Maaf, browser anda tidak support javascript

Bikin Kaos Sablon Sederhana dengan Teknik Airbrush

posted by Custom on March 4, 2014

Membuat motif kaos sablon kaos dapat dilakukan banyak cara. Dan tak selalu dengan teknik yang rumit, cara yang sederhana juga dapat dilakukan untuk menciptakan motif unik dan menarik pada sebuah kaos. Salah satunya dengan menggunakan teknik Airbrush. Dalam fungsinya airbrush lebih dikenal pada proses pengecatan kendaraan, seperti sepeda motor. Warna-warni yang khas dan karakter cat yang tak mudah pudar, membuat bahan ini juga sering digunakan dalam proses desain kaos. Tak hanya memberi warna, proses desain membuat beragam bentuk unik dapat kita lakukan dengan teknik ini. Jika Anda ingin melakukannya, berikut beberapa tips yang mungkin akan berguna bagi Anda.

Untuk langkah pertama, yang Anda siapkan adalah sablon kaos. Agar bahan cat menempel dengan sempurna, gunakan bahan katun 100%. Jenis ini sangat dianjurkan karena serat benang katun dapat menyerap sempurna cat yang disemprotkan. Hal ini yang kemudian berpengaruh pada tingkat ketajaman, kerapian dan ketahanan kualitas warna yang menempel pada kaos. Sementara unuk warna, kaos putih lebih dianjurkan dibanding jenis kaos berwarna. Hal ini bertujuan membuat gambar yang akan menempel terlihat dengan sempurna, tanpa gangguan dari latar belakang yang berwana.

Langkah selanjutnya, seterika kaos sebelum melakukan teknik airbrush. Hal ini dilakukan untuk menghindari serabut benang pada kaos yang tidak rapi. Selain itu, proses ini akan membuat permukaan menjadi licin dan halus, sehingga mudah saat digambari sesuai dengan keinginan. Untuk mempermudah proses menggambar, bentangkan sablon kaos pada media triplek, sehingga membentuk seperti kanvas pada kegiatan melukis. Agar media tidak merusak kaos, gunakan triplek dengan lebar 1-2 cm dari lebar kaos. Selain itu gunakan bahan dengan ketebalan 4 mm, dan jangan lupa amplas permukaan agar tak merusak permukaan kaos.

Cek semua alat yang digunakan, seperti alat car dan car tekstil. Jika telah terbiasa dengan gambar airbrush, Anda bisa melakukan langkah ini. Namun jika tak terbiasa, latihan dulu di media lain. Seperti kertas kosong atau membiasakan di kaos dengan menggambar di kaos bekas yang jika gambar salah tak jadi masalah. Untuk memulainya, Anda bisa menggunakan pensil untuk membuat sketsa dan motif. Jika hal tersebut telah dilakukan, langkah dengan cat airbrush mulai bisa Anda lakukan. Untuk proses awal, lakukan dengan warna terang dan transparan.

Saat menggunakan cetakan, jangan terburu mengambil alat ini sebelum cat benar-benar kering. Dalam hal ini, jemur atau angin-anginkan kaos agar proses pengeringan berjalan seperti keingnan dan lebih cepat. Sebagai langkah finising, lakukan proses press dengan cara disetrika di setiap permukaan gambar. Untuk melakukan hal ini, Anda tak bisa langsung melakukannya diatas gambar. Gunakan kertas untuk melindungi gambar dari panas setrika yang dapat berpotensi merusak cat di kaos. Setelah benar-benar kering, kaos bisa langsung digunakan. Meski tak melakukan dengan teknik dan cara yang rumit, cara ini memerlukan skill menggambar untuk hasil yang maksimal. Bukan mengecilkan hati, dengan jam terbang minim, seseorang tidak disarankan melakukan cara ini. Atau boleh dilakukan jika Anda hanya sekedar belajar dan tak masalah jika harus kehilangan beberapa kaos.