Kumpulan artikel print kain - 1

Berbagai Macam Motif Print Kain Makin Populer

posted by Custom on April 20, 2016

Berbagai macam motif print kain makin populer saat ini. Perkembangan fashion dimulai akhir-akhir ini. Dahulu, gaya pakaian dan motif pakaiannya masih sangat kurang. Kita hanya bisa menjumpai motif sablon kain polos atau pun sederhana sehingga kurang menarik. Berbeda dengan keadaan fashion sekarang yang makin beragam.


Inilah Berbagai Macam Motif Print Kain Makin Populer

Dahulu sulit bagi kita untuk menemukan motif dengan desain yang terbatas. Pakaian yang kita miliki bisa saja dimiliki oleh orang lain karena motif kain tersebut dibuat sama. Oleh karena itu, kita pasti mudah menemukan orang dengan pakaian yang sama. Dengan perkembangan fashion seperti sekarang ini, kita tidak perlu khawatir jika ingin memiliki pakaian dengan motif yang terbatas sehingga tidak banyak orang yang menyamainya. Perkembangan tidak hanya sampai di situ saja. Teknologi yang semakin canggih memunculkan berbagai mesin atau alat yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan para pegawai atau pembuat kain. Salah satunya adalah print kain. Melalui alat ini, kita bisa mencetak desain yang telah kita buat dari komputer sehingga hasilnya bisa sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Motif sablon kain kali ini adalah salah satu unsur yang menarik untuk diketahui karena adanya motif di atas kain yang membuat busana menjadi tidak membosankan dan lebih indah untuk dipandang. Terdapat beberapa motif yang terkenal di kalangan masyarakat, diantaranya adalah strip dan polkadot. Terkadang dengan pemilihan motif yang tepat dapat menutupi kekurangan yang ada di tubuh kita. Bagi Anda yang mempunyai tubuh gemuk dinjurkan untuk mengenakan pakaian dengan motif bergaris vertikal agar terlihat lebih langsing. Bagi Anda yang menekuni bidang fashion ini harus mengetahui atau menemukan inovasi-inovasi lain untuk memajukan produk Anda. Mengingat jika perkembangan fashion terus berkembang yang membuat banyak pebisnis lainnya juga gencar dengan berbagai inovasi sablon kain.

Inovasi terbaru yang muncul adalah kombinasi motif kain dengan batik. Dahulu, motif batik hanya dipakai oleh orang tua atau untuk pakaian kebaya. Namun, sekarang ini bayak anak muda yang senang ketika mengenakan pakaian dengan motif batik. Hal ini dikarenakan banyak desaigner yang membuat pakaian batik dengan lebih modern dan keren. Bahkan dikombinasikan dengan motif animasi agar lebih atraktif. Perubahan atau inovasi motif batik ini tidak hanya melestarikan kebudayaan Indonesia tapi juga mengenalkan kebudayaan Indonesia ke kancah internasional. Sekarang ini, motif batik ini sudah meluas ke negara lain, bahkan banyak masyarakat luar negeri yang menyukai dengan desain dan motif ini.

Hal ini bisa dilakukan sebagai contoh sablon kain. Sembari kita mengikuti perkembangan fashion kita juga bisa berinovasi dengan kombinasi warisan budaya agar masyarakat Indonesia kembali bangga dengan kebudayaan yang dimiliki. Demikian berbagai macam motif print kain makin populer.

Read more...

Cara Memilih Jasa Print Kain Murah Dan Berkualitas

posted by Custom on April 20, 2016

Saat ini print kain banyak diminati oleh sebagian besar orang dimasyarakat karena variasi motif yang ditawarkan sangat menarik. Kain merupakan bahan utama pembuatan pakaian yang dapat menunjang penampilan seseorang. Motif printing kain yang keren dan menarik mampu menyedot perhatian sehingga mampu memberikan rasa percaya diri orang yang memakainya. Jadi tak heran jika saat ini jasa sablon kain semakin menjamur dimasayarakat.


Jasa Print Kain Murah Berkualitas

Saat ini banyak sekali motif kain dengan berbagai variasi tema dan warna yang beranekaragam sehingga mampu menyedot perhatian masyarakat. Hal inilah yang menjadi dasar jasa print kain semakin menyebar di masyarakat luas. Sebagian besar jasa sablon kain menawarkan berbagai macam motif kain yang dapat mereka buat yang dikombinasikan dengan warna-warna yang cantik dan menarik.

