Mengenal Kertas Decal dalam Sticker Printing

Mengenal Kertas Decal dalam Sticker Printing

posted by Custom on July 18, 2016

Kertas decal bisa menjadi salah satu alternatif untuk menambah estetika suatu barang, sebagai contoh kendaraan, pintu rumah, bahkan vas bunga. Pada kesempatan ini diberikan keterangan mengenai kertas decal dan apa yang membedakan bahan ini dari stickers lainnya seperti vinyl sticker, die cut sticker, cutting sticker, dan lain-lain yang banyak beredar.


Inilah Kertas Decal untuk Sticker Printing

Pada dasarnya, sticker decal merupakan bahan media transfer yang memiliki kemampuan sangat tinggi dalam menyerap air. Di permukaannya juga terdapat bahan lem yang sering disebut sebagai acasia glue. Proses pencetakan desain sticker printing akan memberikan kita sebuah lapisan tipis sekaligus padat yang akan terlepas saat direndam di air dalam waktu beberapa saat. Sesungguhnya sudah banyak jasa sticker printing yang menyediakan bahan kertas decal, bahkan banyak juga vendor sticker printing  yang bisa memberikan banyak variasi kertas decal dengan kualitas sangat baik dan harga terjangkau. Sang pembeli hanya perlu memilih yang sesuai dengan harapan, target, dan preferensi.

Berbeda dengan name stickers atau vinyl sticker, decal banyak ditempelkan di bahan keramik untuk benda yang permukaannya berkontur atau tidak rata. Anda bisa menemui bahan decal di barang-barang seperti helm, mug keramik, hiasan kayu, tato temporary, robot kits,  bahkan mobil kits. Decal juga akan menempel dalam waktu sangat lama pada permukaan barang-barang seperti ini. Jadi memang bahan ini bisa dijadikan alternatif untuk menambah hiasan pada barang kesayangan seseorang dibandingkan cat yang proses penggambarannya tergolong sulit.

Jadi, apalagi yang istimewa dari jenis stickers ini? Bahan decal bisa tahan di suhu sangat panas, termasuk suhu 800 sampai 1200 derajat celcius yang merupakan suhu pembakaran keramik. Bahan lain untuk cutting sticker semacam vinyl sticker bisa saja terbakar atau meleleh saat dipanaskan sehingga justru mengurangi nilai suatu barang. Tintanya pun bisa langsung rusak apabila tidak dicampurkan dalam medium khusus yang memang dibuat untuk tinta yang akan dipanaskan. Tak perlu khawatir pula karena pelanggan bisa mengeset variasi sticker decal yang cocok untuk produk yang hendak dibuat kepada jasa sticker printing . Secara sederhana, pembuatan gambar atau desain di atas bahan decal menggunakan teknik sablon atau screen printing. Jika ada yang sudah lebih modern yaitu menggunakan printer pada bahan decal, artinya bahan bersangkutan telah dilapisi oleh suatu lapisan khusus. Lapisan ini sudah cukup mudah didapatkan sekarang, terutama di toko yang menjual barang-barang berkaitan dengan sticker printing.

Kesimpulannya, stickers bahan decal ini bisa menjadi alternatif jika Anda hendak merealisasikan desain sticker printing di atas barang-barang keras seperti keramik dan helm. Tunggu apa lagi? Mulailah mendesain dan kunjungi berbagai jasa sticker printing  yang terpercaya.