Maaf, browser anda tidak support javascript

Tips Cara Sablon Kaos Amatir

posted by Custom on October 29, 2013

Memiliki dan memproduksi sendiri kaos sablon dengan motif yang diharapkan bisa jadi hal paling menantang dan mengasyikkan. Sembari memanfaatkan kaos polos sederhana yang telah tak terpakai, yuk belajar menyablon kaos sendiri dengan cara amatir. Siapa tahu, Anda dapat menghasilkan kaos polos yang memiliki desain menarik, sehingga Anda pun dapat memberikannya, atau bahkan menjualnya kepada orang lain, dan membangun sebuah bisnis jual beli kaos yang menguntungkan dengan bakat terpendam Anda.

Langkah pertama adalah menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan untuk proses menyablon. Antara lain plastik mika, jilid buku, gunting, spidol permanen, saringan atau screen sablon berbentuk kotak, saja cat sablon dan jangan lupa rackle, atau alat perata cat sablon. Untuk hasil yang maksimal, hindari penggunaan warna print kaos hitam, hal ini sering kurang optimal dalam daya lekat cat sablon.

Jika semua benda telah terkumpul, siapkan gambar sederhana yang akan digunakan sebagai obyek sablon. Bagi yang belum terbiasa, awali dengan motif sederhana tanpa banyak warna. Karena semakin banyak warna akan membuat Anda semakin repot. Untuk memulainya, gambar motif di kertas dan tentukan setiap lekuk dan warna yang nantinya akan digunakan. Setelah itu, copy gambar ke kertas mika dengan menggunakan spidol permanen. Jika lebih dari satu warna, gunakan satu mika sebagai representasi satu warna. Letakkan motif pada tengah mika agar pola yang dihasilkan sempurna.

Setelah itu, lubangi mika dan letakkan di saringan sablon. Selebihnya, Anda bisa mulai menuang dan meratakan cat pada kaos polos, semakin rapi Anda melakukan, semakin bagus pula motif yang dihasilkan. Lakukan bergantian tiap layer atau warna, sampai semua kombinasi membentuk sebuah gambar seperti yang diharapkan. Selain dengan cara konvensional, beberapa cara lain dengan menggunakan kertas dan printer khusus juga sering dilakukan sebagai metode sablon modern. Meski terbilang mudah, cara ini sering terkendala dengan masalah mahalnya harga produksi. Mulai dari penyediaan kaos, printer hingga harga tinta yang tak biasa.

Bagi sebagian orang, langkah sederhana ini sering menjadi awal sukses mereka dalam menggeluti bisnis sablon kaos. Sementara bagi banyak orang yang lain, hal ini justru dilalui dengan beragam kesusahan. Jadi, jika ingin menghasilkan motif sempurna sesuai harapan, ada baiknya jika Anda menyerahkan hal ini pada tangan-tangan ahli. Sebelum Anda merusak banyak sablon kaos yang digunakan untuk belajar menyablon. Tapi jika Anda orang yang pantang menyerah, Anda dapat terus berusaha dan terus mencoba, karena memupuk keahlian dalam seni menyablon kaos memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, dan memerlukan latihan demi latihan untuk menajamkan kemampuan Anda. Namun niscaya, Anda akan menjadi semakin ahli dalam mendesain dan memproduksi sablon kaos.