Persaingan dalam dunia jasa sablon kain semakin meningkat tajam seiring dengan meningkatnya minat masyarakat dengan kain bermotif, sehingga banyak jasa printing kain melakukan berbagai strategi jitu untuk menarik para pelanggan mereka. Beberapa strategi yang mereka terapkan diantaranya adalah:

  • Menawarkan berbagai motif kain yang menarik dan unik, mulai dari biasa, motif batik hingga motif vintage.
  • Menawarkan kualitas sablon kain yang baik.
  • Memberikan harga yang terjangkau bahkan juga memberikan potongan harga bagi konsumen yang menggunakan jasa print dalam jumlah yang besar.

Salah satu daya tarik utama jasa printing kain yaitu harganya yang terjangkau sehingga banyak diantara jasa print yang melakukan perang harga. Sebagai konsumen yang cerdas kita harus dapat memilih jasa print yang bagus dan berkualitas serta harganya terjangkau. Jangan sampai kita terjebak dengan harga murah tanpa memperhatikan kualitas print yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih jasa print yang murah dan berkualitas:

  • Memperhatikan print kain yang telah dihasilkan. Hasil print yang berkualitas memiliki ketajaman yang lebih tinggi dari segi warna maupun gambar motifnya.
  • Alat yang digunakan. Sebaiknya pilih jasa print yang menggunakan alat modern karena hasilnya lebih bagus dan minim kesalahan.
  • Bahan yang digunakan. Hasil printing kain berkualitas menggunakan bahan yang bagus dan berkualitas juga sehingga lebih awet dan tahan lama.
  • Kepercayaan masyarakat. Jasa print yang bagus dan berkualitas akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, hal ini dapat dilihat dari berbagai testimoni konsumen yang telah menggunakan jasa print tersebut.
  • Harga. Harga yang tinggi tidak menjamin kualitas print bagus, hal ini juga berlaku sebaliknya. Jadi sebaiknya pilihlah jasa print yang memberikan kualitas bagus dan harganya cukup terjangkau sesuai dengan budget yang dimiliki.

Demikian informasi seputar jasa print kain yang saat ini telah menjamur di masyarakat seiring dengan meningkatnya jumlah permintaan akan kain bermotif.

Read more...

Ide Printing Kain Dengan Motif Kain Jepang atau Korea

posted by Custom on April 20, 2016

Ide printing kain dengan motif kain Jepang atau Korea. Perkembangan fashion semakin menampakkan inovasinya. Dua negara yang menjadi kiblat fashion adalah Jepang dan Korea. Masyarakat Jepang dan Korea memiliki gaya berpakaian yang keren dan menarik. Hal inilah yang membuat peluang bisnis motif kain ini.


Inilah Ide Printing Kain Dengan Motif Kain Jepang atau Korea

Perkembangan fashion membuat motif print kain terus berkembang. Berbeda dengan zaman dahulu dimana motif kainnya hanya polos dan sederhana saja. Namun, sekarang ini kita bisa menemui berbagai motif kain, bahkan tidak hanya motif sablon kain lokal tetapi motif internasional juga bisa masuk ke dalam Indonesia, seperti Jepang dan Korea. Seperti yang kita tahu, jika di kedua negara itu memiliki perkembangan fashion yang sangat maju.

Kain yang mempunyai motif ini adalah motif print kain harajuku orang Jepang ataupun orang Korea. Pada waktu yang lalu kain motif Korea atau Jepang ini telah menajdi trend yang digemari oleh banyak orang karena motifnya memiliki keunikan tersendiri bagi orang Indonesia. Terdapat motif bunga-bunga kecil yang menunjukkan identitas dengan penggunaan kain sutera. Bahkan, motif ini tidak hanya terkenal pada zaman dahulu saja. Sekarang ini masih banyak orang yang menyukai motif sablon kain ini, baik para penggemar baju kimono maupun orang-orang etnis tionghoa.

