Maaf, browser anda tidak support javascript

Mengenal Jenis-jenis Cetak Sablon Kaos

posted by Custom on January 24, 2014

Mencetak sablon kaos adalah hal yang sangat menyenangkan, terutama untuk Anda para penggelut dunia kreatif dan desain yang suka menelurkan karya-karya desain dan menampilkannya lewat kaos atau media cetak. Nah, tahukah Anda bahwa ternyata ada begitu banyak macam sablon kaos? Mengetahui macam-macam sablon kaos dapat membebaskan kreatifitas Anda, dan membuat Anda semakin dapat bereksplorasi dengan kaos Anda.

  1. Rubber Ini adalah tipe sablon kaos yang paling sering digunakan. Sablon ini dapat diterapkan pada kaos berwarna gelap atau berwarna terang karena sifatnya yang menumpang dan menutupi rajutan kain. Untuk sablon diatas dasar kain yg melar dibutuhkan cat rubber dengan ramuan khusus agar cat dapat mengikuti kelenturan kain dan berdaya tahan lama.
  2. Pigmen Model sablon ini biasa dipakai untuk sablon kaos berwarna terang karena sifat catnya yg menyerap kedalam kain.
  3. Plastisol Model sablon ini menggunakan sat berbahan dasar minyak, dengan kemampuan istimewa untuk mencetak dot/raster super kecil dengan hasil prima. Tanpa limbah dan sangat irit. Sayangnya butuh investasi yg cukup banyak bila menggunakan cat ini karena untuk mengeringkannya dibutuhkan sinar infra merah.
  4. Glow in the dark Sablon ini menggunakan cat yg menyala saat kaos berada di tempat gelap. Model sablon dapat berupa rubber, pigmen, maupun plastisol.
  5. Reflektif Sablon yang menggunakan cat yang akan menyala jika sablon kaos disinari oleh sebuah sumber cahaya.
  6. Discharge Cat dengan kemampuan menipiskan/menghilangkan warna dasar kaos kemudian diisi dengan warna baru sesuai dengan kebutuhan.
  7. Flocking Sablon ini memakai cat dengan bentuk jadi seperti beludru. Hasilnya cukup unik dan menarik, cocok untuk beberapa desain kreatif tertentu.
  8. Foam atau cat timbul Di dunia garment international biasa disebut dengan puff print. Dapat berupa model rubber, atau plastisol, tapi bentuk timbul keduanya akan berbeda.