Tips Mendesain Kartu Nama Yang Efektif

Tips Mendesain Kartu Nama Yang Efektif

posted by Custom on May 16, 2013

Kartu nama bukan kartu biasa, yang sekedar berisi nama dan alamat dari sebuah kantor atau seseorang. Kartu nama adalah sebuah kartu yang digunakan untuk mengenalkan sebuah perusahaan, bisnis ataupun seorang pengusaha profesional.

Kartu nama, walaupun kecil merupakan cara paling efektif untuk memberikan informasi tentang seseorang atau perusahaan, tanpa melihatnya.  Kartu nama juga menjadi alat pengenalan produk, atau layanan tanpa harus memasarkan produk. Seiring dengan perkembangan jaman, kartu nama juga mulai berkembang.  Sebelum membuat kartu nama, berikut tips bisa dilakukan agar kartu nama menjadi semakin efektif.

  1. Tentukan Tujuan/Maksud. Tentukan apakah kartu nama berisi info tentang pebisnis dan perusahaannya, atau tentang info pebisnis itu saja. Dengan menentukan hal ini, akan lebih mudah untuk membuat kartu nama. Hal ini juga akan menjadi panduan dasar dalam pembuatan kartu nama.
  2. Masukkan Info Penting. Terkadang karena terlalu antusias, seseorang justru melupakan hal yang terpenting. Pastikan info terpenting dari diri seorang pebisnis atau perusahaan masuk dalam kartu nama tersebut seperti nama, kontak, nama perusahaan, alamat perusahaan, dan logo perusahaan tercantum lebih dulu. Itu yang akan pertama kali dicari oleh klien.
  3. Jelaskan Perusahaan Anda. Nama perusahaan tidak cukup. Infokan di dalam kartu nama jenis layanan dan jasa apa yang anda tawarkan.  Infokan dengan ringkas dan padat. Jika hal itu ada dalam kartu nama, maka seseorang yang menerima kartu nama itu tidakan akan bingung saat membacanya.
  4. Buat Untuk Mudah Diingat.  Klien atau calon klien senang melihat kartu nama yang unik dan hal itu akan membuat mereka menyimpan kartu nama tersebut. Tonjolkan kesan unik dan memikat saat membuat kartu nama, hal itu akan membuat para calon klien dank lien mudah mengingat kartu nama itu.   Jangan lupa logo atau gambar yang mewakili perusahaan anda agar membuat kartu nama lebih menarik. Tidak ada salahnya juga menaruh foto diri.
  5. Bandingkan. Sebelum mencetak kartu nama, bandingkan dengan kartu nama lain. Siapa tahu ada perubahan yang ingin dilakukan pada kartu nama tersebut.  Ingat kartu nama adalah perwujudan dari diri anda. Pastikan dengan benar semua sudah rapi dan menarik. Itu akan membuat mereka yang menerima kartu nama itu memberikan respon positif.
  6. Bahan dan Ukuran Terbaik.  Gunakan kertas dengan kualitas terbaik untuk kartu nama. Pastikan kartu nama, cocok dengan kualitas kertas. Kendati ada berbagai macam jenis kertas, tetap pastikan, desain kartu nama tercetak dengan pas.  Untuk ukuran, kartu nama tidak perlu terlalu besar. Buatlah dalam ukuran yang sekiranya mudah dipegang dan disimpan.  Kartu nama yang terlalu besar membuat orang malas menyimpannya.