Kumpulan artikel name card - 1

Apa Saja Sih yang Harus Ada di Dalam Kartu Nama?

posted by Custom on March 6, 2013

Kartu Nama Murah

Kartu nama bukan cerpen, apalagi cerita bersambung. Kartu nama juga bukan CV, dan bukan surat lamaran. Begitu banyak orang berpikir bahwa kartu nama harus memuat semua hal tentang diri atau perusahaannya, sehingga memasukkan sebanyak-banyaknya informasi ke dalam benda berukuran 9 x 5,5 cm ini. Benda ini bahkan lebih kecil dari keping CD, teman. Sudah jelas Anda tak mungkin memasukkan semua informasi dan cerita Anda di sana. Jadi, infromasi apa saja yang harus Anda masukkan ke dalam kartu nama?

  1. Logo dan Nama Perusahaan

    Tentu saja, jangan lupa bahwa Anda sedang mempromosikan perusahaan atau bisnis Anda, jadi letakkan logo di tempat dan urutan yang pertama pada kartu nama. Menurut tradisi Ogilvy, advertising kelas dunia yang telah banyak memenangkan penghargaan, penempatan logo yang baik adalah di tengah-atas, atau di kiri-atas dari kartu nama Anda. Itu akan membuat logo Anda terlihat pertama kali, sehingga mengirimkan pesan yang jelas pada calon mitra Anda, usaha apa yang Anda geluti.

  2. Nama Lengkap Anda

    Pastikan Anda mencantumkan nama lengkap, dan bukan nama panggilan, nama depan, atau bahkan nama tengah. Cantumkan nama lengkap Anda, bila perlu dibarengi dengan gelar pendidikan, jika Anda ingin tampil sebagai seorang yang cerdas dan berpengetahuan, atau jika perusahaan Anda perlu diwakili oleh figur yang demikian. Nama lengkap biasanya adalah teks yang paling menonjol pada kartu nama, dan berukuran lebih besar, atau lebih tebal dari teks lainnya. Nama lengkap Anda idealnya diletakkan di area atas dari kartu nama Anda.

  3. Alamat Perusahaan

    Berikan alamat yang lengkap dengan kota dan kode pos. Karena alamat ini sangat berguna untuk korespondensi dan pengiriman dokumen. Jadi Anda tak ingin dokumen Anda ‘tersesat’. Bila Anda bekerja sendiri, berikan alamat di mana Anda menjalankan usaha Anda.

  4. Nomor Telepon dengan Direct Line

    Ada banyak orang memilih memberikan nomor kantor, tetapi ternyata nomor tersebut memiliki sistem huntingyang tak kunjung dapat dihubungi. Kalaupun seseorang berhasil tersambung dengan kantor Anda, ia masih harus menunggu lagi untuk dihubungkan dengan Anda, yang berada di ekstension yang berbeda. Petualangan yang terlalu panjang ini akan membuat seseorang malas menghubungi Anda. Jadi jika Anda memiliki direct line di kantor, cantumkanlah direct line Anda pada kartu nama.

  5. Nomor Fax

    Meski sudah jarang didayagunakan sejak masuknya era internet dan email, fax masih memegang peranan penting dalam hal pengiriman dokumen yang cepat dan instan. Tetaplah mencantumkan nomor fax jika Anda memilikinya.

  6. Nomor Ponsel

    Apabila ini adalah kartu nama personal, maka sudah pasti Anda harus mencantumkan nomor ponsel, demi agar seseorang mudah menghubungi Anda. Kecuali jika ini adalah kartu nama perusahaan di mana Anda tak ingin terlalu banyak orang menginvasi privasi Anda, maka cukup mencantumkan nomor kantor saja.

  7. Alamat Email atau website

    Di jaman teknologi di mana semua orang menggunakan smartphone, alamat email adalah hal terpenting untuk Anda cantumkan di kartu nama. Selain karena alamat email lebih tidak mengganggu privasi, menghubungi lewat email selalu menjadi cara tercepat untuk mendiskusikan bisnis Anda. Begitu pula dengan mencantumkan alamat website, jika Anda memilikinya, merupakan cara promosi termudah dan efektif untuk membuat orang membuka website Anda, dan mengetahui lebih banyak tentang usaha Anda.

Read more...

Kartu Nama, Alat Promosi Terpenting untuk Bisnis Anda.

posted by Custom on March 6, 2013

Kartu nama mungkin adalah sarana promosi yang paling sederhana, namun memegang peranan terpenting dalam bisnis Anda. Kartu nama adalah kesan pertama yang Anda berikan pada mitra bisnis atau calon pelanggan, dan mewakili secara keseluruhan brand seperti apa yang ingin Anda bangun, dan bahkan kepribadian Anda sendiri. Kartu nama juga memiliki kekuatan untuk menjalin hubungan, karena informasi yang dimuat di dalamnya. Sekali Anda memberikan kartu nama kepada seseorang, Anda sudah membuka peluang untuk terjadinya transaksi bisnis di masa depan. Namun beberapa orang masih menganggap remeh benda kecil yang muat di dompet ini. Kalaupun memutuskan untuk membuat kartu nama, terkadang desain dan bentuknya tak begitu diperhatikan. Padahal desain yang menarik akan membuat orang lain ingin menyimpannya, sehingga suatu kali nanti bisa berhubungan dengan Anda.

