Mendesain Kaos Satu Warna

Mendesain Kaos Satu Warna

posted by Custom on March 19, 2013

Terkadang, terlalu banyak warna jadi membuat sebuah print kaos ‘terlalu banyak bicara’ sehingga pesan yang disampaikan malah tak dapat dimengerti oleh orang-orang yang seharusnya menjadi target audience dari kaos tersebut. Apakah sebuah kaos ditujukan sebagai ekspresi personal, atau sebagai media iklan perusahaan, desain kaos harus cukup jelas dan tidak berantakan sehingga pesan apapun yang dikandungnya tidak terkubur di bawah tumpukan elemen-elemen desain yang tak beraturan

Desain Kaos Warna

Nah di sinilah, ide desain print kaos dengan satu warna tinta memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk berbicara lebih banyak tanpa ‘bersikap’ berlebihan. Satu warna membuat desain menjadi lebih fokus. Sehingga pesan semakin terarah dan cepat dimengerti. Hanya saja, dalam mendesain untuk print kaos dengan satu warna, perlu diperhatikan beberapa hal penting agar desain tersebut terkesan menarik dan tidak monoton atau membosankan.

Pertama, warna tinta memegang peranan penting. Pilihlah warna tinta yang pekat, kontras dengan warna kaos, dan vibrant (cerah). Terutama jika Anda menyertakan tulisan-tulisan dengan font tipis di dalam desain, warna-warna yang kontras, pekat dan cerah akan lebih memungkinkan untuk tulisan-tulisan tersebut dibaca daripada warna-warna lainnya.

Kedua, tentu saja harus dipertimbangkan pula untuk warna kaos yang Anda gunakan. Warna kaos sebaiknya kontras dengan warna tinta. Selain itu, warna kaos juga sebaiknya ‘mengalah’ dengan warna tinta, artinya, warna tinta harus lebih pekat dari warna kaos. Misalnya warna tinta hitam di atas kaos berwarna putih, atau warna tinta biru tua di atas kaos berwarna biru muda. Hal ini untuk menjaga agar tampilan sablon kaos tidak menjadi jelek karena warna tinta yang kurang pekat atau ‘kalah’ dengan warna kaos. Seringkali kita melihat kaos hitam dengan sablonan tinta putih yang tidak merata dan terlihat kurang pekat, sehingga desain terlihat seperti sablonan yang tak berhasil atau gagal cetak. Kita tentu tak menginginkan impresi yang salah itu sampai ke target audience Anda. Jadi alangkah pentingnya melakukan pemilihan warna kaos dan tinta yang tepat dan saling mendukung, bukan saling menghalangi.

Harapan dari print kaos dengan satu warna tinta ini cukup sederhana, yakni agar pesan apapun yang dibawanya lebih cepat tersampaikan dan mudah dipahami oleh semua orang tanpa harus memicingkan mata untuk meneliti sebuah desain yang terlalu ramai dan berantakan. Jadi selamat mendesain kaos Anda sendiri dan temukan seni dan tantangan tersendiri yang membangkitkan adrenalin ketika mendesain print kaos Anda dengan satu warna tinta.