Sejarah Proses Die Cutting untuk Cutting Sticker

Sejarah Proses Die Cutting untuk Cutting Sticker

posted by Custom on March 21, 2013

Sebelum menjadi cutting sticker yang sering kita jumpai saat ini, sebuah cutting stiker harus melalui proses yang disebut die cutting, proses yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan telah diterapkan pada berbagai material, seperti karet, fiber, foil, kertas, fiberboard, paperboard, plastik, pita perekat, stereofoam, dan lembaran-lembaran metal. Dalam industri metal dan kulit, proses die cutting disebut ‘clicking’ dan mesinnya disebut ‘clicking machine’. Jika bahannya kertas, proses ini disebut dinking, dengan produk yang dihasilkan antara lain label, amplop, dan kerdus.

Bikin sticker murah

Die cutting mulanya adalah sebuah proses memotong kulit untuk industri sepatu pada abad ke-19. Tetapi dengan semakin canggihnya teknologi mesin die cutting, sehingga akhirnya proses die cutting diterapkan pula pada perangko, label, dan cutting stiker.

Proses die cutting terdiri dari dua macam, yaitu rotary presses dan flatbed. Rotary die cutting umumnya dilakukan sejalan dengan proses cetak. Perbedaan utama antara rotary die cutting dengan flatbed die cutting adalah besarnya biaya produksi. Flatbed tidak bekerja secepat rotary die cutting tetapi alat-alatnya lebih murah. Flatbed die cutting biasanya digunakan pada usaha atau produksi yang lebih kecil.

Rotary die cutting adalah proses pemotongan material menggunakan cetakan silinder pada mesin press yang berputar (rotary). Proses dilakukan dengan memasukkan lembaran material ke dalam area yang disebut ‘station’, di mana pada station terdapat sebuah alat berputar yang dapat memotong lembaran, membuat porforasi atau lipatan, atau bahkan memotong lembaran menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Proses ini biasanya terkoneksi dengan proses cetak, sehingga bergerak dengan kecepatan yang sama dengan mesin cetak yang terintegrasi. Mesin ini dapat menggabungkan beberapa ‘station’ yang memotong suatu bentuk tertentu dari material tersebut.

Cetakan yang digunakan pada rotary die cutting dapat berupa cetakan ukiran (engraved dies), cetakan yang dapat disesuaikan (adjustable dies), atau peralatan plat magnetik (Magnetic plate tooling). Cetakan ukiran memiliki toleransi yang lebih tinggi dan dibuat oleh mesin dari baja batangan. Cetakan yang dapat disesuaikan memiliki pisau yang dapat dilepas dan diganti dengan pisau lainnya, tergantung dari bahan dan tujuan pemotongan. Plat magnetic memiliki silinder dengan magnet di dalamnya.  

Dengan memahami beberapa proses die cutting, kita semakin mengerti bagaimana cutting sticker dihasilkan, sehingga semakin memperkaya pengetahuan kita yang bergerak di industri cutting sticker ini.