Kain motif Korea dan Jepang lebih sering dikenakan oleh para perempuan sebagai busana dengan tambahan kancing siangkai sebagai hiasannya. Memanglah pakaian ini sangat cocok dikenakan untuk busana perempuan. Setiap perempuan yang mengenakannya pasti terlihat lebih cantik, elegant, dan menarik. Meskipun print kain ini sangat indah dikenakan oleh perempuan, bukan berarti motif sablon kain ini tidak boleh dikenakan oleh pria. Sah-sah saja jika seorang pria ingin mengenakan motif ini sebagai baju khas mereka. Bahkan dengan mengenakan motif ini, seorang pria akan terlihat lebih keren dan halus sehingga dapat memikat banyak orang.

Perkembangan zaman bahkan membuat motif print kain ini bisa dikombinasikan atau dimodifikasi dengan berbagai motif yang lain sehingga terlihat lebih indah. Hal ini bisa kita lihat dari pakaian gamis yang sering digunakan oleh perempuan sebagai baju muslim. Motif kain Jepang dan Korea ini membuat tampilan gamis menjadi lebih menarik.

Satu hal yang perlu kita ingat, meskipun kita mengenakan motif sablon kain Jepang dan Korea, akan lebih baik jika kita tidak meninggalkan apa yang telah dimiliki. Artinya, kita bisa mengombinasikan dengan kebudayaan atau gaya berpakain agar tidak kehilangan identitas negara Indonesia. Berbagai ide printing kain bisa kita dapatkan dengan banyak membaca buku-buku desain, melihat pertunjukkan model, atau sekedar keluar rumah mencari pemandangan. Dengan melihat pemandangan di luar rumah, kita bisa menemukan banyak hal yang bisa diolah menjadi sebuah ide. Demikian ide printing kain dengan motif kain Jepang atau Korea.

Read more...

Macam Ide Sablon Kain Motif yang Digemari Anak

posted by Custom on April 20, 2016

Macam ide sablon kain motif yang digemari anak. Sasaran bisnis kain motif tidak melulu untuk anak muda atau orang dewasa. Sebenarnya, anak-anak merupakan konsumen yang bisa diandalkan. Hal ini dikarenakan anak-anak mudah tertarik dengan produk-produk yang ia suka, seperti sablon dengan berbagai karakter kartun.


Inilah Macam Ide Sablon Kain Motif yang Digemari Anak

Pada saat ini banyak sekali macm-macam motif yang sering digunakan oleh anak-anak, bahkan bisa juga dikenakan pada orang tua atau dewasa dimana setiap motif memiliki kesan yang berbeda-beda. Saat ini, kita akan membahas tentang motif printing kain untuk anak-anak. Sebagian besar orang tua merasa kebingungan saat memilihkan motif kain untuk anak-anaknya. Tidak jarang orang tua salah dalam memilihkan motif kain yang tepat untuk anak-anak, mereka jutsru memilihkan motif print kain yang diperuntukkan bagi orang tua. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui bagaimana memilih motif kain yang tepat untuk anak-anak.

Inilah motif print kain untuk anak-anak yang tepat:

  1. Motif bunga. Bunga sering diidetikkan dengan perempuan. Hal ini dikarenakan sebagian besar perempuan menyukai motif printing kain bunga-bunga. Motif ini juga bisa dijadikan alternatif bagi orang tua dalam memilihkan pakaian atau kain untuk anaknya. Apabila anak-anak mengenakan pakaian dengan motif bunga-bunga maka mereka akan terlihat lebih lucu dan ceria. Namun, kita juga harus memperhatikan bagaimana print kain bunganya. Pilihlah motif bunga dengan warna yang cerah yang mewakili keceriaan anak-anak. Selain itu, pastikan jika motif bunga tidak terlalu dewasa.
  2. Motif animasi. Seperti yang kita tahu jika sebagian besar anak-anak menyukai gambar animasi. Banyak film kartun yang ada di Indonesia, seperti Frozen, Masha, Spongebob, Cars dan lain sebagainya. Animasi inilah yang bisa dibuat untuk motif printing kain anak-anak. Mereka pasti menyukai motif ini karena sesuai dengan kesukaan mereka. Pilihlah motif animasi sesuai karakter kartun yang disukai atau sering ditonton sehari-hari.
  3. Motif polos. Motif print kain ini sangatlah aman dikenakan oleh siapa saja karena cocok untuk semua kalangan. Selain itu, dengan motif polos ini, kita bisa mengombinasikannya dengan berbagai item pakaian yang lain. Meskipun demikian, kita masih bisa membuat tampilan sang anak menjadi lebih menarik dengan pemilihan warna yang tepat. Anak-anak memiliki jiwa yang semangat sehingga sangat cocok menggunakan pakaian dengan warna terang. Hindarilah pemilihan warna yang gelap, seperti hitam.

