Maaf, browser anda tidak support javascript

Kelebihan dan Kekurangan Berbagai Cara Sablon Kaos

posted by Custom on June 13, 2016

Kaos adalah salah satu jenis pakaian yang digemari oleh banyak orang. Bahan yang nyaman membuat orang-orang memakai t-shirt dalam berbagai acara dan kegiatan. Sablon termasuk cara yang digunakan untuk membuat tampilan kaos semakin menarik untuk dikenakan. Terdapat beberapa cara sablon baju yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Inilah Kelebihan dan Kekurangan Cara Sablon Kaos

Berikut ini adalah tiga cara sablon kaos beserta kelebihan dan kekurangannya, yaitu:

  1. Sablon hotpress. Mesin ini bisanya digunakan sablon kaos Jakarta untuk teknik sablon sublimasi. Alat yang dibutuhkan adalah printer berwarna dengan modifikasi tinta sublimasi. Selain itu, ada peralatan lain yang harus dipersiapkan, yakni kertas transfer dan mesin hotpress. Kelebihan dari cara sablon baju adalah hasilnya terlihat lebih bagus. Sedangkan untuk kekurangannya adalah mesin tidak bagus digunakan pada bahan katun 100 persen, tidak sama seperti print DTG, tampilannya juga tidak akan bagus jika diterapkan pada t-shirt berwarna gelap. Selain itu, mesin ini membutuhkan pasokan listrik yang cukup banyak sehingga akan menghabiskan biaya produksi lebih banyak daripada sablon digital.
  2. Sablon DTG (direct to garment). Cara sablon digital menggunakan mesin printer dalam menerapkan sablon kaos. Tak sembarang tinta dapat digunakan. Terdapat tinta khusus yang bisa digunakan untuk kain kaos. Hampir semua jenis t-shirt dapat diterapkan cara ini, seperti hyget, cotton combed, lacoste, serena, dan masih banyak lagi. Ada tiga jenis printer sablon digital yang sering digunakan, yakni untuk bahan berwarna gelap, terang, ataupun keduanya. Oleh karena itu, banyak perusahaan sablon kaos Jakarta yang mengandalkan mesin sablon DTG ini. Kelebihan dari sablon DTG ini adalah lebih praktis untuk dilakukan, banyak warna yang bisa diterapkan, hasil print DTG sama seperti desain pada komputer, dan proses produksi menjadi lebih cepat sehingga sering digunakan untuk produksi satuan. Selain kelebihan, cara ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti daya rekat dan daya tahan yang kurang, hanya bisa menggunakan sejenis bahan tinta, sablon baju hanya bisa digunakan pada kain tertentu selain katun, serta harga tinta print DTG cenderung mahal di sablon kaos Jakarta.
  3. Sablon manual. Cara ini lebih banyak menggunakan tenaga manusia sehingga sangat sedikit keterlibatan mesin, seperti print DTG. Kalaupun ada, cara ini hanya menggunakan alat tradosional. Sablon ini sering digunakan untuk mencetak menggunakan screen khusus atau kain saring. Sablon inilah yang menjadi awal munculnya berbagai cara sablon baju lainnya. Meskipun, sekarang ini sudah banyak alat yang lebih canggih, tapi cara manual ini masih sering diandalkan dalam sablon kaos Jakarta. Kelebihan dari cara ini adalah pilihan bahan tinta yang banyak, kualitasnya lebih baik daripada mesin sablon digital, selain itu tinta pada kaos ini akan lebih tahan lama sehingga dapat diterapkan dalam berbagai jenis t-shirt. Sedangkan, untuk kekurangannya adalah proses pembuatan yang lama dan membutuhkan energi banyak. Jadi tidak diragukan lagi hasil dari cara sablonan ini, sama seperti sablon DTG.

Demikian inilah berbagai cara sablon kaos beserta kelebihan dan kekurangannya.