Maaf, browser anda tidak support javascript

Memanfaatkan Printer Untuk Membuat Kaos Sablon

posted by Custom on November 6, 2013

Banyak cara menerjemahkan kreativitas desain 2D dalam sebuah desain kaos sablon. Salah satunya dengan menggunakan tinta printer. Tak semudah memprint kertas biasa, hal ini biasanya perlu banyak kesiapan, mulai dari bahan, alat dan keterampilan yang mumpuni. Mencari gambar desain yang kita inginkan bukan perkara yang susah, setidaknya dengan resolusi tinggi kita dapat mencari berbagai gambar yang kita inginkan hanya dengan internet. Tapi bagaimana jika hal ini harus direalisasikan ke desain sebuah sablon kaos, bisa jadi printer khusus adalah solusi instan yang relatif mudah untuk dilakukan beberapa orang yang belum memiliki pengalaman dan skill dalam kegiatan sablon kaos.

Untuk dapat memulainya maka yang Anda perlukan adalah beberapa bahan. Seperti Printer Inkjet warna. Beberapa brand printer dikenal lebih baik dalam hal ini. Jika Anda ragu, carilah informasi di internet atau bertanya pada mereka yang ahli dalam bidang ini. Meski menggunakan printer, ingat, untuk kebutuhan kaos polos, bahan tinta yang digunakan jelas berbeda untuk kebutuhan print kertas. Dalam hal ini tinta yang digunakan adalah jenis Sublim. Jenis tinta ini umumnya memiliki karakter warna yang kuat dibanding tinta lainnya, sehingga akan tampak dominan setelah proses penyetrikaan.

Bahan selanjutnya adalah kertas transfer. Bagian ini berfungsi mencetak tinta yang kemudian bisa dituangkan di kaos dengan alat pemanas khusus. Bisa juga menggunakan cara konvensional, seperti menggunakan setrika. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, kita juga memerlukan alas khusus pada saat proses penyetrikaan. Dalam hal ini kita bisa menggunakan bahan kertas khusus yang memiliki sifat tahan panas. Gunakan bahan ini dengan posisi kaos, kertas sablon dan kertas pelindung.

Bahan selanjutnya, tentu saja kaos polos. Dibanding dengan warna lain, atau putih, warna gelap seperti hitam lebih dianjurkan. Hal ini biasanya mengacu pada efektivitas bahan sablon yang merekat kuat, dan efisiensi penggunaan desain warna diatas kaos. Persiapan pertama, siapkan gambar yang diinginkan, lalu print dengan menggunakan kertas transper. Karena akan ditempel, gunakan gambar dengan posisi kanan kiri terbalik, agar saat ditempel dikaos, posisi ini sesuai dengan yang diinginkan.

Setelah di print dan di setting dengan benar, tempel kertas transper ke kaos, lapisi dengan kertas tahan panas dan Anda bisa melakukan proses penyetrikaan. Lakukan hal ini dengan estimasi seluruh bagian telah terpanasi setidaknya 5 menit secara keseluruhan. Dinginkan dan pastikan tidak ada lipatan saat proses ini. Jika semua berjalan lancar, maka Anda telah berhasil membuat satu kaos sablon buatan sendiri. Banyak gambar bisa digunakan, mulai dari karakter animasi, tokoh dunia sampai foto keluarga. Semua bisa menjadi bahan desain print kaos buatan Anda sendiri dengan menggunakan printer dan cara ini.