Ketiga motif printing kain ini bisa dijadikan pilihan untuk dikenakan pada anak-anak. Sebelumnya, kita bisa memastikan acara atau kegiatan apa yang akan dilakukan sehingga apa yang dikenakan sesuai dengan acaranya. Yang paling penting adalah kenyaman sang anak ketika mengenakan pakaian tersebut. Barulah bisa memilih motif yang sesuai dengan kesukaannya. Demikian macam ide sablon kain motif yang digemari anak.

Read more...

Print Kain Desain Frozen Kegemaran Anak

posted by Custom on April 20, 2016

Print kain desain Frozen kegemaran anak bisa dijadikan produk unggulan yang menarik banyak konsumen, khususnya anak. Seperti yang kita tahu jika anak sangat menyukai tokoh-tokoh kartun, salah satunya adalah Frozen. Baru-baru ini film Frozen mampu memikat hati anak-anak untuk menontonnya sehingga bisa dijadikan peluang usaha sablon kain.


Inilah Print Kain Desain Frozen Kegemaran Anak

Tak heran jika anak-anak lebih menyukai film animasi daripada film dengan orang yang sesungguhnya. Bahan mereka menganggap animasi yang mereka lihat adalah idola. Karena kesukaan yang berlebih inilah membuat anak-anak ingin sering-sering melihat karakter tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan gambar tokoh kartun sebagai printing kain atau barang-barang mereka.

Tak asing bagi kita dengan kata Frozen. Baru-baru ini ada film cartoon yang disukai oleh banyak orang, yaitu Frozen. Anak-anak, khususnya perempuan sangat menyukai film tersebut. Hal ini membuat karakter Frozen sangat terkenal dikalangan anak-anak. Mengetahuinya, para pelaku bisnis melihat peluang besar untuk memanfaatkan karakter tersebut untuk dijadikan sebagai motif print kain. Sekarang ini, tak sulit bagi kita untuk menemui berbagai produk dengan motif sablon kain tokoh kartun ini seperti bed cover, sarung bantal, tas, sepatu, hingga sablon dalam kaos. Selain motifnya yang disukai, kita juga harus memperhatikan apakah bahan memberikan kenyamanan kepada anak saat dikenakan.

  1. Kaos. Tokoh Frozen semakin terkenal karena digunakan pada berbagai barang. Salah satunya adalah di kaos. Kaos sering menggunakan berbagai tokoh kartun untuk menarik minat anak-anak pada printing kain tersebut. Seperti yang kita tahu jika anak-anak menyukai berbagai tontonan atau film kartun sehingga mereka sangat mengidolakannya. Selain itu, anak-anak memiliki aktivitas yang banyak sehingga ia membutuhkan sablon kain yang nyaman dan dapat menyerap keringat.
  2. Denim. Bahan ini juga tidak ketinggalan untuk diterapkan karakter kartun ini. Pastinya kita sering melihat bahan ini dengan desain printing kain cartoon Frozen yang dipakai oleh anak-anak, khususnya perempuan. Hal ini dikarenakan bahan denim cukup ringan dan lembut ketika dikenakan sehingga menimbulkan rasa nyaman.
  3. Katun. Seperti kaos, katun juga merupakan salah satu media yang sering digunakan sablon kain. Katun memiliki bahan yang sangat nyaman karena dapat menyerap keringat. Bahkan sablon kain ini sering digunakan oleh distro-distro karena banyaknya penggemar yang menginginkannya.

Ketiga pilihan tersebut dapat dijadikan alternatif bagi orang tua dalam memilihkan pakaian untuk buah hati mereka. Tak perlu heran jika seorang anak akan mudah tertarik dengan pakaian bermotif animasi, khususnya animasi yang sedang terkenal. Selain motif printing kain, sebaiknya kita memilih dengan pertimbangan bahan kainnya juga. Karena hal ini bersangkutan dengan kenyamanan anak-anak dalam mengenakan pakaian. Pilihlah bahan kain yang lembut dan halus serta dapat menyerap keringat dengan mudah agar memberikan kenyamanan bagi sang anak. Demikian print kain desain Frozen kegemaran anak.

