Bagaimana Cara Pembuatan Stiker yang Tepat?

Bagaimana Cara Pembuatan Stiker yang Tepat?

posted by Custom on October 22, 2015

Bisnis cutting sticker merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan karena sekarang ini penggunaan sticker bukan hanya sebagai penghias barang namun juga digunakan sebagai media promosi atau iklan, bahkan sekarang ini telah menjamur banyak iklan berjalan dari cutting sticker yang ditempel di mobil-mobil.


Cara Pembuatan Cutting Sticker, Stiker Offset, Stiker Sablon, dan Stiker Digital Printing

Ada beberapa jenis sticker yang beredar di pasaran dan masing-masing semuanya memiliki pasar konsumen sendiri. Jika anda ingin memulai bisnis ini, terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana cara membuat stickers yang bagus dan menarik banyak konsumen. Berikut adalah beberapa cara membuat jenis-jenis stickers:

1. Cutting sticker

Cara pembuatan dan informasi seputar cutting sticker yang biasanya lebih banyak digunakan sebagai iklan berjalan yang menempel di mobil yaitu:

  • Mesin yang digunakan dalam pembuatan sticker ini adalah mesin buatan Jepang karena memiliki kualitas yang lebih bagus dalam pembuatan detail stickers.
  • Pembuatan desain stiker dinding dan stiker nama yaitu langsung pada komputer sehingga lebih praktis dan mudah.
  • Biasanya menggunakan bahan yang transparan yang bertujuan agar tidak menutupi seluruh bagian yang ditempeli sticker printing.
  • Cetak stiker biasanya digunakan untuk menghias benda-benda kesayangan seperti mobil dan juga dapat digunakan sebagai media iklan berjalan yang ditempel dimobil.

2. Stiker offset

Cara pembuatan dan informasi seputar stiker offset yaitu:

  • Pembuatannya menggunakan tekhnik cetak offset yaitu terlebih dahulu membuat film afdruk dari desain yang telah dirancang setelah itu membuat plat untuk mencetak desain stiker dinding dan stiker nama itu.
  • Proses pengerjannya menggunakan mesin cetak stiker offset khusus.
  • Bahan yang digunakan pada pembuatannya adalah bahan stiker dinding dan stiker nama kertas dan vinyl.
  • Tekhnik pembuatan cetak stiker ini biasanya digunakan untuk stickers promosi dalam jumlah yang besar seperti untuk kampanye.

3. Stiker sablon 

Cara pembuatan dan informasi seputar stiker sablon yaitu:

  • Pembuatannya menggunakan tekhnik sablon.
  • Desain warna yang digunakan pada tekhnik sticker sablon adalah warna solid dan tidak tercampur serta jumlahnya tidak banyak.
  • Tinta yang digunakan pada cetak stiker sablon ini adalah tinta oil base bukan air sehingga dapat digunakan pada semua jenis bahan stiker dinding dan stiker nama.

4. Stiker digital printing

Cara pembuatan dan informasi seputar stiker digital printing yaitu:

  • Proses pembuatan jenis sticker ini yaitu cukup dengan mendesain gambar sticker printing yang diinginkan di corel draw pada komputer kemudian tinggal mencetaknya menggunakan printing, sehingga tekhnik ini merupakan tekhnik yang paling mudah jika dibandingkan dengan tekhnik sablon dan offset.
  • Tehnik digital printing tidak dapat digunakan untuk membuat sticker printing hologram atau sticker printing yang menggunakan tinta glitter yang dapat menyala dalam gelap.

Itulah beberapa cara pembuatan dan informasi seputar jenis-jenis sticker yang banyak digunakan oleh masyarakat salah satunya adalah cutting sticker.