Apa Saja Perbedaan Die Cut Sticker dan Kiss Cut Sticker?

Apa Saja Perbedaan Die Cut Sticker dan Kiss Cut Sticker?

posted by Custom on July 25, 2016

Ada dua jenis sticker yang populer dikalangan masyarakat yaitu die cut sticker dan kiss cut sticker. Kedua jenis sticker ini memiliki ciri khas masing-masing sehingga para pengguna cutting sticker mampu membedakannya. Apa saja perbedaan die cut sticker dengan kiss cut sticker?


Inilah Perbedaan Die Cut Sticker dan Kiss Cut Sticker

Saat ini banyak masyarakat yang menggunakan die cutting sebagai media untuk menghias beberapa barang mereka seperti helm, motor, hingga mobil agar tampak lebih keren dan berbeda. Ada beberapa jenis sticker yang beredar di masyarakat yaitu die cut stickers dan kiss cut stickers, kedua sticker ini memiliki banyak perbedaan sehingga para penggunanya dapat memilih jenis sticker sesuai dengan keinginannya. Apa saja perbedaan antara die cut stickers dengan kiss cut stickers?

Die cut sticker merupakan jenis cutting sticker yang dipotong berdasarkan pola desain yang telah digambar dan tembus hingga backing papernya. Contohnya adalah photo yang menggunakan teknik die cut akan tembus semua ketika diangkat dari mesin dan sisanya hanyalah bagian sticker yang terpotong sesuai dengan pola desain yang telah digambar. Die cut stickers terlihat lebih menarik dan memiliki fungsi yang lebih jika dibandingkan dengan sticker printing lainnya. Biasanya die cutting ini digunakan untuk sticker distro, promosi tag, price tag, dan lain sebagainya.

Sedangkan kiss cut sticker merupakan jenis sticker yang hanya terpotong pada bagian atasnya saja atau hanya pada bagian vinylnya saja. Contohnya adalah photo yang menggunakan teknik kiss cut ketika dicabut bagian vinylnya maka kiss cut stickers ini akan terpotong sesuai dengan pola desain yang telah digambar tetapi bagian backing paper die cutting tidak tembus dan masih dalam kondisi utuh.

Jika dilihat dari bahan yang digunakan dalam pembuatan kedua die cut ini bisa sama dan juga bisa saja berbeda, semua itu tergantung dari pelanggan yang ingin memilih bahan yang mana. Yang membedakan kedua jenis sticker printing ini yaitu teknik pemotongan dan alat dalam potongnya pun juga berbeda, tetapi keduanya sama-sama dipotong sesuai dengan pola desainnya.

Kedua jenis cutting sticker ini memiliki proses yang berbeda dalam pembuatannya sehingga hal ini juga mempengaruhi harga dari die cutting. Para pembeli harus jeli dalam melihat perbedaan harga dan sebaiknya pilihlah die cut sesuai dengan fungsi dan budget Anda. Jika kita membutuhkan sticker printing yang hanya digunakan sebagai pemanis saja tanpa berfungsi sebagai alat promosi maka sebaiknya gunakan kiss cut stickers saja karena lebih murah dan tidak perlu khawatir dengan bentuk die cut yang terlihat hanya kotak saja.

Tetapi jika Anda membutuhkan sticker printing yang digunakan sebagai media promosi maka sebaiknya gunakan die cut stickers karena lebih menarik sehingga dapat menjadi daya tarik bagi para konsumen yang melihatnya. Itulah beberapa informasi seputar perbedaan antara die cut sticker dengan kiss cut sticker sehingga Anda dapat memilih jenis cutting sticker mana yang cocok untuk digunakan.