Read more...

Trend Motif Print Kain 2016 yang Populer

posted by Custom on April 20, 2016

Di zaman modern ini, pakaian merupakan salah satu kebutuhan penting bagi seseorang. Terlepas dari hakekatnya sebagai kebutuhan primer dalam hidup, pakaian sudah berkembang menjadi fashion yang dapat menunjang kepercayaan diri seseorang. Cara berpakain seseorang juga menjadi faktor penting dalam mencerminkan kepribadian seseorang. Oleh sebab itu, pakaian dapat mempengaruhi penilaian orang lain terhadap diri kita sendiri.


Inilah 3 Trend Motif Print Kain 2016

Pada di tahun 2016 ini, trend fashion sangat mencuri perhatian orang-orang. Salah satu trend fashion yang sangat menarik adalah motif pada kain pakaian yang digunakan. Pembuatan motif kain yang banyak digunakan adalah dengan teknik printing kain. Teknik printing ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan sablon kain lainnya. Perbedaannya adalah, teknik print kain ini menggunakan mesin yang lebih modern, jadi bukan dengan cara manual seperti pada pembuatan motif kain tulis.

Fashion dengan menggunakan pakaian bermotif memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Adanya motif dalam pakaian yang dikenakan dapat menghilangkan kesan sepi dan polos. Apalagi dengan teknik print kain ini, dapat memberikan corak tersendiri yang memiliki kesan khusus. Trend fashion dengan print kain yang sedang banyak dicari dan digemari adalah motif sablon kain batik. Motif batik ini semakin diminati karena semakin gencarnya perasaan imgin melestarikan budaya Indonesia. Selain itu, batik juga dianggap dapat memberi kesan elegan dan lebih berwibawa bagi pemakainya. Selain motif batik, trend 2016 juga menghadirkan beberapa motif sablon kain keren lainnya, diantaranya sebagai berikut:

  1. Printing kain jersey. Motif printing kain jersey sangat banyak digunakan dikalangan pecinta olahraga. Jersey digunakan untuk menciptakan ciri khusus dari suatu komunitas yang diikuti. Misalnya saja kaos dengan kain jersey klub sepak bola tim Barcelona atau klub bola lainnya. Tidak hanya untuk komunitas sepak bola saja, jersey juga banyak digunakan oleh tim basket, atau komunitas-komunitas lainnya yang memerlukan design eksklusif.
  2. Printing kain kanvas. Penggunaan printing kain kanvas adalah salah satu trend fashion yang dapat dikenakan secara fleksibel dalam berbagai macam acara, misalnya saja acara dengan konsep musim dingin ataupun musim panas. Selain dipakai sebagai media lukisan, tas, aksesoris atau sejenisnya, ternyata kanvas juga dapat digunakan sebagai media pembuatan jaket, celana atau baju militari dan sebagainya.
  3. Printing kain katun. Jenis printing kain katun memang sangat diminati oleh banyak orang. Selain dikarenakan bahan kain katun itu sendiri, motif printing kain pada bahan katun yang ditawarkan pun juga sangat diminati. Karena motif print kain katun memiliki gambar yang beraneka ragam dan tahan lama, mulai dari motif yang simple dan biasa dengan kesederhanaannya tanpa terlihat terlalu meriah hingga motif yang lucu dan motif sablon kain dengan tingkat kerumitan yang tinggi.

Demikian tadi beberapa trend motif printing kain 2016 yang amat populer saat ini.

Read more...

Trend Print Kain Polyster Di Masyarakat

posted by Custom on April 20, 2016

Salah satu trent print kain yang banyak bermunculan dimasyarakat adalah print polyster. kain polyster merupakan kain yang rentan terhadap panas sehingga membutuhkan perawatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kain lainnya. Jenis kain ini banyak digunakan untuk pembuatan tas, dompet, dan lainnya sehingga jasa printing kain polyster banyak dilirik oleh masyarakat. Hal ini menyebabkan semakin banyaknya jasa sablon kain polyster yang mulai bermunculan di masyarakat sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan.


Mengapa Print Kain Polyster Begitu Keren?

Kain polyster merupakan jenis kain yang membutuhkan perawatan lebih tinggi karena rentan terhadap panas, selain itu dalam proses printnya juga membutuhkan kemampuan yang lebih tinggi. Beberapa jenis kain yang terbuat dari polyster diantaranya adalah canvas, jersey, organdy, siffon, dry fit, shantung, velvet, satin, dan masih banyak lainnya.

