Maaf, browser anda tidak support javascript

Peran Sablon Kaos Tak Sekedar Penampilan

posted by Custom on January 24, 2014

Perkembangan teknologi merubah hampir semua life style kita. Diantaranya merubah peran sablon kaos sederhana dengan peran yang dapat berintegrasi dengan peralatan gadget dan teknologi yang familiar ada di sekeliling kita. Temuan ini tentunya menjadi sebuah titik tolak baru dalam perkembangan life style masyarakat dunia dalam mengenakan kaos sablon. Kini, kaos sablon bukan hanya sandang bagi manusia, tapi juga prasarana yang bermanfaat untuk mendukung aktivitas setiap hari.

Sebuah terobosan, baru-baru ini diperkenalkan oleh para ilmuwan di Amerika. Sebuah kaosyang biasa kita pakai untuk menunjang penampilan, juga bisa memberi peran lain dalam hal teknologi. Dalam hal ini mengisi tenaga gadget, seperti ponsel, game dan peralatan elektronik sederhana yang lain. Temuan ini sendiri diketemukan oleh para pakar dari University of South Carolina. Dua profesor universitas tersebut, Profesor Xiaodong Li dan Lihong Bao mengembangkan sebuah kaos yang dapat menyimpan energy listrik. Hal ini kemudian dapat dimanfaatkan untuk menolong gadget di sekitar yang sedang kehabisan daya.

Dalam penelitiannya, kedua profesor tersebut sengaja menyiapkan sablon kaos simpel berharga ekonomis yang dibeli dalam sebuah toko grosir. Mereka kemudian memulai percobaan dengan merendam kaos kedalam cairan flouride, yang kemudian mengeringkan kaos di dalam ruangan khusus bebas oksigen dengan suhu tinggi. Cara Kerja ini kemudian merubah serat kain selulosa yang diubah jadi karbon aktif. Uniknya cara kerja berkelanjutan ini tidak merusak fleksibilitas meterial seperti sebagaimana material kain pada kaos pada biasanya.

Hasilnya, selain aman dimanfaatkan, kaos ini memiliki tenaga tak ubahnya sebuah baterai. Berfungsi sebagai kapasitor yang menyimpan muatan listrik, benda ini kemudian bisa dimanfaatkan sebagai sumber energy untuk mengisi tenaga gadget yang ada di sekitar. Meski menjadi konsep yang revolusioner, penemuan ini menurut Xiaodong masih memerlukan pengembangan lebih jauh. Terlebih bahan yang sederhana dari kaos ini memungkinkan pengguna berisiko tersengat aliran listrik didalamnya saat kaos dalam kondisi basah.

Saat kering, print kaos ini berhasil dirancang sesuai keinginan. Sayang kelenjar keringat yang wajar keluar dari tubuh manusia memungkinkan kaos dalam kondisi basah. Menurut Xiaodong, sedikit modifikasi, pemakaian material dan desain yang ramah terhadap tubuh manusia akan membuat jenis sablon kaos ini tak mustahil akan jadi benda yang umum ada di masa depan.