Teknik Printing Kain dengan Sublim

Teknik Printing Kain dengan Sublim

posted by Custom on April 18, 2016

Apa itu teknik printing kain dengan sublim? Teknik printing sublim adalah sebuah teknik pencetakan pada kain yang terlebih dahulu diaplikasikan tinta sublim ke atas kertas. Teknik sublim ini sudah cukup lama digunakan, namun masih sebatas dalam dunia printing kain.


Teknik Printing Kain dengan Sublim

Pada dasarnya, print kain mirip dengan sablon kain biasa. Dalam aplikasinya, printing sublim ini membutuhkan kertas sebagai media untuk pemberian tinta sublim sebelum dicetak di kain. Untuk hasil yang optimal, kertas yang dipakai di sini bukan hanya sembarang kertas, namun kertas yang memang khusus digunakan untuk sublimasi, yaitu sublimation paper. Sedangkan penggunaan pada jenis kertas lainnya tidak akan bisa optimal hasilnya. Seperti misalnya diaplikasikan pada kertas hvs. Perlu digaris bawahi bahwa kertas hvs ataupun kertas biasa lainnya tidak memiliki lapisan khusus seperti sublimation paper, sehingga sudah pasti bahwa hasil sublimnya tidak akan sempurna. 

Selain kertas, dalam print kain ini dibutuhkan juga peralatan lain, yaitu tinta. Perihal tinta yang digunakan dalam sablon kain ini adalah tinta sublimasi yaitu tinta disperse. Tinta disperse ini hanya bisa digunakan pada kain berbahan polyester. Tinta tersebut akan menghasilkan warna yang terang dan maksimal. Proses pemakaiannya adalah jika tinta tersebut terkena panas maka akan berubah menjadi gas, dan tinta sublim yang diberikan pada kain polyester akan meresap dengan sempurna dan juga permanen.

Teknik sublimasi sendiri memiliki berbagai cara. Berikut beberapa cara tersebut:

  • Dengan menggunakan screen printing untuk kuantitas produk yang lebih banyak dan besar, seperti untuk menghasilkan print kain dalam jumlah massal.
  • Pemakaian printer dalam kuantitas kecil atau hanya untuk pengambilan sampel produk sablon kain.
  • Penggunaan mesin offset untuk memproduksi dalam jumlah yang besar (massal), karena mesin offset hanya dapat digunakan pada pembuatan untuk sheet atau potongan.
  • Penggunaan rootho grayure untuk rol.

Dalam proses produksi print kain ini, keempat cara tersebut tinggal disesuaikan dengan jumlah yang akan dihasilkan. Dalam dunia fashion atau pakaian, teknik sablon kain biasanya digunakan dalam pembuatan kaos olahraga atau jersey. Hal ini dikarenakan penggunaan teknik sublim bisa sempurna jika diaplikasikan pada kain yang berbahan polyester. Namun sekarang ada banyak produsen yang mencoba berinovasi dengan mencobakan teknik sublim ini pada kain cotton. Cara yang digunakannya itu dengan mengaplikasikan cairan polyester pada bahan kain cotton. Namun penggunaan kain berbahan cotton dalam teknik printing sublim belum bisa sesempurna jika menggunakan kain berbahan polyester, karena hasil printing sublim pada kain polyester bisa bertahan lebih lama meskipun dilakukan pencucian berulang-ulang.

Untuk mencari usaha yang melayani jasa printing kain dengan sublim ini sekarang bukanlah hal yang sulit. Karena fashion pada saat ini sudah semakin merebak luas. Jadi bisnis kain pun semakin besar peluangnya. Salah satunya bisnis printing kain dengan teknik sublim ini.