Menentukan Barang Ori dan BM dari Stiker Handphone

Menentukan Barang Ori dan BM dari Stiker Handphone

posted by Custom on March 13, 2014

Beragam bentuk sticker gadget, sering kita jumpai di toko dengan beragam motif dan konsep. Semua produk ini biasanya digunakan untuk mempercantik ponsel agar terlihat eye cathcing. Tapi disadari atau tidak, keberadaan aksesoris ini sering lebih dari sekedar hiasan, tapi juga identitas si pemilik dan produk ponsel itu sendiri. Produk sticker gadget untuk ponsel sering kita jumpai dijual dengan beragam motif dan kebutuhan. Bahkan yang bening dan tak bermotif, biasanya juga sangat berguna dalam melindungi layar ponsel. Ornamen ini biasanya kita kenal dengan istilah screen protector atau guard.  Selain fungsi melindungi, keberadaan stiker juga sering digunakan untuk keperluan mempercantik tampilan ponsel.

Beberapa orang sering memaksimal ornamen ini dengan memilih karakter yang merepresentasikan diri mereka. Seperti jika Anda wanita, motif feminim seperti karakter Hello Kitty dan sebagainya mungkin pilihan yang tepat. Tapi jika Anda lelaki, motif macho, seperti lambang Metallica dan sebagainya adalah pilihan yang tepat. Meski awalnya digunakan sebagai hiasan, keberadaan sticker gadget untuk ponsel kemudian beralih fungsi menjadi ornamen identitas si pemilik ponsel. Sehingga tak hanya sedap dipandang, bagian ini sering membuat kita mudah menebak pemilik handphone tersebut cowok atau cewek.

 Tak hanya di bagian yang mudah terlihat, ornamen stiker di ponsel juga terdapat di bagian yang tak terlihat. Dan seperti stiker di bagian luar, bagian ini juga memegang peranan penting dalam industri produk telekomunikasi, dalam hal ini handphone. Seperti produk elektronik lain, handphone juga memiliki identitas yang tertera dalam sebuah stiker. Dalam hal ini biasa kita kenal dengan istilah stiker postel. Stiker ini biasanya memuat beberapa informasi penting tentang produk ponsel. Dan letaknya, biasanya berada di belakang bagian batertai (Akan terlihat saat baterai dicabut).

Seperti stiker di bagian luar, jika bagian ini terlihat rusak atau tercabut, biasanya orang akan merasa enggan membeli ponsel tersebut. Karena kepercayaan bahwa stiker tersebut tidak original, yang menandakan ponsel pernah rusak parah, sehingga perangkat sering dibongkar. Atau mungkin justru keberadaan stiker tersebut palsu adanya (Bukan dari pabrik).

 

Lalu bagaimana dan apa saja sih yang biasa ada di bagian stiker postel ini?

Seperti halnya KTP, stiker ini biasanya akan diberi setelah produk elektronik telah melalui proses uji coba. Yang artinya, dalam tahap awal pengetesan, produk di ketahui tidak memiliki kekurangan atau kerusakan. Dan di Industri elektronika internasional, juga berlaku di Indonesia, hal ini berarti barang sudah layak dijual atau dipasarkan.

Bagian ini juga sering digunakan sebagai identitas apakah produk yang kita gunakan diproduksi original untuk regional negara kita atau barang black market dari regional yang lain. Stiker ponsel juga kadang berisi nomor imei. Nomor ini sangat penting dalam mendeteksi produk sesuai dengan ketentuan produksi vendor.

Sederhana tapi hal ini sering menimbulkan permasalahan tersendiri jika disepelehkan. Karena jika nomor tidak sesuai dengan ketentuan produk, saat rusak, proses garansi dan sebagainya akan berjalan tidak sesuai dengan keinginan.