Maaf, browser anda tidak support javascript

Bagaimana Mendesain Kaos Anda Sendiri

posted by Custom on March 19, 2013

Tentu lebih menyenangkan membeli print kaos yang sudah jadi di outlet-outlet favorit Anda. Lebih cepat, dan tidak repot, Anda cukup memilih, mencoba ukuran, dan membayarnya di kasir. Tapi masalahnya, jika Anda adalah seorang yang bergerak di bisnis kreatif dan lebih senang jika segala sesuatunya benar-benar merefleksikan ekspresi hati Anda, maka Anda mungkin akan kesulitan menemukan kaos yang pas di hati. Di sinilah opsi mendesain sendiri print kaos Anda mulai menjadi alternatif yang patut dipertimbangkan. Lagipula, mendesain kaos tidak sulit kok, Anda hanya perlu mengikuti beberapa tahapan di bawah ini, dan mungkin saja dengan tuntunan langkah-langkah tersebut, Anda bukan hanya akan menciptakan sebuah desain yang unik, tapi juga berhasil menjual kaos hasil rancangan Anda pada orang lain.

Desain Kaos Sendiri

  • Rencanakan Desain Anda. Mulailah dengan menanyakan pada diri Anda sendiri tujuan dari print kaos ini. Apakah Anda membuatnya untuk diri Anda sendiri, atau untuk mengiklankan perusahaan Anda, atau sebagai deklarasi terhadap suatu ‘pesan’ yang ingin Anda sampaikan? Jika Anda memiliki logo yang ingin Anda cantumkan maka pastikan logo tersebut nampak jelas dalam desain Anda. Pikirkan juga gaya desain yang ingin Anda tampilkan, apakah simple, lucu, minimalis, dramatis, komersial, artistik, atau sesuatu yang lain? Semu warna apa yang menurut Anda sesuai dengan tema yang Anda pilih? Selain itu pertimbangkan pula seberapa besar desain tersebut pada kaos Anda, apakah desain Anda akan tampak pada bagian depan sablon kaos, atau juga di bagian belakangnya, dan sebagainya. Gambarkan rancangan Anda di kertas, sampai Anda menemukan suatu bentukan yang pas.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan foto pada rancangan Anda Menggunakan foto dapat menambah keindahan dan daya tarik desain Anda. Anda dapat menggunakan foto seorang tokoh, selebriti, atau siapapun yang mewakili ide kaos ini. Namun hati-hati dengan hak cipta foto-foto tersebut, dan jangan menggunakan foto yang Anda peroleh dari internet tanpa seijin pemiliknya.
  • Ubah sketsa Anda menjadi image digital Saatnya memasukkan sketsa Anda ke komputer dan mengolahnya dengan program-program digital seperti Adobe Photoshop atau Illustrator. Sempurnakan garis-garis sketsa Anda dengan berbagai tools di dalam program tersebut.
  • Perindah desain Anda Bermainlah dengan filter, warna, terang dan kontras warna, saturasi, serta efek-efek komputer lain yang dapat Anda temukan. Pastikan desain sablon kaos Anda menjadi lebih dinamis dengan tambahan efek-efek yang tepat.
  • Tambahkan teks Memang, Anda dapat menggunakan semua jenis font tapi pastikan font tersebut mudah dibaca, apalagi jika desain Anda cukup padat. Usahakan agar tulisan lebih menonjol daripada gambar, agar orang dapat lebih memahami maksud kaos yang Anda rancang.
  • Buatlah prototype Cara mudah untuk membuat prototype dari rancangan di komputer adalah dengan mencetaknya pada transfer paper dan memindahkan desain tersebut ke kaos.
  • Produksi kaos Anda Jika Anda sudah merasa puas dengan desain yang Anda buat, Anda dapat langsung memproduksi print kaos ini. Untuk skala kecil, Anda dapat tetap menggunakan transfer paper untuk membuat kaos. Tapi untuk skala besar, sebaiknya Anda menyerahkan proyek penyablonan kaos tersebut kepada pihak yang profesional.