Saja Sih yang Harus Ada di Dalam Kartu Nama?

posted by Custom on March 6, 2013

Kartu Nama Murah

Kartu nama bukan cerpen, apalagi cerita bersambung. Kartu nama juga bukan CV, dan bukan surat lamaran. Begitu banyak orang berpikir bahwa kartu nama harus memuat semua hal tentang diri atau perusahaannya, sehingga memasukkan sebanyak-banyaknya informasi ke dalam benda berukuran 9 x 5,5 cm ini. Benda ini bahkan lebih kecil dari keping CD, teman. Sudah jelas Anda tak mungkin memasukkan semua informasi dan cerita Anda di sana. Jadi, infromasi apa saja yang harus Anda masukkan ke dalam kartu nama?

  1. Logo dan Nama Perusahaan

    Tentu saja, jangan lupa bahwa Anda sedang mempromosikan perusahaan atau bisnis Anda, jadi letakkan logo di tempat dan urutan yang pertama pada kartu nama. Menurut tradisi Ogilvy, advertising kelas dunia yang telah banyak memenangkan penghargaan, penempatan logo yang baik adalah di tengah-atas, atau di kiri-atas dari kartu nama Anda. Itu akan membuat logo Anda terlihat pertama kali, sehingga mengirimkan pesan yang jelas pada calon mitra Anda, usaha apa yang Anda geluti.

  2. Nama Lengkap Anda

    Pastikan Anda mencantumkan nama lengkap, dan bukan nama panggilan, nama depan, atau bahkan nama tengah. Cantumkan nama lengkap Anda, bila perlu dibarengi dengan gelar pendidikan, jika Anda ingin tampil sebagai seorang yang cerdas dan berpengetahuan, atau jika perusahaan Anda perlu diwakili oleh figur yang demikian. Nama lengkap biasanya adalah teks yang paling menonjol pada kartu nama, dan berukuran lebih besar, atau lebih tebal dari teks lainnya. Nama lengkap Anda idealnya diletakkan di area atas dari kartu nama Anda.

  3. Alamat Perusahaan

    Berikan alamat yang lengkap dengan kota dan kode pos. Karena alamat ini sangat berguna untuk korespondensi dan pengiriman dokumen. Jadi Anda tak ingin dokumen Anda ‘tersesat’. Bila Anda bekerja sendiri, berikan alamat di mana Anda menjalankan usaha Anda.

  4. Nomor Telepon dengan Direct Line

    Ada banyak orang memilih memberikan nomor kantor, tetapi ternyata nomor tersebut memiliki sistem huntingyang tak kunjung dapat dihubungi. Kalaupun seseorang berhasil tersambung dengan kantor Anda, ia masih harus menunggu lagi untuk dihubungkan dengan Anda, yang berada di ekstension yang berbeda. Petualangan yang terlalu panjang ini akan membuat seseorang malas menghubungi Anda. Jadi jika Anda memiliki direct line di kantor, cantumkanlah direct line Anda pada kartu nama.

  5. Nomor Fax

    Meski sudah jarang didayagunakan sejak masuknya era internet dan email, fax masih memegang peranan penting dalam hal pengiriman dokumen yang cepat dan instan. Tetaplah mencantumkan nomor fax jika Anda memilikinya.

  6. Nomor Ponsel

    Apabila ini adalah kartu nama personal, maka sudah pasti Anda harus mencantumkan nomor ponsel, demi agar seseorang mudah menghubungi Anda. Kecuali jika ini adalah kartu nama perusahaan di mana Anda tak ingin terlalu banyak orang menginvasi privasi Anda, maka cukup mencantumkan nomor kantor saja.

  7. Alamat Email atau website

    Di jaman teknologi di mana semua orang menggunakan smartphone, alamat email adalah hal terpenting untuk Anda cantumkan di kartu nama. Selain karena alamat email lebih tidak mengganggu privasi, menghubungi lewat email selalu menjadi cara tercepat untuk mendiskusikan bisnis Anda. Begitu pula dengan mencantumkan alamat website, jika Anda memilikinya, merupakan cara promosi termudah dan efektif untuk membuat orang membuka website Anda, dan mengetahui lebih banyak tentang usaha Anda.