Maaf, browser anda tidak support javascript

Tanggal 21 Juni adalah Hari Kaos internasional

posted by Custom on September 26, 2013

Selalu ada hari unik yang dirayakan oleh penjuru dunia setiap tahunnya. Salah satu diantaranya pada setiap tanggal 21 Juni, beberapa orang di dunia, termasuk di Indonesia merayakan hari kaos internasional. Beragam print kaos, kaos sablon dan aneka kaos polos sering menjadi bagian dalam perayaan unik ini. Jika merunut siapa terlebih dahulu yang memulai perayaan hari beda ini, bisa jadi orang Amerika-lah yang lebih bertanggung jawab. Seakan kehabisan perayaan awal summer, mereka kemudian berkumpul dan tak sengaja memiliki kesamaan hobi, yakni suka mengumpulkan aneka jenis kaos. Warna dan gambar unik, seringkali menjadi bagian menyenangkan dalam setiap gelaran acara ini.

Perayaan hari t-shirt sedunia pertama kali dilakukan pada tahun 2008. Event ini berlangsung di sebuah tempat di dua tempat sekaligus. Diantaranya di Boston, MA (USA) dan Berlin (Jerman). Acara ini menyedot banyak pengunjung, terutama mereka yang suka mengenakan dan berbelanja kaos polos dengan desain unik dan kreatif. Berhasil dievent pertamanya, selang setahun kemudian acara ini kembali digelar. Seperti seri pertamanya, event ini kembali digelar bertaraf internasional, yang artinya pengunjung datang dari seluruh dunia dan berkumpul karena kaos.

Berhasil di perhelatan pertama, event ini kemudian diadakan kembali dengan celebration lebih seru di berbagai kota lain di seluruh dunia. Pada tahun 2009, celebration ini diadakan di Oslo, Kiev, Praha dan tentu saja Berlin dan Boston, dua kota penggagas hari dan celebration kaos di seluruh dunia. Seperti festival fashion pada biasanya, event ini juga dimeriahkan dengan peragaan busana yang diperagakan oleh model di catwalk. Seperti dua tahun sebelumnya, celebration perayaan hari kaos internasional tahun 2010 diadakan pada tanggal 21 Juni. Seperti dugaan, celebration ini kian dihadiri banyak pengunjung dari berbagai dunia yang terlibat. Dalam event ini, tak hanya pasif, pengunjung juga diajak untuk berinteraksi dengan berekspresi sesuai imajinasi mereka dengan media kaos polos. Tak hanya didominasi produsen kaos indie, dalam event ini beberapa label besar produsen kaos juga ikut serta. celebration ini diadakan di lebih sedikit kota dibanding tahun sebelumnya, yakni New York dan Thessaloniki.

Hal sama juga terjadi pada tahun 2011 dan 2012, beberapa Merk Ternama besar asal Amerika mulai tertarik mensponsori event ini dan banyak kota dan peserta kian banyak dilibatkan, diantaranya Zwolle (Belanda), Manchester (Inggris) atau Barcelona (Spanyol). Sementara di tahun 2012, acara digelar di Greensburg (Amerika) dan Leipzig (Jerman). Dan tahun 2013, acara juga diadakan tak kalah serunya. Berjudul "My Shirt, My Voice", event ini dihadiri makin banyak orang dari seluruh dunia. Kemajuan jejaring sosial yang kini telah beraneka ragam membuat hal tersebut sangat mungkin terjadi. Ajang ini juga dijadikan ‘copy darat’ oleh kelompok pencinta kaos polos dari berbagai forum di internet. 

Selain menjadi ajang berinteraksi, dalam event ini juga terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin mengembangkan usaha dari usaha imajinasi print kaos. Tak hanya terjadi di penjuru dunia internet, perayaan juga dilakukan di beberapa blog khusus yang menjadi forum penggemar kaos di seluruh penjuru dunia, diantaranya ‘T-shirt Story’.