Maaf, browser anda tidak support javascript

Rahasia Keajaiban di Teknik Kaos Sablon

posted by Custom on November 6, 2013

Selain desain 2D, kaos sablon juga sering tampil unik dengan teknik dan bahan sablon tertentu. Sehingga, tak sekedar efek yang bisa dilihat dengan mata, hal ini sering dapat dirasakan saat kaos disentuh. Efek dari tekstur bahan-bahan sablon itu juga jadi ‘hiburan’ tersendiri bagi setiap mata yang melihatnya. Selain itu, pesan yang unik pun dapat diterjemahkan melalui tekstur-tekstur bahan sablon yang beragam ini, sehingga cepat ditangkap oleh ‘target audience’ dari kaos sablon tersebut. Berikut teknik dan bahan tinta diantaranya.

Dalam teknik sablon, orang biasanya menggunakan bahan bernama Yellow Sparkle. Bukan tinta, bahan ini berupa kelip-kelip yang memberi efek warna glossy. Umumnya bahan ini ditambahkan bersamaan dengan proses perekatan tinta platisol ke kaos. Efek warna glossy dan kelap kelip bisa berarti banyak. Salah satunya adalah kesan mewah atau glamor yang biasanya disukai oleh kaum wanita. Selain serbuk khusus, aluminium foil juga sering digunakan sebagai salah satu bahan sablon kaos, dalam hal ini menggunakan teknik foil transfer. Dalam teknik ini, aluminium foil berwarna emas atau perak digunakan seperti kertas yang dikombinasi dengan warna dan motif. Teknik ini biasanya dilakukan menggunakan lem khusus dan membuat efek metal pada kaos.

Tak cuman terlihat, teknik print kaos juga dapat dikombinasi sehingga menciptakan cetakan bludru. Teknik ini biasanya disebut flock yang menggunakan bahan bubuk atau lembaran. Dengan lem khusus, bahan ini biasanya digunakan sebagai salah satu elemen teknik kaos sablon. Teknik serbuk lain biasa disebut Sugar Printing. Teknik ini umumnya memberi efek kristal unik, seperti struktur kristal pada gula pasir. Ingin tampil beda di tempat kurang terang, teknik glow in the dark bisa jadi pilihan bagi kaos polos Anda. Teknik ini biasanya digunakan menggunakan serbuk khusus yang memiliki sifat istimewa menyerap sinar. Saat berada di tempat gelap, bagian ini bisa menyala.

Masih menggunakan serbuk, teknik lain yang bisa digunakan adalah Reflective Powder. Bahan khusus digunakan dalam hal ini, sehingga menimbulkan efek refleksi yang dapat memantulkan cahaya lampu dan sinar matahari, seperti cermin. Ingin tampil beda dengan tema baju lama, Anda bisa menggunakan teknik Vintage. Cara ini biasanya menggunakan inovasi grafik yang membuat tekstur di gambar kaos polos terlihat pecah-pecah. Sehingga tampak seperti kaos lama, meski baru dibuat.