Bagaimana Cara Proses Sablon Kaos DTG yang Benar?

Bagaimana Cara Proses Sablon Kaos DTG yang Benar?

posted by Custom on October 22, 2015

Sablon kaos adalah salah satu fashion yang banyak dilirik oleh masyarakat khususnya para remaja karena mereka ingin tampil beda dengan lainnya. Banyak sekali berbagai jenis sablon kaos dan sablon baju yang ada dipasaran yaitu sablon manual, sablon digital dan print kaos dengan DTG . Setiap jenis printing kaos memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, namun yang paling populer saat ini adalah sablon DTG karena memiliki kualitas hasil sablon terbaik jika dibandingkan dengan sablon manual dan sablon digital, selain itu sablon DTG ini juga memiliki kelebihan dalam waktu penyablonan print kaos yang relatif singkat meskipun digunakan dalam jumlah yang besar.


Inilah Proses Sablon Kaos Menggunakan Sablon DTG

Bagimana proses sablon DTG pada sablon baju dan kaos? Berikut adalah informasi seputar proses sablon DTG:

  1. Menggunakan printer khusus. Dalam proses sablon ini menggunakan printer modern khusus garmen yang menggunakan cartridge khusus tinta garmen untuk print kaos. Keunggulan dari penggunaan mesin ini yaitu dapat menyablon dalam waktu yang relatif singkat sehingga banyak konsumen yang memilih sablon jenis ini karena dapat menghemat waktu, selain itu penggunaan printer jenis ini dapat menghemat biaya sablon baju jika dibandingkan dengan sablon digital karena tidak perlu untuk menggunakan media transfer paper yang dapat menambah pengeluaran.
  2. Menggunakan tinta khusus garmen. Tinta yang digunakan dalam jenis sablon kaos ini yaitu menggunakan tinta khusus garmen yang memiliki banyak keunggulan yaitu memiliki daya rekat yang kuat, tidak mudah pudar, dan hasil warna print kaos lebih jelas sehingga hasil printing kaos tidak mudah pecah dan lebih tahan lama.
  3. Proses sablon DTG sangat mudah. Proses sablon ini sangat mudah yaitu cukup duduk manis dan memasukkan desain gambar pada komputer dan memasukkan kaos pada mesin sablon karena proses penyablonan tidak membutuhkan proses pengepresan, persiapan plat, dan proses pengeringan. 


Kelebihan dan Kekurangan Sablon Print DTG

Kelebihan:

  • Hasil print DTG memiliki kualitas terbaik dari jenis sablon lainnya.
  • Biaya print kaos relatif murah karena tidak lagi membutuhkan media transfer paper seperti sablon digital.
  • Hasil sablon kaos ini memiliki daya rekat yang sangat kuat sehingga printing kaos tidak mudah pecah meskipun dicuci secara berulang-ulang dan lebih awet.
  • Proses penyablonan satu kaos hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit saja, sehingga dapat digunakan untuk menyablon dalam jumlah besar dengan waktu yang singkat.
  • Kualitas hasil gambar dan warna sablon baju dan kaos sangat bagus dan jelas jika dibandingkan dengan jenis sablon lainnya.
  • Memiliki banyak variasi desain pada hasil sablonnya karena penyablon dapat merancang gambar desainnya kedalam komputer kemudian diproses dalam mesin sablon.
  • Kemungkinan terjadinya salah cetak pada hasil print kaos sangat rendah.

Kekurangan:

  • Harga mesin print DTG cukup mahal jika dibandingkan dengan mesin sablon lainnya.
  • Untuk printing kaos warna gelap maka hasil print DTG kurang maksimal karena kurang jelas warna pada gambarnya.

Itulah beberapa informasi seputar sablon kaos dengan menggunakan sablon DTG yang sekarang ini sedang banyak diminati oleh masyarakat luas.