Apa yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Sticker Printing?

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Sticker Printing?

posted by Custom on July 25, 2016

Saat ini sticker printing telah banyak digunakan sebagai penghias benda hingga sebagai media promosi suatu produk. Kita dapat menjumpai berbagai macam cutting sticker diberbagai kemasan barang seperti sabun, detergen, segel barang elektronik, hingga pada kemasan bumbu masak. Penggunaan die cut sticker telah berkembang sangat pesat dengan model dan desain die cut yang bervariasi. Kiss cut sticker juga banyak dijumpai sebagai media kampanye bahkan sebagai juga digunakan dalam undangan sebagai media untuk menuliskan alamat penerima. Sehingga dapat dikatakan bahwa peluang dalam bisnis cutting sticker ini cukup menjanjikan. Jika Anda ingin membuat die cut stickers sebaiknya harus mencari informasi seputar hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membuat die/ kiss cut sticker. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan sticker printing?


Inilah Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatan Sticker Printing

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan sticker printing:

  1. Tujuan pembuatan cutting sticker. Hal utama yang harus diperhatikan adalah tujuan pembuatan die cut sticker, sehingga kita dapat menentukan desain gambar, ukuran, bahan dan cara mencetak die/ kiss cut sticker ini. Contohnya apakah die cut stickers ini akan ditempel di kaca, tembok, plastik atau pada benda logam, serta apakah nantinya kiss cut stickers ini akan ditempel di dalam ruangan atau diluar ruangan sehingga membutuhkan bahan dan jenis tinta yang tahan terhadap sinar matahari dan juga tahan terhadap air hujan.
  2. Menentukan desain gambar. Setelah mengetahui tujuan pembuatan die cut sticker, langkah selanjutnya adalah menentukan desain die cutting mulai dari tulisan hingga gambar. Anda dapat melihat berbagai contoh desain die cut yang banyak digunakan di masyarakat sebagai bahan referensi desain cutting sticker Anda. Pembuatan desain die cutting ini dapat menggunakan computer, yaitu menggunakan aplikasi desain grafis seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, dll.
  3. Pemilihan bahan sticker. Ada berbagai macam bahan die cut sticker yang dapat dipilih yaitu kertas HVS yang dilengkapi dengan lapisan lem, bahan kromo yaitu kertas licin dan mengkilap yang dilengkapi dengan lem perekat. Kedua bahan die cut stickers ini tidak tahan terhadap air sehingga mudah rusak dan pudar saat terkena air, maka kedua bahan ini tidak cocok digunakan untuk pembuatan kiss cut sticker outdoor.
  4. Cara mencetak. Ada beberapa cara mencetak kiss cut stickers yaitu dengan print, sablon, print digital, dan cetak offset, bahkan die cut dapat menggunakan cara manual dengan lukisan tangan.
  5. Finishing. Setelah proses percetakan die cut stickers selesai maka langkah selanjutnya adalah proses finishing. Proses ini yaitu merapikan hasil die cutting yang telah dicetak dan ada beberapa jenis die cut yang membutuhkan penangan khusus seperti tambahan laminasi glossy atau doff. Selain itu Anda dapat merapikan hasil pemotongan kiss cut stickers sehingga sesuai dengan bentuk pola desain die cutting yang diinginkan.

Itulah beberapa informasi seputar hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan sticker printing agar diperoleh kiss cut stickers berkualitas tinggi.