Sablon Kaos, Print Kaos dengan harga murah, hasil sablon be

Bahan Kaos yang Sering Digunakan Untuk Sablon Kaos

posted by Custom on August 18, 2015

Bahan ini mempunyai berbagai macam jenis sesuai fungsinya. Tak sembarang bahan bisa digunakan untuk sablon baju. Jika bahan yang digunakan tidak cocok, maka hasil sablon kaos akan jelek dan bahkan mudah mengelupas. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing saat digunakan untuk sablon kaos. Salah satu cara sablon baju yang terkenal adalah sablon DTG. Sablon ini memiliki print kaos yang cukup bagus.


Inilah Bahan Kaos yang Sering Digunakan dalam Sablon Kaos

  1. Katun Combed. Bahan jenis ini terbuat dari serat kapas alami 100%. Kelebihan yang dimiliki dari jenis bahan ini adalah terletak pada teksturnya, yaitu terasa dingin, halus, dan mudah menyerap keringat sehingga sangat nyaman saat digunakan. Katun combed memiliki banyak jenis bahan kaos sesuai ketebalannya. Jenis yang sering digunakan adalah 30s, juga 24s, serta 20s yang paling disukai oleh banyak distro karena paling murah dan nyaman saat dikenakan. Pada kaos distro biasanya menggunakan print kaos jenis sablon DTG. Sablon ini memiliki printing kaos yang cukup baik dan mirip dengan sablon digital. Banyak print DGT yang dijual sehingga bisa Anda lakukan sendiri.
  2. Cardet. Bahan cardet mempunyai kualitas di bawah katun combed, karena jenis ini merupakan KW 1 dari kain katun. Serat dari cardet sedikitn kurang rapi dan halus sehingga agak kasar saat dibuat menjadi pakaian. Karena kualitas yang berada di bawah katun, pastilah harganya juga lebih murah. Bahan ini sering digunakan untuk pembuatan seragam pabrik, kaos oblong, dan masih banyak lagi. Bahan ini bisa menggunakan sablon DTG karena print DTG mempunyai kualitas rekat yang lebih bagus daripada sablon digital.
  3. Polyester. Jenis bahan ini memiliki serat benang yang lebih tipis dari kain katun, karena terbuat dari ester. Kekurangan dari jenis ini adalah teksturnya yang kasar dan tidak bisa menyerap keringat. Sehingga akan terasa panas dan tidak nyaman apabila dikenakan. Untuk menghasilkan print kaos yang baik maka digunakan sablon digital. Meskipun daya rekatnya kurang tapi printing kaos lebih praktis daripada yang lain.
  4. Teteron Cotton (TC). Bahan ini merupakan kombinasi dari polyester dan katun. Perbandingannya adalah 65 polyester dan 35 katun. Kelebihan dari kain ini adalah tidak mudah melar dan kusut, meskipun telah dipakai berkali-kali. Tetapi kain ini juga memiliki kekurangan. Kekurangannya yaitu bahan ini tidak bisa menyerap keringat dengan baik karena jenis ini didominasi bahan polyester. Sehingga kurang nyaman apabila dikenakan saat suasana panas. Printing kaos yang cocok untuk bahan ini adalah sablon digital. Jika menggunakan print DGT, maka sablon kaos yang dihasilkan akan lebih rekat.
  5. Viscose. Bahan ini lebih dikenal dengan nama rayon. Tekstur yang dimiliki hampir sama dengan kapas, yaitu lembut dan memiliki warna yang sangat cemerlang. Pada umumnya bahan ini sering digunakan sebagai penambah tingkat kenyamanan pada serat sintesis. Selain itu, bahan ini tahan dengan kelembapan yang tinggi. Harga yang dipasang untuk bahan ini cukup mahal karena melihat dari kesan mewah yang diberikan. Ditambah dengan print kaos yang membuatnya lebih mahal. Mungkin bahan ini akan lebih cocok dengan sablon DTG karena bahannya yang hampir mirip dengan kapas sehingga memerlukan sablon kaos yang lebih rekat.
  6. Cotton Viscose (CVC). Bahan ini merupakan kombinasi dari 55 persen katun combed dan 45 persen dari bahan viscose. Bahan ini cukup nyaman saat dikenakan karena perpaduannya lebih banyak mengandung katun combed yang mudah menyerap keringat. Selain itu, karena lebih banyak mengandung katun maka lebih cocok menggunakan sablon DTG. Sehingga sablon baju akan lebih rekat menggunakan print DTG.
  7. Hyget. Bahan ini terbilang sangat murah karena terbuat dari plastik. Dengan harga yang murah maka kualitasnya pun juga kurang. Terasa kurang nyaman saat dikenakan. Hyget sangat cocok bila menggunakan sablon digital. Namun jika Sablon baju yang digunakan untuk jenis ini memiliki kualitas printing kaos yang rendah maka akan miss. Bahan ini sering digunakan untuk keperluan kampanye pemilu. Sehingga kurang cocok jika menggunakan sablon DTG yang mempunyai harga lebih mahal. Dan print kaos yang lebih bagus.

Selain bahan, print kaos juga perlu diperhatikan untuk menghasilkan baju yang berkualitas. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita tentang sablon kaos sehingga memudahkan kita untuk menjadi pemula di bidang ini.