Buat Kartu Nama

Hal ini mungkin terjadi karena kebanyakan orang memang tak begitu paham, bagaimana caranya membuat kartu nama yang baik. Nah, Anda perlu pendapat seorang ahli. David Airey, seorang brand identity designer yang memiliki klien di seluruh dunia punya beberapa saran soal kartu nama. Menurut David, kartu nama Anda harus dapat ‘mendorong’ seseorang untuk menghubungi Anda. Sebuah kartu nama yang bersih, simple, dan rapi menunjukkan bahwa Anda peduli pada penampilan, dan dengan segera mengirimkan kesan ‘profesional’ ke dalam benak si penerimanya. Tentu saja, karena profesionalitas kerap diwakili oleh penampilan yang rapidan berkelas bukan?

Lalu, kartu nama harus memuat detil kontak Anda dengan JELAS. Ya, sejelas huruf-huruf kapital yang baru Anda baca. Masih sangat banyak orang berpikir bahwa kartu nama perlu desain yang ramai. Hingga akhirnya detil nama dan nomor telepon malah terkubur entah di mana, padahal itu yang terpenting. Atau kadang-kadang tulisan teks menjadi tak terbaca karena huruf yang terlalu kecil atau tabrakan warna dalam desain yang bertumpuk-tumpuk. Ini sama sekali hanya akan membuat calon mitra atau konsumen Anda malas membacanya. Jadinya, kartu nama itu hanya masuk ke dalam kotak tumpukan kartu nama ‘orang-orang tak dikenal’ yang jarang mereka tilik kembali. Jadi sekali lagi, tulislah detil kontak Anda dengan jelas. Itu sebabnya juga, hampir semua kartu nama yang baik memiliki warna dasar putih, sehingga memudahkan orang membacanya. Jika Anda memang mau berkreasi dengan warna dan desain, lakukanlah di bagian belakang kartu nama tersebut. Itu gunanya membuat kartu nama dengan dua sisi, memberi tempat yang cukup untuk kreasi desain dan detil kontak, sehingga mereka tidak saling ‘berebut’.

Nah, yang terakhir, ukuran. Ini hal yang tak kalah penting, menurut David Airey, jika ukuran kartu nama Anda terlalu besar, sehingga tak cukup masuk ke dalam dompet atau name card holder, maka Anda punya masalah besar. Karena kemungkinan kartu nama tersebut tidak akan berhasil mendekati calon mitra Anda, sebab mereka akan meninggalkannya di suatu tempat dan pada akhirnya lupa di mana mereka meletakkannya. Jadi ukuran akan menentukan apakah kartu nama Anda akan disimpan, atau ditinggalkan. Nah berapa ukuran kartu nama yang tepat? Ukuran yang ideal untuk sebuah kartu nama yang efektif adalah tidak lebih dari 9 x 5,5 cm, dan juga tidak jauh lebih kecil dari itu. Mungkin karena ingin kartu nama Anda bisa muat di segala dompet, Anda membuat kartu nama yang sangat kecil. Percayalah, benda yang terbuat dari kertas itu malah akan hilang sebelum sempat dibaca oleh penerimanya. Jadi buatlah kartu nama dengan ukuran yang ideal, desain yang simple, dan memuat detil kontak Anda dengan jelas. Dengan demikian, Anda memperbesar peluang bisnis Anda.

Read more...

Kriteria Desain Kartu Nama Yang Hebat

posted by Custom on March 19, 2013

7 Kriteria Desain Kartu Nama yang Hebat Seperti apakah desain kartu nama yang hebat? Desain kartu nama yang hebat tentu saja adalah desain yang membuat orang menoleh, memegang lebih lama, tercengang, berdecak kagum, membaca dengan seksama dan meneliti setiap detilnya, dan mungkin yang paling jelas, ketika mereka meminta satu kartu nama lagi untuk dikoleksi. Tapi membuat desain kartu nama yang hebat tidak semudah meletakkan keterangan nama dan alamat pada secarik kertas berukuran 9x5,5 cm dan mecetaknya. Ada lebih banyak hal yang harus Anda lakukan untuk menarik perhatian orang. Tepatnya, ada 7 kriteria sebuah kartu nama yang hebat. Anda dapat menerapkan beberapa atau keseluruhan dari kriteria-kriteria ini sesuai dengan konsep dan selera desain Anda.

