Cara Mencuci Print Kaos agar Tahan Lama

Cara Mencuci Print Kaos agar Tahan Lama

posted by Custom on October 13, 2014

Saat kita membuat kaos desain sendiri tentu kita tidak ingin gambarnya cepat rusak dan pecah-pecah. Sebab itu perawatan dan cara memcuci print kaos yang benar sangatlah penting agar print kaos warna tersebut tidak cepat pudar. Kita bisa memastikan jenis pewarna kaos apa yang digunakan pada print kaos murah untuk lebih memastikan kualitasnya.

Sebelum mencucinya pastikan untuk bertanya apakah pewarna tersebut bisa luntur atau tidak. Biasanya print kaos berkualitas hanya akan luntur pada pencucian pertama saat catnya masih baru. Karena itu untuk pencucian pertama sampai ketiga kita harus mencucinya secara terpisah. Jika lebih dari tiga kali pencucian kaos masih luntur maka memang pewarna kaos tersebut mudah luntur sehingga harus selalu dicuci secara terpisah.

 

Langkah untuk mencuci print kaos satuan

  1. Siapkan air yang suam suam kuku pada ember karena dengan menggunakan temperature air yang tepat, warna dari print kaos custom akan lebih terjaga.
  2. Tambahkan secukupnya sabun khusus untuk kaos berwarna agar tidak membuat warna cepat luntur. Ratakan sabun dalam air dengan tangan agar larut dalam air dan tidak hanya berada di satu tempat saja. Jika kaos sampai terkena sabun yang mengumpul jadi satu, maka warnanya bisa cepat pudar karena konsentrasi sabun yang terlalu tinggi.
  3. Masukkan print kaos sampai semuanya terendam. Jika kita menyuci beberapa kaos sekaligus pastikan untuk memisahkan kaos yang berdasar putih dari kaos yang berdasar warna. Gunakan tangan untuk memutar-mutar kaos dalam ember selama 30 detik untuk memudahkan sabun merata pada kaos.
  4. Jika ada noda pada kaos kita bisa usapkan sabun secukupnya pada noda dan gosok dengan menggunakan tangan. Jangan menggunakan sikat terutama dibagian sablon kaos karena dapat merusak cetakannya. Bilas dengan air dalam ember untuk memastikan semua noda sudah bersih, ulangi dengan mendambahkan sabun jika memang belum bersih.
  5. Jika air sudah tampak keruh dan kotor setelah kita membersihkan noda di kaos, maka sebaiknya ganti dengan air dan sabun baru masih dengan cara yang sama diawal tadi.
  6. Rendam kaos dalam air selama 5 menit untuk menghilangkan bekas keringat yang mungkin menempel di bagian dalam kaos.
  7. Bilas dengan air mengalir dari keran sampai sabun bersih namun jangan memerasnya karena bisa merusakkan gambar pada kaos tersebut.
  8. Ambil handuk berukuran besar dan taruh kaos dalam keadaan terbuka diatasnya. Gulung handuk tersebut bersamaan dengan kaos sehingga kaos berada ditengahnya. Tekan-tekan sampai air dari kaos keluar, hal ini dilakukan agar gambar pada kaos tidak pecah.
  9. Gantung kaos di tempat yang berangin sampai kering. Jangan menaruhnya dibawah sinar matahari langsung.