Mengenal Spandex, Salah Satu Bahan Kaos Terpopuler

Mengenal Spandex, Salah Satu Bahan Kaos Terpopuler

posted by Custom on March 13, 2014

Suka dengan jenis sablon kaos, bisa jadi spandex mungkin tak asing lagi di telinga Anda. Sejak pertama kali ditemukan sekitar tahun 1962, bahan ini menjadi salah satu bahan populer pembuat baju dan perlengkapan pakaian yang lain. Bahan spandex telah ditemukan sejak perang dunia ke II. Bahan ini ditemukan oleh para peneliti dengan tujuan pengganti karet yang fungsinya hampir sama seperti polyurethane dan nylon. Dengan karakternya yang ringan dan fleksibel, bahan yang awalnya bernama Lycra ini kemudian populer disebut dengan istilah spandex.

Tak serta merta digunakan untuk pakaian, bahan ini kemudian dikembangkan dengan mencampur bahan katun. Didapatlah kain campuran yang terdiri dari kapas (Katun) dan polyurethane (Spandex). Selain lembut dan lentur, bahan ini kemudian juga memiliki karakter kuat dan lebih tahan dibanding dengan bahan katun biasa. sehingga sering digunakan untuk berbagai jenis produk pakaian. Bahan spandex juga kerap digunakan untuk baju olahraga. Seperti untuk pakaian renang, atletik dan kostum menari. Bahan ini umumnya memiliki ciri khusus. Diantaranya sablon kaos atau pakaian yang akan ketat seiring prosentase bahan campuran spandex yang tinggi.

Bahan yang menyerap keringat, tapi ketat, juga membuat katun spandex digunakan untuk keperluan lain. Seperti bahan pembuat pakaian dalam dan kaus kaki. Untuk keperluan fashion, bahan katun spandex juga kerap menjadi bahan dasar pembuatan kaos dan legging. Bahan ini umumnya memiliki karakter yang nyaman, meski kita sedang beraktifitas tinggi. Sehingga sablon kaos atau jenis pakaian berbahan dasar ini memiliki kebebasan dalam bergerak tanpa takut bahan pakaian mereka mengendapkan keringat dan bau. Dan dibanding dengan bahan denim, bahan ini juga nyaman bagi kulit. Sehingga saat mengenakannya, Anda tak akan mengalami banyak masalah iritasi dan sebagainya.

Bahan spandex yang dicampur dengan katun umumnya juga memberi keuntungan tersendiri. Terutama dalam hal mempertahankan bahan kain atau pakaian. Bahan ini justru akan membuat kain lebih berumur lama dibanding kain tanpa campuran bahan ini. Dan yang pasti tidak menghilangkan karakter khas bahan katun yang dingin. Banyaknya dampak positif yang dihasilkan, membuat campuran kain spandex dengan katun kian banyak digunakan untuk produksi pakaian. Entah untuk pakaian fasion sampai kaos sederhana. Karena bahan ini dikenal memiliki ketahanan yang membuat kaos tak gampang melar meski digunakan dalam beberpa waktu. Hal ini berbeda dengan jenis bahan katun biasa yang mudah melar jika digunakan dalam jangka waktu lama.

Kini spandex lebih mudah dijumpai di banyak produk pakaian. Dari jenis pakaian dewasa sampai anak-anak, bahan pembuatnya menggunakan kain campuran katun dan spandex. Selain nyaman dan ramah terhadap kulit, bahan ini tentu menjadi pilihan utama dibalik karakternya yang membuat baju lebih awet dan tahan lama.