  • Menaruh gambar pada sebuah background yang berwarna cerah Warna background yang cerah selalu menangkap perhatian mata seketika. Jika Anda adalah seorang fotografer, jenis kartu nama yang mencantumkan gambar pada background warna cerah dapat menjual bisnis Anda dengan tepat sasaran, karena kartu nama Anda merepresentasi kemampuan profesional Anda.
  • Pemilihan skema warna Apapun polanya, baik garis-garis, kotak-kotak, atau dots, yang terpenting di sini adalah pemilihan skema warna yang menarik dan harmonis, sehingga desain enak dilihat. Pilihlah skema warna yang kontras dengan background.
  • Desain yang minimalis Di jaman sekarang ini, tidak ada minimalis yang membosankan, malah semua minimalis menyenangkan, dan tidak menyakitkan mata jika dilihat lebih lama. Kadang-kadang hanya menempatkan logo dengan detil singkat tentang Anda dapat membuat kartu nama tersebut menarik dan mempesona.
  • Finishing yang unik Dalam dunia cetak ada banyak finishing menarik yang dapat Anda tambahkan pada kartu nama untuk membuat desainnya semakin menarik, seperi emboss (gambar atau huruf menjadi timbul), uv spot (membuat bagian tertentu menjadi kilap), dan lain-lain.
  • Bentuk kartu nama Bentuk kartu nama tidak harus kotak kaku, bisa saja Anda menambahkan ujung yang tumpul (rounded) agar kartu nama terkesan lebih luwes. Bisa juga Anda membuat desain menjadi lingkaran atau bentuk-bentuk lainnya. Walau ada baiknya tetap mengikuti bentuk standar kotak agar kartu nama Anda tidak menjadi terlalu ‘aneh’ bagi orang-orang awam yang tak terlalu paham tentang desain.
  • Penggunaan font yang tepat Font yang menarik, tidak biasa, dapat menjadi nilai tambah tersendiri bagi desai kartu nama Anda.
  • Bahan-bahan yang unik Beberapa orang mulai menggunakan bahan plastik sebagai kartu nama. Sehingga kartu nama mereka nampak tembus pandang (see-through). Ini termasuk terobosan yang unik dan dapat membuat kartu nama Anda mengundang decak kagum orang yang menerimanya, sekaligus membuat mereka mudah mengingat brand/ perusahaan Anda.
Read more...

Jenis-jenis Kertas untuk Kartu Nama

posted by Custom on April 3, 2013

Boleh dibilang, dari semua kegiatan membuka sebuah perusahaan baru, hal yang paling menyenangkan sebenarnya adalah membuat logo dan kartu nama perusahaan tersebut. Anda dapat membubuhkan karakter perusahaan pada kartu nama Anda, dan memberikan first impression yang menarik bagi kolega-kolega dengan hanya secarik kertas yang muat masuk ke dalam dompet, Benar-benar hal kecil yang bermakna besar. Untuk itu, karena begitu besar dampak yang diberikan oleh sebuah kartu nama, Anda tak boleh sembarangan dalam membuatnya. Bukan hanya desain yang harus dipikirkan, tetapi juga bahan kertas yang Anda gunakan, sebab tekstur kertas juga mencerminkan karakter perusahaan yang ingin Anda bangun. Selain itu, pikirkan pula, manfaat atau tindakan apa yang Anda ingin orang lakukan terhadap kartu nama Anda, sehingga dari sana, Anda akan dapat menemukan bahan kertas yang cocok untuk kartu nama Anda. Berikut beberapa jenis kertas yang paling umum digunakan untuk kartu nama:

  • Art Paper/ Art Carton. Beratnya/ ketebalannya 260 gsm, cukup tebal untuk kartu nama, permukaannya sedikit licin atau mengkilat, sehingga sulit ditulisi dengan bolpen. Jadi jika Anda mengharapkan si penerima kartu nama mencatat sesuatu tentang Anda atau perusahaan Anda, jangan gunakan jenis kertas seperti ini. Kertas ini cocok untuk desain kartu nama dengan blok warna. Art Carton juga otomatis digunakan jika finishing akhir setelah cetak adalah laminasi doff atau glossy.
  • BW. Berukuran 250 gsm, tampilannya seperti kertas manila putih, tidak mengkilat, sedikit kaku, namun mudah ditulisi. Jenis ini hanya dapat dicetak satu sisi.
  • Mohawk Option. Kertas import berukuran 250 gsm ini memiliki tekstur yang halus mirip dengan kertas BW, namun dengan daya serap tinta yang lebih bagus, sehingga hasil cetak sudah pasti lebih memikat mata. Jadi jika Anda adalah penyuka desain, Anda akan menyukai kertas ini. Lagipula, kelebihan Mohawk Option dibandingkan dengan BW adalah kertas ini dapat dicetak dua sisi atau bolak balik. Jadi Anda dapat lebih bebas berkreasi dengan desain kartu nama Anda.
  • Linen Jepang. Berukuran 250 gsm, kertas ini merupakan kertas local yang memiliki tekstur garis-garis horizontal dan vertical. Tekstur yang cukup menarik untuk mewakili karakter perusahaan Anda. Biasanya memberi kesan professional yang tidak berlebihan.
  • Linen Holland. Juga berukuran 250 gsm, Linen Holland merupakan kertas impor yang sejenis dengan linen Jepang, dengan tekstur yang lebih halus, lebih putih, dan sedikit lebih tebal. Kertas ini memberi kesan eksklusif pada kartu nama Anda.


