Tips Memilih dan Merawat Kaos Sablon DTG

Tips Memilih dan Merawat Kaos Sablon DTG

posted by Custom on October 12, 2015

Sekarang ini yang sedang popular di kalangan para remaja adalah sablon kaos karena mereka ingin tampil beda dengan yang lainnya. Banyak sekali jasa sablon yang ditawarkan di masyarakat mulai dari sablon kaos ataupun sablon baju baik secara manual maupun dengan print DTG. Namun yang sekarang lagi naik daun adalah sablon Direct to Garment (DTG) karena lebih efektif, cepat, dan lebih ekonomis. Sehingga bisnis sablon DTG ini merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan.


Tips-Tips Memilih Jenis Kain dan Merawat Pakaian Sablon Kaos

Bisnis sablon DTG lebih menjanjikan dari pada bisnis sablon manual. Banyak konsumen yang lebih memilih sablon jenis ini karena hasil gambar printing kaos lebih bagus dan tidak membutuhkan waktu yang lama yaitu sekitar 7-10 menit aja. Untuk para konsumen yang ingin menyablon kaos dengan menggunakan jasa sablon digital, sebaiknya mengatahui bagaimana cara memilih kaos yang baik sehingga hasil printing kaos dapat maksimal. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih kaos untuk sablon DTG:

  1. Memilih kain yang berserat baik dan rata untuk print kaos. Untuk sablon digital sebaiknya menggunakan bahan kain dari katun combed karena lebih bagus dan rata sehingga gambar yang tercetak dengan print DTG diatasnya dapat lebih rapi dan tidak pecah, selain itu warna dari gambar sablon kaos akan semakin bagus dan cerah.
  2. Memilih warna yang terang. Warna terang dapat memberikan efek yang lebih bagus pada gambar printing kaos dari pada warna yang gelap. Warna gelap dapat memberikan kesan agak suram dan menumpuk pada gambar sablon DTG karena gambar print kaos tidak terlihat dengan jelas. Namun, meskipun telah menggunakan warna terang hindarilah menggunakan gambar pada print kaos dengan terlalu banyak variasi warna karena terkesan ramai.
  3. Memilih bahan yang nyaman. Pilihlah bahan yang dingin, tidak mudah luntur dan juga dapat menyerap keringat sehingga nyaman dipakai dan gambar hasil print DTG lebih awet.

 

Bagaimana cara merawat kaos sablon yang benar? Ada beberapa tips merawat kaos hasil sablon DTG yaitu:

1. Tips pencucian

Ada beberapa tips dalam mencuci pakaian hasil sablon menggunakan print kaos yaitu:

  • Memisahkan pakaian yang hasil sablon digital yang berbeda warna untuk menghindari terjadinya kelunturan pada printing kaos.
  • Jangan rendam lebih dari 30 menit karena dapat merusak serat kain pada sablon kaos maupun sablon baju.
  • Pilihlah detergen yang tidak banyak mengandung zat kimia
  • Usahakan mencuci dengan menggunakan tangan, hindarilah menggosok menggunakan sikat karena dapat merusak gambar print DTG.

2. Tips pengeringan

Ada beberapa tips mengeringkan pakaian hasil sablon menggunakan print kaos yaitu:

  • Jangan menjemur dibawah matahari langsung karena dapat merusak warna sablon baju.
  • Jika terik matahari sangat menyengat maka cukup angin-anginkan saja.

3. Tips pensentrikaan

Ada beberapa tips menyetrika pakaian hasil sablon menggunakan print kaos yaitu:

  • Gunakan ukuran panas yang sedang pada setrika.
  • Lapisi gambar sablon dengan kain atau kertas ketika menyetrika untuk menghindari pecahnya gambar atau terkelupasnya gambar sablon baju.

Itulah beberapa tips dalam merawat pakaian hasil sablon DTG dan cara memilih bahan yang tepat untuk sablon kaos.