Tips Maksimalkan Kartu Nama Dalam Dunia Kerja

Tips Maksimalkan Kartu Nama Dalam Dunia Kerja

posted by Custom on September 18, 2013

Pernahkan Anda mengalami saat dimana rekan bisnis Anda ingin bertukar kartu nama, tapi Anda gagal memberikan kartu nama Anda karena banyak hal. Seperti kartu nama yang rusak karena tertekuk, warnanya pudar, kertas mudah robek dan tertinggal? Berikut tips cara memaksimalkan kartu nama yang mungkin bisa berguna untuk Anda. Seperti uang dan peralatan yang lain, kartu nama umumnya rentan mengalami kerusakan. Selain itu, tempat yang tak representatif dalam menyimpannya, membuat benda ini sering tertinggal saat akan diperlukan.

Sebagaimana pengalaman banyak orang, selain berbisnis fungsi kartu nama sering digunakan untuk mengembangkan karir. Dalam hal ini kartu nama sering menjadi representasi sekaligus citra awal Anda dalam dunia kerja. Untuk itu, mulai sekarang ada baiknya Anda mulai memperhatikan cara mengoptimalkan kartu nama dalam berbagai kesempatan.

Berikut ada tips-tips sederhana namun akan memberi manfaat besar dalam memansimalkan fungsi kartu nama, diantaranya :

  1. Meski telah membawa banyak kartu nama di tas, usahakan menyelipkan beberapa diantaranya dalam benda yang mudah diraih. Seperti dompet, hal ini memungkinkan Anda bertukar kartu nama dengan segera ketimbang harus membongkar tas untuk mencari kartu nama. Selain itu, memberi kartu nama dari dompet atau tempat lain yang tak membuat kesan Anda terlihat panik akan memberi kesan Anda sebagai individu kompetitif yang siap dalam persaingan.
  2. Selain menyiapkan kartu diri sendiri, jika Anda bertemu banyak orang, ada baiknya Anda menyiapkan tempat khusus untuk menempatkan koleksi kartu nama dari rekan dan kolega. Selain mempermudah pencarian, hal ini akan meminimkan risiko kartu nama klien penting Anda hilang.
  3. Perhatikan setiap kesempatan, terlebih jika itu membuat Anda menjumpai banyak orang. Dalam hal ini, persiapkan jumlah kartu nama lebih banyak di dompet, dan tentukan letak kartu nama lawan bicara. Penempatan kartu nama di satu tempat meningkatkan risiko Anda memberi kartu nama yang salah ke orang lain.
  4. Selain cara mengambil dan menyimpan, perhatikan pula waktu yang tepat untuk bertukar kartu nama ke orang lain. Dalam situasi meeting, umumnya bertukar kartu nama sering dianggap kurang pas. Atau jika seseorang berbicara kepada orang lain, adalah bukan saat yang tepat bagi kita untuk mulai bertukar kartu nama.
  5. Tips terakhir adalah cara memberikan kartu nama. Meski sederhana cara ini sering tidak dilakukan dan tidak semua orang tahu. Yakni menyerahkan kartu nama dengan dua tangan, masing masing memegang ujung. Cara ini merupakan kebiasaan standar dalam memberi dan menerima kartu nama.