Jenis-jenis Kertas untuk Kartu Nama

Boleh dibilang, dari semua kegiatan membuka sebuah perusahaan baru, hal yang paling menyenangkan sebenarnya adalah membuat logo dan kartu nama perusahaan tersebut. Anda dapat membubuhkan karakter perusahaan pada kartu nama Anda, dan memberikan first impression yang menarik bagi kolega-kolega dengan hanya secarik kertas yang muat masuk ke dalam dompet, Benar-benar hal kecil yang bermakna besar. Untuk itu, karena begitu besar dampak yang diberikan oleh sebuah kartu nama, Anda tak boleh sembarangan dalam membuatnya. Bukan hanya desain yang harus dipikirkan, tetapi juga bahan kertas yang Anda gunakan, sebab tekstur kertas juga mencerminkan karakter perusahaan yang ingin Anda bangun. Selain itu, pikirkan pula, manfaat atau tindakan apa yang Anda ingin orang lakukan terhadap kartu nama Anda, sehingga dari sana, Anda akan dapat menemukan bahan kertas yang cocok untuk kartu nama Anda. Berikut beberapa jenis kertas yang paling umum digunakan untuk kartu nama:

  • Art Paper/ Art Carton. Beratnya/ ketebalannya 260 gsm, cukup tebal untuk kartu nama, permukaannya sedikit licin atau mengkilat, sehingga sulit ditulisi dengan bolpen. Jadi jika Anda mengharapkan si penerima kartu nama mencatat sesuatu tentang Anda atau perusahaan Anda, jangan gunakan jenis kertas seperti ini. Kertas ini cocok untuk desain kartu nama dengan blok warna. Art Carton juga otomatis digunakan jika finishing akhir setelah cetak adalah laminasi doff atau glossy.
  • BW. Berukuran 250 gsm, tampilannya seperti kertas manila putih, tidak mengkilat, sedikit kaku, namun mudah ditulisi. Jenis ini hanya dapat dicetak satu sisi.
  • Mohawk Option. Kertas import berukuran 250 gsm ini memiliki tekstur yang halus mirip dengan kertas BW, namun dengan daya serap tinta yang lebih bagus, sehingga hasil cetak sudah pasti lebih memikat mata. Jadi jika Anda adalah penyuka desain, Anda akan menyukai kertas ini. Lagipula, kelebihan Mohawk Option dibandingkan dengan BW adalah kertas ini dapat dicetak dua sisi atau bolak balik. Jadi Anda dapat lebih bebas berkreasi dengan desain kartu nama Anda. 
  • Linen Jepang. Berukuran 250 gsm, kertas ini merupakan kertas local yang memiliki tekstur garis-garis horizontal dan vertical. Tekstur yang cukup menarik untuk mewakili karakter perusahaan Anda. Biasanya memberi kesan professional yang tidak berlebihan.
  • Linen Holland. Juga berukuran 250 gsm, Linen Holland merupakan kertas impor yang sejenis dengan linen Jepang, dengan tekstur yang lebih halus, lebih putih, dan sedikit lebih tebal. Kertas ini memberi kesan eksklusif pada kartu nama Anda.
Read more...

Berbagai Finishing Cetak Kartu Nama

posted by Custom on April 8, 2013

Membuat kartu nama bukan berarti hanya menuliskan identitas diri Anda atau perusahaan di sebuah kertas kecil yang muat di dompet. Membuat kartu nama berarti pula membuat suatu representasi diri Anda. Jadi Anda sebaiknya memastikan bahwa kartu nama Anda dapat merepresentasi diri Anda dengan baik. Otomatis berarti, Anda harus membuat kartu nama dengan desain yang gemilang, yang sanggup mencuri perhatian orang ketika menerimanya. Karena percayalah, di tengah dunia yang semakin sibuk dan padat dengan beragam aktivitas ini, terlalu banyak kartu nama disebarkan, dan terlalu banyak pula yang tak dilirik penerimanya, karena mereka terlalu sibuk. Sehingga, jika Anda ingin kartu nama Anda berbicara, buatlah kartu nama yang mempesona.

