Maaf, browser anda tidak support javascript

Panduan Membuat File Vektor Sticker Untuk Cetak Stiker

posted by Custom on June 27, 2016

Saat ini cutting sticker sangat populer dikalangan masyarakat sehingga apa salahnya jika kita belajar untuk membuat file vector stiker dengan menggunakan corel draw. File vector sticker printing ini banyak digunakan untuk produk advertising yang saat ini banyak menggunakan sticker. Bagaimana cara membuat file vector untuk kisscut sticker?


Inilah Langkah-Langkah Membuat File Vector Stiker

Berikut adalah langkah-langkah membuat file vector stiker dengan menggunakan program corel draw:

  1. Langkah 1. Langkah awal untuk membuat file vector cutting sticker adalah menyiapkan file gambar dalam bentuk jpg kemudian pindahkan ke program corel draw dan import gambar sticker printing dengan cara klik file lalu klik import atau dapat menekan CTRL+I.
  2. Langkah 2. Klik tanda segitiga dalam ikon pensil lalu pilih pen tool yang berfungsi untuk membuat bentuk diecut sticker. Langkah selanjutnya adalah membuat bentuk stiker dengan mengklik kiri semua sudut sticker printing dan abaikan bagian yang melengkung.
  3. Langkah 3. Klik bentuk stiker nama yang telah jadi kemudian pilih menu shape tool yang berfungsi untuk membuat garis dan lekukan sticker lebih presisi. Langkah selanjutnya klik kanan pada bagian antara titik bentuk dan garis stiker kemudian pilih curve. Buatlah garis sesuai dengan keinginan dengan menarik tanda panah.
  4. Langkah 4. Buatlah bentuk-bentuk diecut sticker lainnya dengan mengulang kembali langkah 2 dan 3.
  5. Langkah 5. Setelah bentuk-bentuk cutting sticker telah selesai maka langkah selanjutnya adalah tinggal memberikan warna sticker. Sebelum mewarnai sticker printing terlebih dahulu pastikan bahwa bagian antara garis cetak stiker harus berlubang caranya yaitu dengan menekan tombol shift + klik bentuk yang rencanya akan dilubangi, kemudian pilih trim untuk melubangi cetak stiker.
  6. Langkah 6. Pilih menu View lalu simple wireframe untuk mengembalikan lembar kerja cetak stiker seperti sebelumnya
  7. Langkah 7. Mengatur ukuran gambar kisscut sticker sesuai dengan keinginan kemudian lihat icon lock dan pastikan telah terkunci agar ukuran gambar stiker nama tidak berubah.
  8. Langkah 8. Langkah selanjutnya adalah produksi file vektor stiker nama yang telah siap tetapi pastikan terlebih dahulu bahwa ukuran garis dan bentuk terkecil diecut sticker lainnya lebih dari 1 mm.
  9. Langkah 9. Langkah terakhir yaitu menyimpan hasil kerja kisscut sticker dengan menekan tombol CTRL+S, tetapi sebelumnya periksa terlebih dahulu hasil kerja cutting sticker Anda agar tidak terjadi kesalahan dalam penyimpanan cetak stiker.

Jika Anda menggunakan program corel draw dengan versi terbaru maka sebaiknya gunakan program satu tingkat dibawahnya, hal ini untuk mengantisipasi jika kita ingin membuka file vector diecut sticker di computer lain yang belum dilengkapi dengan program corel draw terbaru. 

Demikian informasi seputar cara membuat file vector untuk kisscut sticker yang berfungsi untuk mempercepat dan mempermudah dalam proses produksi stiker nama sehingga dapat mempercepat pekerjaan. Semoga artikel ini dapat menjadi panduan mudah untuk membuat file vector sticker.