Penggunaan Tinta Putih pada Sablon Kaos DTG

Penggunaan Tinta Putih pada Sablon Kaos DTG

posted by Custom on June 27, 2016

Sablon baju adalah salah satu cara untuk mempercantik kaos agar memiliki tampilan lebih menarik. Berbagai warna tinta dapat digunakan dalam sablon t-shirt. Namun, terdapat warna tinta yang sering digunakan, yakni hitam dan putih, tergantung kebutuhannya. Lalu bagaimana penggunaan tinta putih pada sabon DTG? Simaklah penjelasannya di artikel ini!


Penggunaan Tinta Putih pada Sablon Kaos DTG

Tinta putih adalah salah satu tinta yang sering digunakan dalam proses sablon kaos. Warna ini digunakan sebagai warna dasar sebelum akhirnya mencetak desain t-shirt yang diinginkan. Tinta putih ini biasanya digunakan ketika warna kain pada kaos cenderung gelap, seperti hitam, hijau army, biru dongker, merah marun atau lainnya. Tinta ini digunakan pada tahap awal sebelum mencetak desain asli. Hasil cetak dengan tinta putih ini akan terlihat seperti sablon manual. Karena tinta desain tidak langsung menyerap pada serat kain, maka sablon baju akan mudah lepas dan tidak kuat. Apabila kita menggunakan tinta putih sebagai dasar sablon kaos murah, maka desain yang kita buat di komputer tidak akan ada perubahan warna, baik itu sablon digital ataupun sablon DTG yang menggunakan print DTG. Cara ini sering digunakan pada sablon kaos Jakarta.

Biasanya, jasa sablon kaos menggunakan aplikasi sablon digital atau sablon DTG White Ink dengan file berbentuk TIFF atau PNG dengan alat cetak print DTG. Pada umumnya, resolusi gambar yang diminta oleh jasa sablon kaos murah minimal 150 pixel/ inch. Semakin besar resolusi gambar desain, maka akan mempengaruhi hasil akhir pada sablon baju. Selain itu, pastikan bahwa background dari desain t-shirt adalah transparan sehingga ketika dicetak tidak akan menghasilkan warna background tertentu, karena hal ini akan menambah biaya produksi full block. Terlebih, sablon DTG atau salon digital dengan menggunakan tinta putih dalam print DTG ini sudah terbilang mahal karena menggunakan pretreatment Dupont USA pada tahap awalnya, yakni proses coating kaos sehingga membuat biaya tinta putih semakin banyak. Selain itu, penggunaan tinta dupont white ink asli dari USA akan menghasilkan sablon kaos murah yang lebih awet dan pekat, seperti yang digunakan pada sablon kaos Jakarta.

Lalu bagaimana dengan lamanya waktu pengerjaan sablon ini? Pada umumnya, untuk selusin kaos, membutuhkan waktu 2 sampai 4 hari. Waktu ini terbilang lebih lama dibandingkan sablon tanpa menggunakan tinta putih. Hal ini mengingat bahwa sablon baju menggunakan tinta putih harus melewati tahap awal penggunaan tinta putih terlebih dahulu, baru kemudian mencetak desain t-shirt sesungguhnya. Penggunaan teknik sablon digital ataupun sablon DTG akan menghabiskan waktu yang sama dengan menggunakan print DTG, seperti pada sablon kaos Jakarta sebagai sablon kaos murah. Demikian inilah penggunaan tinta putih pada sablon kaos DTG seperti sablon kaos Jakarta.