Ini Dia Baju Pintar Pembaca Kondisi Seseorang

Ini Dia Baju Pintar Pembaca Kondisi Seseorang

posted by Custom on April 15, 2014

Kaos berteknologi pada dasarnya sudah bukan barang baru lagi sampai sekarang. Beberapa orang lebih memilih fasilitas interaktif (Seperti LED), dengan menambah perangkat elektronik untuk sebuah desain sablon kaos unik. Sementara yang lain mencoba mengembangkan kaos, jauh dari fungsi awalnya sebagai penutup tubuh.

Tak hanya menjadi “kulit kedua” bagi tubuh, keberadaan pakaian saat ini difungsikan lebih karena terselip teknologi di dalamnya. Karena baru-baru ini, sebuah sablon kaos sederhana menarik perhatian banyak orang karena fungsinya dalam ajang pamer teknologi tahunan CES 2014 di Las Vegas.

Sebuah perusahaan asal Perancis adalah pihak dibalik produk unik yang satu ini. Dimana sablon kaos sederhana ini dapat mendeteksi kondisi pemakai kaos. Apakah sedang sakit, lemah, lelah atau sehat sepenuhnya.

Rahasia dibalik sifat uniknya ini terletak pada bahan baku yang digunakan. Adalah kain rajutan berbahan dasar sensor mikro adalah kunci dari semua fungsi yang dihasilkan. Dengan bahan ini, pemakai akan terdeteksi saat mengalami kelelahan dan sedang tidak sehat.

Dalam pameran CES 2014 yang dihadirkan oleh Perusahaan Perancis Cityzen Sciences ini diproduksi dengan fungsi khusus. Yakni mampu membaca panas tubuh, irama jantung gerak dan reka perubahan posisi yang dilakukan oleh sipemakai.

Menurut Gilbert Reveillon, direktur internasional Cityzen, bahan kain yang berhasil mereka ciptakan dapat diproduksi dalam berbagai jenis. Seperti sarung tangan, kemeja, celana dan jenis pakaian yang lainnya.

Ia manambahkan, dalam dunia fashion, jenis sensor yang digunakan adalah hal pertama yang pernah dilakukan. Dengan panel khsusu ini, setiap informasi yang didapat akan dipindai kedalam sebuah alat kecil bertenaga baterai. Bagian ini terselip dibalik merek baju yang dijamin tak akan mengurangi esensi desain pakaian secara keseluruhan.

Selanjutnya, untuk membaca informasi secara keseluruhan, data akan dikirim secara nirkabel ke smartphone yang telah terpasang aplikasi khusus. Dimana dalam informasinya, setelah mengumpulkan informasi kondisi tubuh, data akan mendiagnosis fisik seseoarang. Apakah sudah dalam tahap lelah, malas atau kurang sehat.

Lebih jauh lagi, alat ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi kesehatan orang yang kita sayangi secara real time. Seperti menanamnya untuk bahan kemeja yang digunakan oleh para manula. Cara ini akan dapat juga mendeteksi tingkat stress hingga bahaya serangan jantung yang mungkin saja menyerang mereka.

“Dengan alat ini, bahkan kita bisa mendeteksi gejala serangan jantung akan terjadi dalam beberapa jam kedepan, bahkan hari sebelum kejadian,” jelas Reveillon seperti dikutip dari AFP. Peralatan dan teknologi ini kedepan diharapkan akan banyak berbicara di industri kesehatan Perancis dan dunia pada umumnya.