Bagaimana Cara Melepaskan Stiker yang Benar?

Bagaimana Cara Melepaskan Stiker yang Benar?

posted by Custom on October 16, 2015

Stiker dengan sticker printing bagus dapat berguna untuk memperindah tampilan suatu barang, misalnya motor. Cutting sticker sangat sering digunakan di badan motor maupun di helm maupun cetak stiker dinding yang digunakan untuk memperindah dinding rumah. Akan menjadi masalah saat kita merasa bosan dengan sticker tersebut. Kita ingin menggantinya dengan cetak stiker yang baru, maka secara otomatis kita harus melepas cetak stiker lama. Setiap cutting sticker memiliki tingkat kerekatannya masing-masing sesuai dengan sticker printing sehingga perlu cara yang tepat untuk melepaskan sticker tersebut.

3 Cara untuk Melepaskan Cutting Sticker

  1. Hair dyer

Sebagian besar cetak stiker vinyl menggunakan lem jenis akrilik. Cetak stiker dengan lem ini memiliki tingkat perekat yang bermacam-macam. Stickers dengan lem yang permanen biasanya tidak sesungguhnya permanen. Tapi memanglah sticker dengan lem ini memiliki kesulitan tersendiri saat akan dilepas, contohnya adalah cetak stiker dinding dan stiker nama. Apabila tidak dengan hati-hati maka akan meninggalkan bekas yang membuat kesan kotor pada benda yang ditempeli.

Salah satu cara yang digunakan untuk melepaskan stickers adalah dengan menggunakan hair dyer. Hair dyer merupakan alat untuk mengeringkan rambut. Alat ini mengeluarkan uap panas yang dapat membuat lem pada sticker panas dan menjadikannya tidak rekat lagi sehingga mudah untuk dilepaskan cetak stiker. Cara ini sangat cocok bila digunakan untuk stiker nama.

  1. Panas air mendidih

Sticker printing ternyata menentukan mudah tidaknya untuk dilepas. Banyak cara yang dapat digunakan untuk melepaskan cutting sticker tanpa harus meninggalkan bekas bahkan merusak cat kendaraan. Selain itu, bisa digunakan untuk stiker dinding maupun stiker nama. Berikut adalah caranya:

  1. Panaskan air hingga mendidih.
  2. Siapkan plastik yang sedikit tebal, seperti plastik gula.
  3. Setelah mendidih, masukkan air ke dalam plastik yang telah disediakan.
  4. Ikatlah plastik tersebut menggunakan karet plastik dengan ikatan yang kuat.
  5. Kemudian tempelkan plastik yang berisi air mendidih ke cutting sticker yang akan dilepas.
  6. Tak berapa lama, stiker akan melengkung karena lemnya sudah tidak rekat lagi sehingga mudah untuk dilepas.
  7. Minyak kayu putih

Semakin lama cutting sticker menempel maka semakin susah pula untuk melepaskannya. Terutama bagi sticker printing yang memang dibuat khusus untuk daya rekat tinggi. Biasanya untuk memudahkan pelepasan stiker, beberapa orang menggunakan bensin. Meskipun dengan bensin dapat terlepas, tapi cara ini tidak aman untuk cat kendaraan ataupun dinding yang ditempeli stiker dinding. Cat akan memudar sejalan dengan terlepasnya stickers. Maka dari itu, penggunaan minyak kayu putih akan lebih aman. Cara ini juga bisa digunakan untuk jenis stiker nama, kualitas cetak stiker yang rendah juga dapat mempermudah pelepasannya:

  1. Siapkan minyak kayu putih.
  2. Tuangkan minyak kayu putih secukupnya di tangan.
  3. Kemudian oleskan minyak tersebut ke cutting sticker yang akan dilepaskan.
  4. Tunggu sebentar sembari terus mengoleskan minyak kayu putih hingga daya rekatnya semakin berkurang.
  5. Kemudian lepaslah sticker dengan berhati-hati.

Demikianlah cara yang dapat digunakan untuk melepaskan stickers agar tidak meninggalkan bekas maupun merusak cat. Pemilihan cetak stiker saat membeli juga diperlu diperhatikan agar mudah saat melepasnya.