Buat Kartu Nama

Bagaimana caranya menghasilkan kartu nama yang mempesona? Tentu saja dengan memberikan finishing cetak yang apik dan sesuai dengan desain Anda. Finishing cetak dapat dibilang sebagai sentuhan akhir dari proses cetak, untuk membuat satu atau seluruh bagian dari cetakan menjadi semakin menarik. Dengan finishing cetak, Anda dapat membuat kartu nama yang tadinya biasa-biasa menjadi luar biasa, menarik perhatian dan rasa ingin tahu penerimanya. Nah beberapa finishing cetak sudah cukup terkenal, namun ada beberapa finishing cetak yang belum Anda ketahui, mari simak daftar di bawah ini sebagai tambahan pengetahuan, dan mungkin saran yang bermanfaat, untuk membuat tampilan kartu nama Anda menjadi lebih menarik.

  • Laminasi Doff dan Glossy: Laminasi atau pelapisan ini sudah sering Anda jumpai di berbagai jenis cetak, baik di dunia percetakan maupun digital printing. Tujuan dari pelapisan ini adalah untuk melindungi cetakan agar tidak cepat luntur atau rusak. Lapisan Glossy adalah lapisan berbahan plastic yang mengkilat, yang memberi kesan shiny. Karena seluruh bagian cetakan jadi mengkilat dan memantulkan sinar, lapisan ini jadi berkesan kurang anggun dan sedikit norak, Jadi lapisan ini jarang digunakan pada kartu nama. Sementara lapisan doff membuat desain kartu nama tampil lebih soft dan lebih berkelas. Sehingga jenis lapisan ini lebih banyak dipakai.
  • UV Spot: UV Spot adalah juga jenis pelapisan, namun menggunakan bahan utama cairan dan diolah khusus dimesin sehingga menghasilkan efek yang sama seperti pelapis berbahan plastik. Perbedaan utama UV Spot dengan Laminasi adalah UV Spot adalah pelapisan yang dapat diterapkan pada spot-spot tertentu saja yang ingin di-highlight. Sehingga beberapa spot tampil lebih menonjol daripada yang lain. Ini membuat desain menjadi lebih menarik dan memiliki prioritas. Jika Anda ingin logo Anda diutamakan misalnya, Anda dapat memberikan sentuhan UV Spot, sehingga logo Anda lebih ‘bersinar’ dibanding bagian lainnya yang tidak lebih penting, seperti alamat, dan lain-lain.
  • Hotprint: Hot print adalah warna emas atau silver yang timbul yang sering Anda lihat di kartu nama atau di cetakan-cetakan agenda tahunan atau undangan-undangan pernikahan. Lapisan hot print ini menggunakan kertas tinta emas atau silver yang di-press pada cetakan sehingga menempel. Jika Anda suka pada kesan megah dan eksklusif, Anda dapat menggunakan hot print pada kartu nama Anda.
  • Emboss dan Deboss: Nah Emboss juga sering sekali kita jumpai pada kartu nama. Emboss adalah huruf timbul atau 3D pada cetakan, yang juga dicapai dengan mem-press cetakan. Deboss adalah huruf timbul ke dalam, yang agak jarang digunakan dalam cetakan.
  • Die Cut: Dan yang terakhir, jika Anda ingin memberikan sentuhan kreatif yang sedikit berlebihan pada kartu nama Anda, Anda selalu dapat melakukan die cut pada kartu nama Anda. Melubangi, atau membentuk kartu nama menjadi bentuk lain selain kotak, dapat membuat orang melirik kartu nama Anda. Hanya jangan berlebihan menggunakan die cut, karena dapat membuat kartu nama menjadi ringkih dan mudah robek, yang pada akhirnya malah akan merugikan Anda.
Read more...

Arti Penting Dari Kartu Nama

posted by Custom on May 16, 2013

Kartu nama tidak hanya digunakan oleh kaum pebisnis tapi juga mereka yang perlu membuka jaringan baru kepada orang-orang baru. Dalam dunia bisnis sendiri, fungsi kartu nama sangat penting. Kartu nama digunakan oleh mereka yang bermain dalam bisnis besar ataupun bisnis kecil.  Kartu nama sendiri memiliki peranan yang sama dengan spanduk atau billboard raksasa di pinggir atau pojok jalan yang bisa dilihat langsung oleh masyarakat,

Berikut ini beberapa kegunaan penting dari kartu nama baik dalam bisnis ataupun pengembangan jaringan.

