Kartu Nama, Alat Promosi Terpenting untuk Bisnis Anda.

Kartu Nama, Alat Promosi Terpenting untuk Bisnis Anda.

posted by Custom on March 6, 2013

Kartu nama mungkin adalah sarana promosi yang paling sederhana, namun memegang peranan terpenting dalam bisnis Anda. Kartu nama adalah kesan pertama yang Anda berikan pada mitra bisnis atau calon pelanggan, dan mewakili secara keseluruhan brand seperti apa yang ingin Anda bangun, dan bahkan kepribadian Anda sendiri. Kartu nama juga memiliki kekuatan untuk menjalin hubungan, karena informasi yang dimuat di dalamnya. Sekali Anda memberikan kartu nama kepada seseorang, Anda sudah membuka peluang untuk terjadinya transaksi bisnis di masa depan. Namun beberapa orang masih menganggap remeh benda kecil yang muat di dompet ini. Kalaupun memutuskan untuk membuat kartu nama, terkadang desain dan bentuknya tak begitu diperhatikan. Padahal desain yang menarik akan membuat orang lain ingin menyimpannya, sehingga suatu kali nanti bisa berhubungan dengan Anda.

Buat Kartu Nama

Hal ini mungkin terjadi karena kebanyakan orang memang tak begitu paham, bagaimana caranya membuat kartu nama yang baik. Nah, Anda perlu pendapat seorang ahli. David Airey, seorang brand identity designer yang memiliki klien di seluruh dunia punya beberapa saran soal kartu nama. Menurut David, kartu nama Anda harus dapat ‘mendorong’ seseorang untuk menghubungi Anda. Sebuah kartu nama yang bersih, simple, dan rapi menunjukkan bahwa Anda peduli pada penampilan, dan dengan segera mengirimkan kesan ‘profesional’ ke dalam benak si penerimanya. Tentu saja, karena profesionalitas kerap diwakili oleh penampilan yang rapidan berkelas bukan?

Lalu, kartu nama harus memuat detil kontak Anda dengan JELAS. Ya, sejelas huruf-huruf kapital yang baru Anda baca. Masih sangat banyak orang berpikir bahwa kartu nama perlu desain yang ramai. Hingga akhirnya detil nama dan nomor telepon malah terkubur entah di mana, padahal itu yang terpenting. Atau kadang-kadang tulisan teks menjadi tak terbaca karena huruf yang terlalu kecil atau tabrakan warna dalam desain yang bertumpuk-tumpuk. Ini sama sekali hanya akan membuat calon mitra atau konsumen Anda malas membacanya. Jadinya, kartu nama itu hanya masuk ke dalam kotak tumpukan kartu nama ‘orang-orang tak dikenal’ yang jarang mereka tilik kembali. Jadi sekali lagi, tulislah detil kontak Anda dengan jelas. Itu sebabnya juga, hampir semua kartu nama yang baik memiliki warna dasar putih, sehingga memudahkan orang membacanya. Jika Anda memang mau berkreasi dengan warna dan desain, lakukanlah di bagian belakang kartu nama tersebut. Itu gunanya membuat kartu nama dengan dua sisi, memberi tempat yang cukup untuk kreasi desain dan detil kontak, sehingga mereka tidak saling ‘berebut’.

Nah, yang terakhir, ukuran. Ini hal yang tak kalah penting, menurut David Airey, jika ukuran kartu nama Anda terlalu besar, sehingga tak cukup masuk ke dalam dompet atau name card holder, maka Anda punya masalah besar. Karena kemungkinan kartu nama tersebut tidak akan berhasil mendekati calon mitra Anda, sebab mereka akan meninggalkannya di suatu tempat dan pada akhirnya lupa di mana mereka meletakkannya. Jadi ukuran akan menentukan apakah kartu nama Anda akan disimpan, atau ditinggalkan. Nah berapa ukuran kartu nama yang tepat? Ukuran yang ideal untuk sebuah kartu nama yang efektif adalah tidak lebih dari 9 x 5,5 cm, dan juga tidak jauh lebih kecil dari itu. Mungkin karena ingin kartu nama Anda bisa muat di segala dompet, Anda membuat kartu nama yang sangat kecil. Percayalah, benda yang terbuat dari kertas itu malah akan hilang sebelum sempat dibaca oleh penerimanya. Jadi buatlah kartu nama dengan ukuran yang ideal, desain yang simple, dan memuat detil kontak Anda dengan jelas. Dengan demikian, Anda memperbesar peluang bisnis Anda.