Bagaimana Merancang Cutting Sticker Yang Menarik

Bagaimana Merancang Cutting Sticker Yang Menarik

posted by Custom on March 21, 2013

Di custom.co.id, Anda dapat merancang cutting sticker Anda sendiri. Sehingga Anda memiliki kebebasan untuk membuat stiker apapun yang Anda inginkan. Namun seperti kegiatan mendesain lainnya, merancang cutting sticker juga harus dilakukan dengan tahapan desain yang terarah, demi menghasilkan rancangan cutting stiker yang benar-benar menarik dan enak dilihat. Karena bagaimanapun juga, stiker adalah dekorasi yang menghias benda-benda favorit kita, sehingga haruslah tampil menarik dan menyenangkan. Nah tahap-tahap merancang cutting sticker antara lain:

  • Mencari Ide/ Konsep Tentu saja, harus ada ide atau konsep yang melatarbelakangi pembuatan cutting sticker Anda. Ide atau pesan apa yang ingin Anda ‘teriakkan’ melalui stiker ini? Apa yang ingin Anda katakan melalui stiker ini kepada orang-orang yang melihatnya? Kesan apa yang ingin Anda timbulkan melalui stiker ini? Dengan ide atau konsep yang kuat barulah Anda akan dapat menghasilkan sebuah stiker yang menarik.
  • Menggambar sketsa Dalam kegiatan perancangan apapun, Anda harus menggambar sketsa desain di kertas sebelum memindahkannya ke komputer. Sketsa mampu memberikan gambaran mengenai cutting sticker Anda, dan juga menuntun Anda pada desain yang tepat bagi konsep Anda. Dengan melakukan sketsa, apa yang awalnya tak terpikirkan sebelumnya, dapat keluar di atas kertas dan membuat desain Anda semakin solid.
  • Mencari referensi Mencari referensi di internet atau buku-buku akan sangat berguna untuk memperkaya ide desain atau konsep Anda. Dengan mencari referensi dari berbagai sumber, Anda akan menemukan elemen-elemen yang tepat untuk desain Anda.
  • Memindahkan sketsa ke Komputer Setelah membuat sketsa, pastikan sketsa tersebut cukup jelas untuk dipindai dan dipindahkan ke computer. Olah sketsa Anda dengan program-program desain seperti Adobe Photoshop atau Illustrator. Pakailah warna-warna yang senada dengan desain Anda. Serta pastikan Anda menggunakan mode warna CMYK pada program-program tersebut, sehingga warna cetakan stiker akan sesuai dengan warna pada layar monitor.
  • Berikan panduan die-cut line pada desain. Setelah desain selesai dibuat, pekerjaan terakhir adalah membuat garis cutting sticker (die cut line) di sekeliling desain Anda. Garis ini adalah sebuah garis tipis dengan satu warna yang mengelilingi desain Anda dan memberitahu petugas di percetakan batas atau area mana yang harus dipotong. Perlu diketahui bahwa Anda perlu memberi jarak paling tidak 0,3 centimeter antara garis die cut dengan desain, sehingga proses die cutting tidak memotong desain.
  • Kirimkan ke custom.co.id