Menilik Sejarah Perkembangan Rok Mini di Dunia

Menilik Sejarah Perkembangan Rok Mini di Dunia

posted by Custom on November 6, 2015

Rok mini merupakan salah satu jenis rok yang banyak digandrungi oleh wanita karena memiliki banyak variasi model sehingga menjadi trend fashion yang menarik. Bisnis rok mini sekarang ini semakin meningkat seiring dengan banyaknya variasi rok wanita yang ditawarkan, sehingga banyak pedagang yang jual rok mini atau skirts ini dengan berbagai model yang bermacam-macam mulai dari model A-line yang banyak digunakan oleh wanita yang memiliki pinggul besar, model bunga tulip yang banyak dipakai oleh wanita yang memiliki tubuh kecil, model bahan bertumpuk biasanya banyak dipakai oleh wanita yang memiliki tubuh kurus dan masih banyak model lainnya.


Inilah Sejarah Perkembangan Rok Mini Hingga Kini

Sekarang ini yang banyak digemari adalah model skirt dengan panjang di atas lutut atau disebut mini skirt. Ternyata perkembangan skirts terjadi begitu cepat, awalnya panjang rok yaitu dibawah lutut namun seiring dengan perkembangan zaman panjang skirt semakin memendek hingga sekarang ini disebut mini skirt. Bagaimana sejarah rok wanita? Berikut adalah sejarah singkat perkembangan rok mini:

  1. Awalnya bawahan pakaian wanita berupa skirts panjang dengan ukuran yang cukup lebar, namun pada abad ke-19 terjadi sedikit perubahan yaitu ukuran rok wanita semakin ramping atau dibuat model press body dan banyak yang jual rok mini jenis ini.
  2. Pada abad ke-20 pakaian bawahan wanita ini kembali mengalami perubahan yaitu lebih pendek dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan pada zaman itu banyak terjadi perang sehingga seorang wanita harus menggunakan pakaian yang lebih praktis dalam pekerjaan mereka sehingga skirts model pendeklah yang menjadi solusi dalam kondisi itu untuk memudahkan para wanita bergerak dengan cepat dan lincah. Dengan adanya pakaian kerja inilah maka banyak rok wanita yang berkembang mulai dari panjang rok yang selutut hingga mata kaki.
  3. Pada tahun 1960-an model skirt semakin pendek dan ditahun inilah muncul model rok terpendek yaitu diatas lutut sehingga banyak mengekspose bagian kaki dan paha wanita. model rok ini semakin populer karena terinspirasi oleh model rok Andre Courreges yang banyak menarik perhatian wanita di dunia, sehingga banyak yang jual rok mini ini di pasaran dunia.
  4. Perkembangan model skirt semakin meningkat tajam setelah seorang desainer terkenal asal Inggris yaitu Mary Quant mulai mengangkat dan mempopulerkan mini skirt dengan berbagai ragam variasi model yang menyesuaiakan bentuk tubuh wanita di seluruh dunia sehingga banyak wanita yang tertarik dengan skirt ini dan menjadi trend fashion bagi rok wanita. Dengan menggunakan mini skirt seorang wanita dapat bergerak dengan leluasa dalam bekerja dan melakukan aktifitas keseharian mereka. Sehingga banyak pedagang yang jual rok mini ini.

Tahun 1960-an merupakan tahun revolusi untuk skirt karena tahun itu merupakan tahun terjadinya perubahan drastis dari model bawahan wanita yang biasa saja menjadi bawahan yang memiliki banyak model variasi hingga menjadi rok mini.