Persyaratan Kain / Screen untuk Sablon Kaos

Persyaratan Kain atau Screen untuk Sablon Kaos

posted by Custom on April 3, 2013

Dalam proses sablon kaos kain/screen memegang peranan yang sangat penting. Kain yang umumnya berwarna putih ini merupakan faktor penentu tingkat kualitas dari proses sablon kaos yang dihasilkan. Kain atau screen digunakan sebagai sarana untuk memegang gambar yang terdapat pada permukaan kain dalam sebuah proses sablon kaos, dan terkadang juga sebagai media langsung untuk penyaluran tinta cetak ke kaos yang disablon. 

Print Kaos

Nah bagi Anda yang ingin mendalami sablon kaos manual, Anda perlu mengetahui bahwa tingkat kualitas resolusi gambar yang terbentuk pada kain screen ditentukan oleh jenis dan karakter kain yang digunakan. Adapun persyaratan-persyaratan kain untuk screen adalah:

  1. Daya lentur/fleksibilitas. Karena pada saat dilakukan perentangan pada bingkai cetak kain harus ditarik untuk mendapatkan tingkat keregangan pada permukaan bingkai serta pada waktu dilakukan proses pencetakan screen tidak boleh menyentuh bahan cetak, dengan jarak kira-kira 3-5 milimeter, maka kain haruslah lentur.
  2. Pori-pori tidak berubah atau bergeser. Tujuan utama dari tidak bergesernya pori-pori kain adalah untuk pengendalian penyaluran tinta cetak.
  3. Tahan terhadap bahan kimia. Selama kain digunakan pada tahapan pencetakan kain selalu berhubungan dengan bahan kimia seperti stensil foto, tinta cetak, dan bahan pencuci atau pembersih, maka kain harus dapat tetap bertahan atau tidak mudah rusak.
  4. Mudah dibersihkan. Diharapkan agar kain dapat dipergunakan secara berulang-ulang maka kain harus mudah dibersihkan.
  5. Tahan terhadap gesekan. Pada waktu digunakan screen akan selalu bersentuhan dengan rakel yang memiliki variasi derajat kekerasannya. Dengan demikian gesekan dari rakel tidak dengan mudah mengikis serat kain yang berdampak pada pengalihan tinta cetak dan mengakibatkan kain mudah rusak.
  6. Memiliki keporian yang bervariasi. Dengan adanya variasi pori-pori screen, maka berbagai bentuk bahan serta berbagai macam bentuk gambar dapat dicetak dengan sablon kaos
  7. Variasi dari tingkat kerapatan screen. Sangat berpengaruh pada tahapan pengalihan tinta cetak. dengan banyaknya variasi yang disediakan untuk jenis-jenis kain diharapkan agar lapisan film tinta dapat dengan mudah dialihkan ke atas bahan cetak (media cetak) yang dipergunakan.