Sejarah dan Perkembangan Evolusi Kartu Nama

Sejarah dan Perkembangan Evolusi Kartu Nama

posted by Custom on November 18, 2013

Kartu nama dan bisnis, adalah hal yang mungkin tak bisa dilupakan, hingga sekarang. Dimana orang telah mengenal dan mengimplementasikan dunia digital dengan baik, modern dan efisien. Disamping fungsinya yang masih digunakan, tahukah Anda jika benda ini rupanya telah ada sejak lama? Penggunaan kartu nama untuk kepentingan tertentu, sudah dilakukan oleh masyarakat Eropa sejak abad ke 17. Berbeda dengan fungsi kartu nama saat ini, awal diciptakan kartu nama lebih bersifat informatif. Dimana saat kartu nama dikeluarkan, hal tersebut sering diikuti oleh pengumuman jika akan ada salah seorang pejabat atau bangsawan akan lewat atau datang.

Memiliki besar seperti kartu remi, hampir masyarakat kalangan atas dan bangsawan memiliki kartunya sendiri. Beberapa orang menyiapkan benda ini dengan dekorasi desain unik dan tinta emas. Sebagai penerima, orang sering menyiapkan tempat kartu kosong yang fungsinya untuk menaruh kartu nama pejabat atau bangsawan setelah menginap atau berkunjung di rumah mereka. Evolusi kartu nama mulai berkembang pada abad ke 19. Saat itu,kartu nama yang digunakan lebih berfungsi sebagai sosial. Dimana penggunaan kartu nama lebih mirip fungsinya sebagai sekarang. Seperti saat berkunjung masyarakat Eropa terlebih dahulu memberi kartu nama saat bertemu. Dari kebiasaan ini, muncul kebiasaan seseorang yang kesan pertamanya dinilai dari seberapa bagus kartu nama mereka.

Budaya ‘berkartu nama’ masyarakat Eropa kemudian menjadi kebiasaan-kebiasaan yang berlaku diantara mereka. Seperti sangat dilarang seseorang melihat kartu nama orang lain yang tidak ditujukan pada dirinya. Seperti saat berkunjung ke rumah teman, seseorang tidak diperbolehkan melihat kartu nama di tempat yang telah disediakan. Jika ini dilakukan, Anda akan dianggap tidak sopan, dan tidak menghargai tua rumah. Selain itu, kartu nama yang ditekuk di bagian pojok, biasanya bersifat pribadi. Sementara kartu nama yang dilipat bagian tengahnya, bisa berarti kartu tersebut untuk keluarga. Berlaku pula simbol P/F yang artinya ucapan selamat, sementara P/C berarti panggilam belasungkawa.

Pada tahun 1830, kartu nama untuk tujuan bisnis mulai dilakukan di Inggris. Dimana para pedagang sudah terbiasa membagi kartu nama ke pelanggan mereka. Tujuannya, para pelanggan tahu kemana saat mereka membutuhkan sesuatu. Lebih luas, revolusi industri menabrak formalitas pemberian kartu nama. Dimana benda ini sering dibagikan dalam berbagai acara, yang tak selalu berbentuk formal. Kebiasaan ini kemudian menyebrang dan menjadi kebiasaan masyarakat Amerika Serikat.

Sejak saat itu, kartu nama sering dibuat untuk memperkenalkan diri. Dijaman modern hal ini sering berisi tentang data pribadi. Seperti nama, pekerjaan, nomor telephon, alamat dan sebagainya. Diberikan dalam berbagai kesempatan, kartu nama modern biasanya paling sering digunakan dalam berbisnis. Diciptakan dalam berbagai bentuk kreasi, kartu nama kemudian lebih berkembang dan bentuknya sering mengikuti atau diselaraskan dengan profesi seseorang. Seperti seorang programer yang menggunakan ikon search box Google yang unik.