Saat ini jasa print kain banyak dicari masyarakat karena kain jenis ini banyak digunakan sebagai dompet, tas, dan masih banyak lainnya yang banyak diminati oleh masyarakat. Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap barang-barang yang terbuat dari kain polyster maka semakin besar peluang bisnis dalam jasa sablon kain polyster.

Jasa cetak polyster semakin menajmur di masyarakat sehingga persaingan dalam usaha ini cukup ketat. Hal ini menyebabkan para pemilik jasa print kain polyster melakukan berbagai inovasi untuk menarik minat konsumen, salah satunya yaitu dengan memberikan harga yang rendah. Sebagai konsumen yang cerdas kita harus pandai memilih jasa printing kain polyster berkualitas dengan harga yang terjangkau. Berikut adalah cara memilih jasa cetak kain polyster yang tepat:

  • Memperhatikan hasil cetak kain polyster. Jasa sablon kain polyster berkualitas dalam dilihat dari hasil cetakan yang mereka buat. Hasil print yang berkualitas yaitu memiliki ketajaman dan kecerahan yang tinggi.
  • Banyak pilihan motif. Jasa printing kain polyster berkualitas akan memberikan berbagai macam motif dengan variasi warna yang unik dan menarik yang dapat dipilih langsung oleh konsumen. Motif yang disediakan mulai dari motif sederhana hingga motif kompleks.
  • Teknologi yang digunakan. Jasa sablon kain polyster yang berkualitas menggunakan teknologi canggih untuk menjamin kualitas cetakan. Teknologi canggih yang biasa digunakan dalam cetak polyster, yaitu dengan teknologi digital yang dibagi dalam dua macam tergantung dari jenis kain yang akan dicetak. Cara pertama yaitu dengan cetak langsung pada kain dan cara yang kedua yaitu dengan menggunakan transfer paper terlebih dahulu sebelum cetak dalam kain.
  • Harga. Tingginya harga yang ditawarkan oleh jasa cetak polyster tidak menjamin kualitas yang bagus. Sebaiknya pilihlah jasa printing kain polyster yang menawarkan harga terjangkau tetap bisa memiliki kualitas yang baik.

Demikian informasi seputar trent print kain polyster yang semakin menjamur dimasyarakat sehingga jasa cetak polyster juga semakin meningkat tajam.

Read more...

Usaha Printing Kain Digital yang Makin Marak

posted by Custom on April 18, 2016

Usaha printing kain digital yang makin marak digeluti dan diminati oleh banyak orang. Sekarang ini, berbagai usaha mulai muncul dari berbagai bidang, termasuk dalam dunia fashion. Terlebih kini, perkembangan fashion terjadi secara internasional sehingga kita bisa mengikuti trend fashion di negara lain, seperti sablon kain.


Inilah Usaha Printing Kain Digital yang Makin Marak

Perkembangan zaman membuat berbagai sektor juga mengalami perkembangan, termasuk teknologi dan fashion. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuat bisnis yang menguntungkan sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidup. Sekarang ini, perkembangan pesat terjadi pada fashion yang membuat banyak produsen pembuat baju dengan berbagai model. Dahulu, baju atau kaos hanya dibuat dengan motif sablon kain polos dan motif sederhana, seperti garis, polkadot dan lain sebagainya. Apabila motif ini tidak berkembang maka akan terjadi kebosanan dalam tampilan. Oleh karena itu, inovasi muncul dengan usaha printing kain digital yang dapat membuat baju atau kaos dengan desain yang kita inginkan.

Bagi kita yang ingin membuka usaha di dunia fashion, maka kita harus tahu tentang print kain desain digital. Metode ini sedang marak diminati. Sekarang ini, tidak hanya baju dan kaos yang bisa kita hasilkan dari suatu kain. Berbagai macam perabotan rumah atau alat juga memanfaatkan kain, seperti tas, sepatu, taplak meja dan lain sebagainya. Pemilihan kain pada benda-benda ini akan membuat tampilannya lebih menarik. Kita bisa memiliki motif polos atau motif yang beraneka ragam.

