3 Metode Printing Kain yang Sering Dipakai

3 Metode Printing Kain yang Sering Dipakai

posted by Custom on April 15, 2016

3 metode printing kain yang sering dipakai bias menjadi pilihan bagi kita dalam bisnis printing kain. Dalam ketiga metode itu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga kita harus bisa memilih metode mana yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan sampai pemilihan metode yang salah akan membuat hasil tidak baik.


Inilah 3 Metode Printing Kain yang Sering Dipakai

Sekarang ini, banyak bisnis jasa yang memberikan manfaat bagi kita. Salah satunya adalah jasa cetak kain. Biasanya jasa ini sangat dicari bagi perusahaan yang ingin menjual pakaian lagi. Setiap bisnis jasa menggunakan metode sablon kain yang berbeda-beda sesuai konsep yang diinginkan.

Sebelum kita menentukan bisnis jasanya, akan lebih baik jika kita mengetahui metode yang digunakan dalam bisnis itu agar kita bisa menyesuaikan dengan apa yang kita inginkan. Terdapat tiga macam metode yang bisa dijadikan pemilihan dalam pembuatan print kain. Ketiga metode sablon kain itu adalah:

  1. Metode sistem sublime. Metode sistem sublime merupakan metode yang menggunakan media transfer paper. Kemudian, dipres dengan tingkat panas tertentu. Mesin pres tersebut juga memiliki berbagai jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah roll to roll yang berarti head press dengan menggulung yang panjangnya sampai lebih dari 10 meter. Namun, metode ini memiliki kekurangan yaitu hanya bisa digunakan untuk kain polos yakni warna putih sehingga kain dasar yang bermotif tidak dapat diterapkan dengan metode print kain ini.
  2. Cara hand press. Cara print kain selanjutnya adalah hand press yang mempunyai kekurangan karena panjang area termasuk terbatas di dalam mesin. Meskipun demikian, metode ini juga memiliki kelebihan, yaitu dapat digunakan pada bahan kaos seperti 30s dan 20s sehingga tidak harus menggunakan lembaran dari bahan polyester seperti halnya kain sublime polyester.
  3. Menggunakan tinta sablon kain. Seperti namanya, metode ini menggunakan tinta sablon. Metode ini berkaitan dengan proses cetak kain yang warnanya tidak tercampur dengan warna dasar dari kain, yakni bukan menggunakan warna separasi atau cmyk. Kelebihan dari metode print kain ini adalah nantinya warna tidak akan tercampur oleh warna dasar kain sehingga akan sesuai dengan yang sudah di desain sehingga kita tidak akan khawatir jika warnanya akan tercampur.

Berdasarkan ketiga metode sablon kain tersebut diketahui jika ketiganya dapat digunakan untuk membuat suatu produk yang sama dengan image atau gambar yang kita inginkan, meskipun dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun, secara umum, ketiga metode tersebut kurang bisa mencetak gambar atau foto yang beresolusi tinggi. Oleh karena itu, diperlukan pemilihan metode yang tepat agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Demikian 3 metode printing kain.