Jenis Sablon DTG: Dasar Tinta Putih dan Tanpa Tinta Putih

Jenis Sablon DTG: Dasar Tinta Putih dan Tanpa Tinta Putih

posted by Custom on November 12, 2015

Sablon kaos merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan karena banyak remaja yang membutuhkan jasa print kaos untuk menunjang trend fashion mereka. Ada beberapa sablon kaos dan sablon baju yang telah berkembang di masyarakat yaitu sablon manual, sablon digital, dan yang paling terbaru adalah sablon DTG. Banyak konsumen yang lebih memilih menggunakan jasa sablon DTG dari pada sablon digital apalagi sablon manual karena hasil sablon ini memiliki kualitas yang paling bagus dari segi warna, daya rekat, dan waktu pengerjaan print DTG paling singkat jika dibandingkan dengan jenis printing kaos lainnya.


Perbedaan Dasar Tinta Putih dan Tanpa Dasar Tinta Putih Pada Sablon Kaos Jenis DTG

Sablon DTG merupakan jenis sablon digital yang langsung pada kaos dan tanpa menggunakan media transfer paper seperti sablon digital biasanya. Jenis sablon ini banyak diburu oleh konsumen karena semua warna dan desain gambar yang diinginkan konsumen dapat disablon dengan mesin print DTG ini.

Dalam proses sablon kaos dan sablon baju ini biasanya mengunakan dua cara yang berbeda yaitu sablon dengan tinta putih dan sablon tanpa menggunakan tinta putih. Bagaimana penjelasan kedua proses print DTG itu? Berikut adalah penjelasan proses printing kaos menggunakan dasar tinta putih dan sablon tanpa dasar tinta putih pada print kaos.

1. Sablon DTG menggunakan dasar tinta putih

Maksudnya adalah proses penyablonan pada kaos terlebih dahulu diberi dasar tinta warna putih sebelum memberikan desain gambar dan warna. Ada beberapa perbedaan yang dapat dilihat jika menggunakan dasar tinta warna putih pada proses sablon yaitu:

  • Hasil sablonnya timbul seperti hasil sablon manual sehingga tidak tahan panas jika disetrika. Sehingga hasil print kaos tidak tahan lama jika dibandingkan dengan sablon tanpa menggunakan dasar tinta warna putih karena print DTG langsung menyerap pada serat kain.
  • Kemungkinan terjadinya perubahan pada warna gambar printing kaos sangat minim karena adanya dasar warna putih pada bahan sablon kaos dan sablon baju.
  • Biaya untuk print kaos menggunakan dasar warna putih relatif lebih mahal karena harga tinta putih yang dipakai cukup mahal dan membutuhkan proses yang agak lama dalam coating treatment.

    

2. Sablon DTG tanpa menggunakan dasar tinta putih

Maksudnya adalah proses penyablonan tanpa menggunakan dasar warna putih sehingga penyablonan langsung melekat pada serat kain. Ada beberapa perbedaan jika proses penyablonan tanpa menggunakan dasar tinta putih yaitu:

  • Hasil sablon DTG tidak timbul karena tinta yang digunakan untuk printing kaos langsung meresap pada serat kain.
  • Hasil print kaos tahan panas jika disetrika sehingga tidak lengket dan lebih awet.
  • Jika menggunakan warna putih pada desain gambar sablon maka warna tersebut tidak akan tercetak dengan jelas dan akan menjadi warna dasar pada hasil print kaos.
  • Kemungkinan terjadinya perubahan warna gambar sangat sangat besar jika menggunakan bahan kaos yang berwarna selain putih dan hasil sablonnya dipengaruhi oleh bahan kaos yang digunakan.

Itulah beberapa informasi seputar sablon kaos dan sablon baju jenis DTG yang menggunakan dasar tinta warna putih dan tanpa dasar tinta warna putih.