Maaf, browser anda tidak support javascript

Perbedaan Sablon DTG dengan atau Tanpa Tinta Putih

posted by Custom on June 13, 2016

Salah satu kelebihan dari sablon DTG atau sablon digital adalah dapat menggunakan berbagai macam tinta secara bervariatif. Tinta warna putih termasuk dalam warna netral yang sering digunakan dalam proses sablon kaos. Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu mengapa tinta putih sering digunakan, lalu bagaimana perbedaan antara sablon baju antara keduanya.


Inilah Perbedaan Sablon DTG dengan atau Tanpa Tinta Putih

Proses pencetakan sablon kaos, terdapat dua cara, yakni dengan menggunakan tinta putih dan tanpa menggunakan tinta putih yang sering kita jumpai pada sablon kaos Jakarta. Keduanya memiliki perbedaan sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mencetak desain pada t-shirt. Berikut ini adalah perbedaan dari kedua cara sablon kaos murah dengan menggunakan print DTG adalah:

  1. Sablon DTG menggunakan tinta putih. Apabila kita tidak menggunakan tinta putih pada sablon baju, maka warna desain di komputer dan hasil cetaknya akan mengalami perbedaan. Perbedaan ini disebabkan karena tinta bercampur dengan serat kain sehingga bagaimana perbedaannya tergantung dengan warna dan bahan yang digunakan pada t-shirt. Pada umumnya, cara ini digunakan untuk warna kaos yang cerah dan soft, seperti biru, kuning, hijau muda, dan warna muda lainnya. Meskipun demikian, cara ini juga bisa diterapkan di kaos dengan warna gelap. Tergantung bagaimana desain yang akan di cetak. Apabila desain memiliki warna yang kontras dengan warna dasar t-shirt, maka hal itu tidak akan menjadi masalah. Sablon digital ini dapat menggunakan print DTG sehingga menghasilkan sablon kaos murah, seperti halnya sablon kaos Jakarta.
  2. Tanpa menggunakan tinta putih. Pada sablon digital, penggunaan warna putih berguna sebagai warna dasar sablon baju sehingga tinta desain tidak akan bercampur dengan serat kain secara langsung. Hal ini menyebabkan sablon kaos terlihat lebih menonjol atau nampak karena di bawahnya terdapat tinta putih. Dalam pemesanan, biasanya file diberikan dalam bentuk TIFF atau PNG tanpa background di gambar. Apabila dalam gambar terdapat background maka ketika di cetakĀ  dalam t-shirt, akan membuat background tersebut ikut tercetak. Hal ini akan menambah biaya sablon kaos menjadi lebih mahal. Oleh karena itu, sebelum memberikan desain kaos pada penyablon, kita harus memastikan bahwa desain tersebut tidak terdapat background sablon baju. Alat cetak yang bisa digunakan adalah print DTG dengan cara sablon digital dimana sering digunakan pada sablon kaos Jakarta sebagai sablon kaos murah.

Demikian inilah perbedaan sablon DGT tanpa menggunakan tinta putih dan dengan menggunakan tinta putih kaos. Tak perlu khawatir untuk harga, keduanya adalah sablon kaos murah sama seperti sablon kaos Jakarta. Alat cetak yang sering digunakan adalah print DTG karena kualitasnya yang bagus.