  • Menarik Minat Konsumen . Kartu nama menunjukkan siapa yang pemiliknya. Kartu nama memberikan seseorang (yang menerima kartu nama) informasi mengenai apa yang bisa dilakukan pemilik kartu nama dan layanan apa yang bisa ia berikan di masa mendatang.  Hal yang sama juga berlaku bagi pemilik kartu nama di perusahaan besar. Mereka yang menerima kartu nama, pasti ingin tahu apa yang suatu perusahaan bisa berikan lewat kartu nama tersebut. Kartu nama juga bisa meningkatkan image dari seorang pebisnis.
  • Murah Tapi Menghasilkan Besar.  Biaya cetak kartu nama mungkin hanya sekitar 0,1 persen dari produksi sebuah billboard besar. Namun keuntungan yang bisa didapat lewat pembuatan kartu nama sangat besar.  Saat sebuah kartu nama, misalkan dari seorang marketing alat kedokteran sampai di tangan seorang direktur RS terkenal, maka peluang marketing tersebut masuk ke RS tadi cukup besar. Karena itu nilai pasar kartu nama juga besar. Apalagi saat kartu nama tadi diberikan atau direkomendasikan oleh seorang pengusaha lain yang sudah merasakan pelayanan dari pemilik kartu nama tadi.
  • Pembuka Jaringan. Bisnis hidup dari konsumen regular dan konsumen baru. Konsumen baru memberikan keuntungan bagi perusahaan, sementara konsumen baru menambah keuntungan keuntungan bagi perusahaan. Menggunakan kartu nama untuk mengenalkan diri ke konsumen baru merupakan salah satu cara terbaik untuk membuka jaringan konsumen yang baru.
  • Penyedia Informasi Perusahaan.  Suatu hal yang tidak mungkin untuk menyediakan informasi perusahana secara detail dan lengkap, misalkan alamat email, alamat perusahaan dan telpon di sebuah spanduk atau billboard. Dimana anda meletakkannya ? di kartu nama. Di kartu nama bisa ditemukan secara lengkap, nama, jabatan, posisi, jenis usaha, alamat perusahaan , alamat email, nomor telpon secara lengkap.
  • Iklan Mini. Di berbagai media seperti koran atau majalah banyak menyediakan jasa iklan mini. Namun salah satu media iklan yang cukup andal adalah kartu nama.  Di kartu nama anda bisa memajang contoh barang yang disediakan, pelayanan yang diberikan. Gambar di kartu nama memberikan efek cukup besar. Dengan melihat gambar mesin printing di kartu nama, seorang konsumen bisa tahu ia bisa membeli atau mendapatkan mesin printing tersebut di alamat yang tertera di sebelah gambar mesin printing tersebut.
Read more...

Tips Mendesain Kartu Nama Yang Efektif

posted by Custom on May 16, 2013

Kartu nama bukan kartu biasa, yang sekedar berisi nama dan alamat dari sebuah kantor atau seseorang. Kartu nama adalah sebuah kartu yang digunakan untuk mengenalkan sebuah perusahaan, bisnis ataupun seorang pengusaha profesional.

Kartu nama, walaupun kecil merupakan cara paling efektif untuk memberikan informasi tentang seseorang atau perusahaan, tanpa melihatnya.  Kartu nama juga menjadi alat pengenalan produk, atau layanan tanpa harus memasarkan produk. Seiring dengan perkembangan jaman, kartu nama juga mulai berkembang.  Sebelum membuat kartu nama, berikut tips bisa dilakukan agar kartu nama menjadi semakin efektif.

  1. Tentukan Tujuan/Maksud. Tentukan apakah kartu nama berisi info tentang pebisnis dan perusahaannya, atau tentang info pebisnis itu saja. Dengan menentukan hal ini, akan lebih mudah untuk membuat kartu nama. Hal ini juga akan menjadi panduan dasar dalam pembuatan kartu nama.
  2. Masukkan Info Penting. Terkadang karena terlalu antusias, seseorang justru melupakan hal yang terpenting. Pastikan info terpenting dari diri seorang pebisnis atau perusahaan masuk dalam kartu nama tersebut seperti nama, kontak, nama perusahaan, alamat perusahaan, dan logo perusahaan tercantum lebih dulu. Itu yang akan pertama kali dicari oleh klien.
  3. Jelaskan Perusahaan Anda. Nama perusahaan tidak cukup. Infokan di dalam kartu nama jenis layanan dan jasa apa yang anda tawarkan.  Infokan dengan ringkas dan padat. Jika hal itu ada dalam kartu nama, maka seseorang yang menerima kartu nama itu tidakan akan bingung saat membacanya.
  4. Buat Untuk Mudah Diingat.  Klien atau calon klien senang melihat kartu nama yang unik dan hal itu akan membuat mereka menyimpan kartu nama tersebut. Tonjolkan kesan unik dan memikat saat membuat kartu nama, hal itu akan membuat para calon klien dank lien mudah mengingat kartu nama itu.   Jangan lupa logo atau gambar yang mewakili perusahaan anda agar membuat kartu nama lebih menarik. Tidak ada salahnya juga menaruh foto diri.
  5. Bandingkan. Sebelum mencetak kartu nama, bandingkan dengan kartu nama lain. Siapa tahu ada perubahan yang ingin dilakukan pada kartu nama tersebut.  Ingat kartu nama adalah perwujudan dari diri anda. Pastikan dengan benar semua sudah rapi dan menarik. Itu akan membuat mereka yang menerima kartu nama itu memberikan respon positif.
  6. Bahan dan Ukuran Terbaik.  Gunakan kertas dengan kualitas terbaik untuk kartu nama. Pastikan kartu nama, cocok dengan kualitas kertas. Kendati ada berbagai macam jenis kertas, tetap pastikan, desain kartu nama tercetak dengan pas.  Untuk ukuran, kartu nama tidak perlu terlalu besar. Buatlah dalam ukuran yang sekiranya mudah dipegang dan disimpan.  Kartu nama yang terlalu besar membuat orang malas menyimpannya.
Read more...

