Maaf, browser anda tidak support javascript

Kaos Sablon Unik Mengubah Suara Menjadi Daya

posted by Custom on January 28, 2014

Sebagai penunjang gaya hidup dinamis, sablon kaos sering menjadi solusi berpakaian santai yang cocok untuk beragam kegiatan non formal. Tak hanya itu, fungsinya yang hanya biasa digunakan dalam hal estetika, kini telah berintegrasi dengan gadget. Dalam hal ini sebagai konverter energi suara yang dirubah menjadi energi listrik. Selanjutnya hal ini digunakan sebagai sumber energi gadget.

Mobilitas yang tinggi masyarakat sekarang membuat sumber energi instan lebih banyak dicari saat ini. Beberapa orang mengatasi hal ini dengan baterai instan, seperti jenis produk power bank dan sebagainya. Beberapa orang yang lain, lebih memilih cara sederhana, unik, simpleh dan sedikit bergaya. Seperti yang dilakukan oleh perusahaan asal Inggris yang satu ini. Dengan produk sablon kaos, kita dapat mengisi gadget hanya dengan mengubah suara.

Dengan teknologi noise-responsive technology, sablon kaos yang satu ini memiliki fungsi lain, yakni mengubah energi suara menjadi daya listrik. Sadar akan sifat sosial manusia yang suka mengobrol dan memanfaatkan lingkungan sekitar yang berisik adalah inspirasi terciptanya alat yang satu ini. Saat ini T-shirt pintar unik dengan fungsi mobilenya ini belum bisa dijumpai di pasaran. Karena keberadaannya hanya bersifat prototype yang perlu dikembangkan beberapa bagian lagi sebelum diluncur ke pasaran.

Dalam hal desain, kaos dengan warna dasar putih ini hanya didesain bagian tengahnya yang tampak mencolok. Tak hanya gambar sederhana, bagian ini juga dilengkapi dengan panel khusus yang fungsinya dapat disambungkan ke gadget. Tak lain dan tak bukan, bagian ini lah yang fungsinya dapat mengisi daya saat indikator baterai mulai menipis. Di Inggris, sablon kaos ini sudah sering diperkenalkan dalam even teknologi, lifestyle dan pendidikan, salah satunya di even musk terbesar di Inggris Glastonbury Music Festival.

Dalam even musik tahunan ini, kaos dengan bahan bakar suara ini sengaja ditaruh ditengah-tengah riuh penonton. Selain dipamerkan, dalam acara ini juga diujikan seberapa besar daya yang dihasilkan dalam kegiatan hingar bingar ini pada 22-26 Juni 2013 lalu. Seperti dikutip dari Sky News, percobaan ini dilakukan oleh salah satu operator besar di Inggris Orange yang bekerja sama dengan stage Spirit of 71. Kerjasama keduanya diharap menjadi krisis energi terutama untuk konsumsi gadget di masa depan.

Menurut Tony Andrews, co-producer Spirit of 71, teknologi print kaos ini akan sangat berguna bagi masyarakat. Terutama dalam hal solusi energi alternatif pengisi daya gadget, terutama ponsel. Kehidupan mobilitas dan komunikasi yang tinggi serta sumber daya bunyi yang mudah dan gratis di sekitar akan menjadi kombiniasi positif dalam hal ini.  “Getaran suara, khususnya yang memancarkan frekuensi bass, akan menciptakan getaran yang cukup untuk menghasilkan energi listrik dari bahan yang sederhana seperti film piezoelektrik,” Jelas Tony.