Beberapa motif dibuat dengan cara tradisional seperti sablon kain dan ada juga yang menggunakan  print kain desain. Cara ini lebih fokus pada precetakan motif atau desain kain dengan teknologi komputer. Jadi, tidak heran jika apa yang dihasilkan pun bervariasi motifnya, mulai dari motif yang sederhana sampai motif yang paling rumit, layaknya batik. Selain itu, cara ini juga memiliki kelebihan lain yakni dapat membantu usaha tekstil kecil yang sebagian besar bingung karena modal usahanya yang besar sehingga bisa digunakan untuk perluasan atau ekspansi bisnis. Cara ini juga tidak membatasi berbagai desain motif seperti sablon kain. Kita bisa membuat berbagai macam motif yang kita inginkan.

Namun, kita juga perlu memperhatiakn sumber daya manusia yang ada. Percuma jika teknologi print kain sudah canggih tetapi sumber dayanya tidak memadai, lalu siapa yang akan menjalankan teknologi itu? Oleh karena itu, perkembangan teknologi harus dibarengi dengan perkembangan atau ketersediaan sumber daya manusia juga agar mendapatkan hasil dan layanan yang maksimal. Berdasarkan penjelasan print kain di atas, menunjukkan jika ingin membangun usaha desain ini, maka banyak hal yang harus dipertimbangkan lagi. Baik dari segi modal, alat, tenaga kerja dan lain sebagainya yang dapat menunjang bisnis menjadi lebih baik. Pastikan juga efektivitas alat yang digunakan karena biasanya beberapa konsumen menginginkan hasil yang lebih cepat. Demikian usaha printing kain digital yang makin marak.

Read more...

Trend Sablon Kain untuk Baju Menjadi Ladang Bisnis

posted by Custom on April 18, 2016

Trend sablon kain untuk baju menjadi ladang bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan. Sekarang ini, fashion mengalami perkembangan yang sangat pesat, termasuk di negara Indonesia. Perkembangan ini yang menjadi dasar banyak orang membuat bisnis kain. Sablon menjadi salah satu teknik print kain yang digemari karena bisa diterapkan di berbagai media.


Trend Sablon Kain untuk Baju Menjadi Ladang Bisnis

Print kaos sudah terkenal di dunia fashion saat ini. Berbeda dengan zaman dahulu dimana pasaran hanya menyediakan pakaian yang serupa dengan berbagai warna polos atau motif biasa. Adanya print kain ini membuat konsumen memiliki berbagai pilihan yang menarik sesuai keinginan masing-masing. Meskipun demikian, tak semua orang senang dengan sablon kain ini. Sebagian besar dari mereka menganggap jika hal ini dapat merepotkannya dalam pemilihan desain dan mencari vendor percetakan yang tepat. Mereka lebih senang membeli pakaian yang sudah ada di pasaran dan terlihat lebih simpel.

Apabila kita ingin print kain untuk pribadi maka kita hanya perlu mencari vendor percetakan yang bisa membuat hasil sesuai keinginan kita. Berbeda jika kita ingin membuat seragam perusahaan atau untuk komunitas. Banyak hal yang perlu kita perhatikan dalam pencarian vendor, beberapa di antaranya adalah harga, bahan kain, dan bagaimana kualitas printing kain. Sekarang ini, tak sulit bagi kita untuk menemukan berbagai pilihan vendor percetakan sehingga memiliki berbagai pertimbangan lain. Terlebih jika kita tinggal di kota yang besar, seperti Jakarta, pastinya kita akan lebih mudah untuk mendapatkan vendor yang baik.

Dengan print kain ini, kita bisa membuat desain sesuai keinginan sendiri. Apabila kita ingin menekuni bisnis ini, maka kita harus pintar-pintar menemukan ide yang unik sehingga banya konsumen yang akan tertarik dengan produk kita. Terlebih sekarang ini, banyak vendor yang juga menyediakan berbagai desain menarik. Selanjutnya, kita juga harus memperhatikan metode printing kain yang akan digunakan. Apabila kita ingin menjalani bisnis ini maka akan lebih baik jika kita menggunakan print kaos satuan agar lebih mudah dalam perhitungannya. Namun, kita juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada vendor-vendor percetakan yang sudah memiliki pengalaman dalam bisnis ini.