5 Tips Membuat Kartu Nama Yang Mudah Diingat

posted by Custom on May 16, 2013

Kendati ukurannya kecil, kartu nama punya peranan besar. Baik dalam menjalin klien baru ataupun  merekatkan klien lama.  Bagi beberapa orang sendiri, biasanya memilih menyimpan kartu nama yang mudah diingat, mudah disimpan, dan menarik. Karena itu kesan pertama dari sebuah kartu nama bisa menjadi hal penting untuk menarik minat.

Kartu nama sendiri belakangan telah menjadi lahan bisnis yang menjanjikan bagi beberapa orang. Apalagi dengan semakin bertumbuhnya ekonomi suatu negara, maka banyak pengusaha makin banyak membutuhkan pengusaha.  Dengan banyak para pembuat kartu nama, tentunya harga kartu nama juga cenderung murah. Namun sebelum memilih kartu nama yang murah, apakah anda yakin pesan yang anda ingin sampaikan kepada orang-orang bisa disampaikan dengan pasti? Apakah anda benar-benar ingin menghilangkan kesempatan meraih citra positif lewat kartu nama demi harga murah?

Harga murah terkadang memang tidak sesuai dengan kesan pertama, salah satu hal penting dari sebuah kartu nama. Kesan pertama yang positif sendiri dapat dibangun, berikut ini tips dan triknya.

  1. Desain. Tidak ada salahnya anda menawarkan proyek kartu nama anda kepada desainer profesional, kendati anda sudah yakin anda bisa membuat sendiri kartu nama  tersebut. Idealnya, desainer yang biasa mengerjakan proyek branding anda, seperit spanduk, brosur atau website biasanya akan lebih mudah untuk membuat kartu nama yang sesuai dengan perusahaan atau brand anda.
  2. Sederhana. Kartu nama punya ukuran standar tersendiri, jadi tidak perlu membuatnya terlalu besar atau terlalu kecil. Tidak perlu membuat logo perusahaan terlalu besar. Jangan memakai ukuran huruf terlalu kecil atau tidak nyaman untuk dibaca. Dan tidak perlu ragu memakai background putih.
  3. Standar. Seperti yang telah diungkapkan diatas, kalau kartu nama telah memiliki ukuran standar tersendiri. Membuat dengan ukuran dan bentuk berbeda memang cukup membuat penasaran, namun siapkah anda, ketika membuat kartu nama dalam bentuk lingkaran, orang hanya sekali melihat kartu nama anda dan kemudian membuangnya?
  4. Manfaatkan bagian belakang kartu nama. Kartu nama tradisional biasanya bagian belakangnya kosong.  Bagian kosong ini bisa digunakan untuk menaruh motto atau misi perusahaan anda. Namun pastikan bukan bersifat iklan. Kartu Nama merupakan identitas perusahaan, bukan papan iklan perusahaan.
Read more...

6 Etika Memberi-Menerima Kartu Nama di Jepang

posted by Custom on May 20, 2013

Kartu nama boleh saja kecil, namun memiliki peranan yang cukup besar dalam mengembangkan jaringan ataupun menambah klien. Di Jepang, saling tukar menukar kartu nama memberikan efek besar dalam sebuah hubungan bisnis. Di Jepang sendiri, seperti hal lain yang ada di negara tersebut, memberi atau menerima kartu nama memiliki aturan atau gaya tersendiri.  Terlihat sepele namun jika salah dalam menjalankan etika memberi/menerima kartu nama bisa jadi rencana perusahaan ke depan bisa hancur.  Berikut ini etika ketika memberi atau menerima kartu nama di Negeri Sakura.

