Langkah-Langkah Membuat Stickers Decal yang Benar

Langkah-Langkah Membuat Stickers Decal yang Benar

posted by Custom on July 18, 2016

Siapa bilang membuat stickers decal merupakan hal yang sulit? Meskipun perlu diakui bahwa pembuatannya sedikit lebih rumit dibandingkan jenis sticker lainnya seperti cutting sticker, vinyl sticker, dan die cut sticker, ternyata jika tahu langkah-langkahnya dengan rinci jenis ini bisa dihasilkan dengan mudah. Yuk, mengetahui lebih lanjut langkah-langkahnya secara ringkas melalui uraian di bawah ini.


5 Cara Membuat Stickers Decal yang Berkualitas

  1. Pertama-tama, buatlah desain sticker printing sesuai dengan target dan preferensi terlebih dahulu. Pastikan bahwa desain memang sudah siap untuk disablon menggunakan teknik screen printing, termasuk jika Anda hendak membuat name stickers yang kemudahan dibacanya sangat krusial.
  2. Siapkan alat-alat untuk menyablon gambar, lalu sablon gambar stickers seperti biasa. Lakukan coating pada permukaan yang sudah disablon (bisa menggunakan cat bening) agar tinta tidak luntur saat bahan direndam.
  3. Rendam bahan yang telah dilapisi cat tersebut dalam air selama 10 sampai dengan 15 detik. Perlu diingat bahwa air yang hangat bisa memberikan hasil lebih baik. Bagian ini sangat penting karena merupakan ciri khas sekaligus sticker decal, bahkan beberapa jasa sticker printing Singapore lumayan rumit saat ingin melewati tahap atau proses ini.
  4. Jika waktu yang ditetapkan sudah berlalu, biasanya kertas secara ajaib akan terpisah dari gambar. Apabila kertas dan gambar belum terpisah seluruhnya, bisa digunakan teknik slide. Teknik slide merupakan cara meluncurkan keseluruhan bagian stickers agar dua bagian utama bersangkutan terlepas. Saat gambar sudah terlepas maka gambar dari sticker printing tersebut diambil, lalu ditempel pada produk yang dimaksudkan. Ingatlah bahwa sang pembuat harus sangat berhati-hati menempelkan gambar pada produk tujuan. Hal ini juga dilakukan pada saat gambar sudah kering sehingga tidak robek saat ditempelkan.
  5. Proses finishing merupakan kegiatan meratakan gambar di produk yang diinginkan. Jasa sticker printing Singapore yang baik pasti tidak melewatkan hal ini untuk memastikan bahwa seluruh bagian sticker menempel di tempat yang seharusnya. Semprotkan kembali cat bening untuk memberikan hasil mengkilap sehingga stickers akan terlihat jauh lebih bagus. Apabila tipe sticker yang digunakan merupakan cutting sticker, pengecekan akan lebih rumit karena seluruh tepi harus dipastikan untuk menempel di tempat seharusnya. Dengan segala rangkaian pembuatan ini, kertas decal akan memiliki sifat tahan air sehingga aman digunakan di barang-barang yang selalu basah layaknya mug atau keramik.

Bagaimana, tidak terlalu sulit kan langkah-langkah pembuatan sticker ini? Pastikan bahwa sebelum membuatnya, Anda sudah memiliki alat-alat yang dibutuhkan dan desain yang menarik. Bisnis desain sticker printing menggunakan bahan decal juga sangat prospektif sekarang ini karena sudah banyak sekali vendor sticker printing Singapore yang menyediakan jasa print decal. Semoga artikel mengenai langkah pembuatan sticker decal ini bisa membantu Anda.