Sebelum kita memastikan satu vendor printing kain, sebaiknya kita melakukan pemilihan secara hati-hati. Pastikan jika vendor yang kita pilih mengutamakan kualitas kaosnya, pengerjaan dan pembayarannya. Hal ini bisa dilakukan dengan mencari informasi dari berbagai sumber, seperti internet, teman, atau orang lain yang tahu mengenai hal ini. Jangan memulai usaha bisnis printing kain ini jika belum siap karena dapat berakibat gagal. Pastikan terlebih dahulu hal-hal yang perlu dipersiapkan. Carilah informasi dari orang-orang yang sudah menggeluti bisnis ini lebih dulu dan berhasil sehingga kita bisa mengikuti kesuksesannya. Demikian trend sablon kain untuk baju menjadi ladang bisnis.

Read more...

Teknik Printing Kain dengan Sublim

posted by Custom on April 18, 2016

Apa itu teknik printing kain dengan sublim? Teknik printing sublim adalah sebuah teknik pencetakan pada kain yang terlebih dahulu diaplikasikan tinta sublim ke atas kertas. Teknik sublim ini sudah cukup lama digunakan, namun masih sebatas dalam dunia printing kain.


Teknik Printing Kain dengan Sublim

Pada dasarnya, print kain mirip dengan sablon kain biasa. Dalam aplikasinya, printing sublim ini membutuhkan kertas sebagai media untuk pemberian tinta sublim sebelum dicetak di kain. Untuk hasil yang optimal, kertas yang dipakai di sini bukan hanya sembarang kertas, namun kertas yang memang khusus digunakan untuk sublimasi, yaitu sublimation paper. Sedangkan penggunaan pada jenis kertas lainnya tidak akan bisa optimal hasilnya. Seperti misalnya diaplikasikan pada kertas hvs. Perlu digaris bawahi bahwa kertas hvs ataupun kertas biasa lainnya tidak memiliki lapisan khusus seperti sublimation paper, sehingga sudah pasti bahwa hasil sublimnya tidak akan sempurna. 

Selain kertas, dalam print kain ini dibutuhkan juga peralatan lain, yaitu tinta. Perihal tinta yang digunakan dalam sablon kain ini adalah tinta sublimasi yaitu tinta disperse. Tinta disperse ini hanya bisa digunakan pada kain berbahan polyester. Tinta tersebut akan menghasilkan warna yang terang dan maksimal. Proses pemakaiannya adalah jika tinta tersebut terkena panas maka akan berubah menjadi gas, dan tinta sublim yang diberikan pada kain polyester akan meresap dengan sempurna dan juga permanen.

Teknik sublimasi sendiri memiliki berbagai cara. Berikut beberapa cara tersebut:

  • Dengan menggunakan screen printing untuk kuantitas produk yang lebih banyak dan besar, seperti untuk menghasilkan print kain dalam jumlah massal.
  • Pemakaian printer dalam kuantitas kecil atau hanya untuk pengambilan sampel produk sablon kain.
  • Penggunaan mesin offset untuk memproduksi dalam jumlah yang besar (massal), karena mesin offset hanya dapat digunakan pada pembuatan untuk sheet atau potongan.
  • Penggunaan rootho grayure untuk rol.

Dalam proses produksi print kain ini, keempat cara tersebut tinggal disesuaikan dengan jumlah yang akan dihasilkan. Dalam dunia fashion atau pakaian, teknik sablon kain biasanya digunakan dalam pembuatan kaos olahraga atau jersey. Hal ini dikarenakan penggunaan teknik sublim bisa sempurna jika diaplikasikan pada kain yang berbahan polyester. Namun sekarang ada banyak produsen yang mencoba berinovasi dengan mencobakan teknik sublim ini pada kain cotton. Cara yang digunakannya itu dengan mengaplikasikan cairan polyester pada bahan kain cotton. Namun penggunaan kain berbahan cotton dalam teknik printing sublim belum bisa sesempurna jika menggunakan kain berbahan polyester, karena hasil printing sublim pada kain polyester bisa bertahan lebih lama meskipun dilakukan pencucian berulang-ulang.

Untuk mencari usaha yang melayani jasa printing kain dengan sublim ini sekarang bukanlah hal yang sulit. Karena fashion pada saat ini sudah semakin merebak luas. Jadi bisnis kain pun semakin besar peluangnya. Salah satunya bisnis printing kain dengan teknik sublim ini.

Read more...