Maaf, browser anda tidak support javascript

Uniknya Kaos Sablon berbahan Dasar Cat Plastisol

posted by Custom on November 6, 2013

Cat atau tinta sering menjadi faktor penentu keunikan desain kaos sablon, terutama jika ingin menghasilkan efek tertentu dengan bahan ini. Salah satu jenis bahan tersebut adalah Plastisol, cat jenis ini umumnya sering digunakan dalam teknik sablon. Beragam jenis cat ini, membuat banyak efek bisa didapat. Berikut diantaranya. Tinta ini memiliki elastisitas yang tinggi, sehingga fungsinya seperti rubber dalam waterbase. Meski demikian, sifatnya yang menutup pori-pori pakaian dengan baik, membuat bahan ini lebih baik dari karet (rubber). Untuk keperluan kaos polos, bahan ini biasanya dikombinasi dengan teknik high density.

Ingin tampilkan efek busa atau gabus, gunakan Cork Base. Cat plastisol ini biasanya dilakukan dengan teknik high density. Bahan ini biasanya sangat direkomendasikan karena fleksibilitasnya yang tinggi dan daya rekatnya yang sempurna diatas kaos. Meski demikian dalam mencuci, jenis sablon dengan tinta jenis ini tidak direkomendasikan dibersihkan dengan cara Dry clean, bleach atau disetrika. Lentur dan elastis juga didapat dari jenis tinta plastisol yang lain, yakni Athletic Plastisol. Jenis cat atau tinta ini biasanya sangat direkomendasikan untuk kaos berbahan dasar polymesh atau spandek. Jenis tinta ini sering ditemui dalam beragan jersey dan kaos polos olah raga lainnya.

Cat Plastisol yang satu ini lebih berkarakter metalik, biasa disebut dengan Shimmer gold and Base. Cat ini biasanya digunakan dengan menggunakan teknik cold peel dan hot peel. Dan penggunaannya biasanya cocok untuk semua jenis bahan dasar kaos. Jika ingin terlihat desain lebih segar, car High Density Clear mungkin solusi yang tepat. Dimana car ini membuat desain sablon kaos terlihat mengkilap dan basah. Efeknya akan menipu mata, karena jika tersentuh, bagian ini bisa jadi sangat kering, berbada jauh dengan kelihatannya.

Teknik yang berikut bernama Wilflex Luna Clear. Cat ini memiliki sifat istimewa, yang jika digambarkan hampir sama sifatnya serperti Glow in the Dark. Dimana cat tak akan terlihat disinar biasa, tapi akan muncul saat terpapar sinar ultra violet. Jenis cat terakhir adalah Natural Suade. Jenis cat plastisol ini biasanya memiliki karakter lembut. Penggunaannya akan memberi efek khusus yang strukturnya hampir sama seperti kulit. Sehingga tak hanya enak dilihat, saat disentuh bahannya sangat familiar.

Nah dengan mengetahui banyak macam cat plastisol yang dapat Anda gunakan dalam proses penyablonan, niscaya print kaos yang Anda hasilkan pun semakin menarik dan punya daya jual tinggi.