Menyablon Kaos Dengan Digital Printing

Menyablon Kaos Dengan Digital Printing

posted by Custom on March 14, 2013

Banyak orang lebih memilih membeli kaos di toko daripada membuat sablon sablon kaos sendiri. Karena tak ingin terjebak dalam proses yang rumit dan menyita waktu. Tapi, bagi Anda yang kreatif, membeli kaos di toko-toko terkadang membuat nurani Anda berteriak keras di dalam hati, kan? Ya, karena tidak semua desain kaos yang berjajar di toko cocok dengan selera Anda, apalagi memenuhi ekspresi diri. Seringkali malah, kaos-kaos tersebut ‘meneriakkan’ hal-hal yang sama sekali berbeda dengan apa yang ada di dalam benak kita. Belum lagi gaya desainnya yang tak sepaham dengan Anda. Anda penikmat desain yang anggun dan indah, sementara kebanyakan desain kaos yang beredar saat ini bergaya ‘grunge’ dan ‘dark’, dengan rangkaian gambar-gambar bernuansa seram yang kini digandrungi anak muda.

Lalu Anda pun mulai beralih dari satu toko ke toko yang lain, berusaha mencari kaos dengan desain yang sedikit lebih mewakili ekspresi jati diri Anda. Tapi semain Anda berjalan menyusuri setiap toko, semakin Anda tidak menemukannya, semakin jauh Anda berjalan, langkah Anda semakin terasa berat dan melelahkan. Akhirnya, Anda pulang dengan tangan kosong, tanpa membawa sehelai sablon kaos pun di tas belanja Anda. Tapi apakah harus berakhir seperti itu perjalanan Anda mencari print kaos yang benar-benar merepresentasi gaya Anda? Tentu tidak, karena ada solusi yang cukup sederhana dan mudah yang dapat menyelamatkan Anda dari krisis ini, desain dan sablon saja kaos favorit Anda sendiri!

Tapi bukankah menyablon print kaos adalah proses yang cukup rumit? Ya, tentu saja, jika Anda menggunakan sistem sablon kaos manual yang memang harus dioperasikan oleh seorang ahli. Namun di era teknologi yang semakin maju ini, menyablon kaos kini dapat dilakukan dengan digital printing, yang bahkan orang awam dengan sedikit waktu belajar akan dapat melakukannya dengan baik. Sebenarnya ini memang bukan sepenuhnya sablon, tetapi digital printing. Anda hanya membutuhkan beberapa alat dan bahan yang mudah ditemukan di toko-toko komputer, sebagai berikut:

  1. Printer yang telah dimodifikasi menjadi sistem tabung, Tabung ini nantinya diisi dengan tinta khusus sablon (tinta sublim)
  2. Mesin press panas
  3. Inkjet Paper atau Transfer paper, di mana desain Anda akan dicetak di kertas ini sebelum dipindahkan ke kaos.
  4. Tinta sublim.

Lalu, ini tahap-tahap menyablon dengan digital printing:

  1. Pilih desain yang akan disablon.
  2. Balikkan gambar tersebut (mirroring). Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan program-program seperti Photoshop. Sehingga tulisan pada desain tersebut menjadi terbalik.
  3. Cetak ke Inkjet Paper untuk kaos berwarna terang, dan ke Transfer Paper untuk kaos berwarna gelap.
  4. Letakkan Inkjet Paper atau Transfer Paper itu ke atas kaos, dengan hasil cetakan menghadap kaos. Lalu press dengan mesin press selama 30-60 detik, tergantung dari daya panas mesin press tersebut.
  5. Angkat Inkjet Paper atau Transfer Paper.
  6. Proses selesai! Anda mendapatkan sebuah kaos rancangan Anda sendiri!