  1. Kartu harus terlihat baru dan tidak boleh kotor. Kartu nama yang terlihat dalam kondisi buruk adalah tanda kartu nama itu diabaikan dan itu bisa memberikan kesan buruk.  Karena itu rata-rata pengusaha atau pebisnis di Jepang punya tempat khusus terbuat dari kulit untuk memastikan kartu nama mereka dalam kondisi terbaik.
  2. Memberikan kartu nama dengan dua tangan adalah cara terbaik untuk memberikan kartu nama tersebut kepada orang lain. Dalam hal ini, yang terbaik adalah memegangnya di dua ujung kartu yang terdekat dengan pihak pemberi. Ini membuat orang yang menerima bisa dengan mudah melihat informasi yang ada dalam kartu nama tersebut.
  3. Menerima dengan dua tangan pula.   Menerima kartu nama dengan dua tangan memegang ujung kartu nama adalah cara terbaik saat menerima kartu nama. Pastikan tidak ada info yang tertutup tangan saat menerima kartu nama itu dan catat darimana/siapa/posisi apa pemberi kartu nama tersebut.
  4. Jika anda berdiri, setelah menerima kartu nama menunduk dan taruh kartu nama di balik tempat khusus kartu nama. Jangan letakkan di kantor, itu kasar.
  5. Jika anda duduk, letakkan kartu nama itu di meja selama meeting lalu letakkan di tempat kartu nama, setelah meeting berakhir.
  6. saat seorang pebisnis perlu untuk bertukar kartu nama dengan pebisnis lain dari perusahaan yang berbeda dan status yang berbeda, baik jabatan atau tingkatan, mereka yang memiliki jabatan atau tingkatan lebih rendah harus meletakkan kartu nama mereka lebih rendah.

Etika yang disebutkan diatas mungkin terlihat menyusahkan atau ribet. Namun hal itu patut dicoba, terutama saat mengadakan komunikasi bisnis dengan warga negara Jepang. Hal sepele memang, tapi bisa memberikan pengaruh besar dalam bisnis.

Read more...

Tren Kartu Nama Yang Wajib Diketahui

posted by Custom on May 20, 2013

Jika melihat sejarahnya, membuka jaringan atau menambah klien dengan kartu nama adalah cara lama.  Dengan semakin canggihnya komunikasi dan teknologi, kartu nama saat ini justru menjadi pilihan kesekian bagi mereka yang berniat membuka jaringan baru atau menambah klien. Namun dengan keadaan seperti itu, kartu nama sendiri bukannya tidak ikut berkembang.  Dengan kreativitas serta kemampuan para desainer di masa kini, membuat kartu nama masih menjadi salah satu cara efektif untuk membuka jaringan baru atau pemasaran.

Saat ini dengan, kartu nama yang beredar di pasaran, terimakasih untuk kreativitas dari para desainer, bukan lagi hanya sekedar berisi nama dan alamat, tapi juga bisa menjadi salah satu alat promosi dan pemasaran terbaik.  Berikut beberapa tren terbaru dari kartu nama, yang membuatnya masih jadi yang terdepan untuk memberikan informasi serta promosi sebuah perusahaan atau layanan.

  1. Sosial media. Akun sosial media saat ini sudah seperti alamat kedua. Di kartu nama, belakangan selain nama lengkap dan alamat juga dicantumkan Akun Facebook dan Twitter yang dimiliki. Jika sebuah perusahaan, maka yang dicantumkan adalah fan page Facebook serta Twitter dari brand atau perusahaan tersebut.
  2. Sederhana dan menawan. Banyak pria menyukai kaum wanita yang tetap terlihat cantik dan menarik tanpa dandanan yang terlalu banyak. Begitu juga dengan kartu nama. Terkadang kartu nama terbaik adalah yang paling sederhana.  Terlalu berlebihan dalam membuat atau mendesain kartu nama akan membuat anda terlihat berantakan dan tidak profesional.  Pilihan kualitas dan typografi yang bagus adalah kunci untuk membuat kartu nama yang sederhana namun menawan.
  3. Kartu nama dari bahan unik. Kartu nama standar terbuat dari kertas.  Ingin mendapat klien sekaligus promosi? coba kartu nama dari bahan lain tidak hanya kertas standar yang biasa dipakai untuk membuat kartu nama.
  4. Kartu nama dengan bentuk yang unik. Bahan dari bahan berbeda akan makin menarik dengan desain bentuk yang berbeda.  Tidak hanya menjadi media penyampai informasi perusahaan, kartu nama dengan bentuk yang unik jadi media promosi terbaik , pada saat pameran. Sekaligus juga sebagai penarik perhatian.
  5. Bertemakan barang harian. saat ini para pembuat kartu nama sering membuat desain kartu nama yang berhubungan dengan barang sehari yang dipakai. Desain ini akan semakin terlihat menarik jika disesuaikan dengan layanan atau produk yang ditawarkan perusahaan.  Seperti agen perjalanan yang memakai tanda koper untuk kartu nama mereka.
Read more...